Strategi Usaha Warteg yang Bisa datangkan Untung Besar

 

Ilustrasi warteg pinggir jalan yang bisa dijadikan potensi bisnis
Usaha warteg pinggir jalan cukup potensial dalam hasilkan keuntungan


CariUang - Warteg merupakan salah satu tempat makan yang menyediakan berbagai pilihan menu merakyat. Terdapat sejumlah strategi yang bisa Kamu terapkan untuk meningkatkan usaha warteg sehingga mendatangkan keuntungan berlipat ganda.

Bagaimana Cara agar Usaha Warteg Mendatangkan Untung Besar?

Sejumlah pelaku usaha yang pernah mendirikan bisnis warteg telah menerapkan sejumlah strategi untuk mendatangkan keuntungan besar. Menurutku startegi ini perlu dilakukan sehingga tidak kalah saing. Berikut cara kembangkan usaha di bidang warteg:

1. Buat Lokasi Strategis

Rata-rata pemilik warteg melakukan survey lokasi terlebih dahulu untuk menjalankan strategi yang tepat. Lokasi yang strategis memudahkan orang lain atau calon pembeli untuk menjangkau layanan tersedia. Riset lokasi menjadi indikator penentu keberhasilan.

Lokasi strategis yang potensial dikunjungi banyak orang meliputi pinggir jalan, dekat pusat layanan umum, tidak jauh dari lokasi wisata dan masih banyak lagi. Namun, sebelum itu Kamu harus punya izin resmi mendirikan warteg terlebih dahulu.

2. Mengurus Perizinan

Jika lahan atau lokasi yang akan digunakan untuk mendirikan warteg milik pribadi maka tidak perlu izin dari instansi terkait. Namun, jika lokasi tersebut milik negara maka Kamu wajib mengurus perizinan terlebih dahulu. 

Pengurusan perizinan ini bertujuan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Jika lokasi tersebut milik orang lain, maka Kamu harus mengurus perizinan dengan pihak terkait. Hal ini bertujuan untuk saling menghargai dan hasilkan sejumlah untung. 

3. Sediakan Beraneka Menu

Agar bisnis warteg berjalan lancar dan mendatangkan untung besar biasanya sejumlah pelaku UMKM menyediakan berbagai macam menu. Menu yang ditawarkan di warteg tentu harus dibanderol dengan harga terjangkau agar bisa dirasakan semua kalangan. 

Beberapa menu di warteg biasanya meliputi nasi uduk, nasi campur, nasi pecel, dan lain-lain. Dalam mengupayakan hal ini Kamu harus memiliki keahlian dalam memasak atau tata boga. Semakin bagus keahlian memasak maka besar potensi usaha warteg sukses.

4. Utamakan Kualitas Makanan dan Kebersihan

Menurut pengakuan sejumlah pembeli, rata-rata mereka akan datang kembali pada warteg yang punya menu berkualitas. Untuk mengupayakan kualitas pada makanan Kamu bisa mencoba atau mencicipinya sebelum dihidangkan. 

Kamu juga harus punya sikap terbuka terhadap kritik sehingga bisa dijadikan evaluasi. Tidak hanya itu saja, Kamu juga wajib menjunjung tinggi kebersihan dalam memberikan layanan kepada pembeli. Hal ini bisa diupayakan dengan menyediakan bak sampah. 

5. Usahakan Cepat dan Ramah

Bagi Kamu yang sering beli makanan di warteg pasti ingin pelayanan ramah dan cepat. Hal ini bisa menjadi poin evaluasi bagi Kamu pelaku usaha yang sedang mengelola warteg. Meningkat kecepatan dalam layanan membuat pembeli tidak mudah bosan.

Menurutku pribadi kecepatan dalam pelayanan akan maksimal jika memakai tenaga kerja tambahan. Tidak hanya kecepatan dalam memberikan layanan, Kamu juga perlu bersikap ramah kepada pembeli sehingga kedepannya tidak segan untuk datang lagi.

6. Rajin Riset Kompetitor

Sejumlah pelaku UMKM kerap melakukan riset pasar dengan tujuan meningkatkan pelayanan dan hasilkan untung besar. Dengan riset pasar Kamu bisa mengetahui trend yang sedang terjadi. Bahkan Kamu bisa dengan mudah mengamati strategi kompetitor.

Trik ini membantu Kamu mendapat keuntungan besar dan laris manis saat berjualan. Salah satu trik yang tidak kalah penting yaitu Kamu harus memiliki keahlian dalam promosi atau startegi marketing. Cara ini bertujuan untuk menarik pelanggan baru. 

Bagaimana tertarik mencoba usaha warteg? Jika Kamu tertarik usaha tersebut sebaiknya langsung mulai belajar dari sejumlah pelaku UMKM sukses. Bagaimana caranya? Salah satu belajar wirausaha dapat dilakukan dengan baca artikel di website ini. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar