Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert, Nomor 1 Wajib Tau

Introvert
Introvert

 CariUang - Sifat Introvert atau penyendiri terkadang menjadi hambatan karir bagi seseorang. Namun hal itu bisa diatasi dengan melamar pekerjaan yang cocok untuk Introvert. Umumnya pekerjaan tersebut membuat Kamu tidak terlalu banyak bertemu dengan orang-orang.

Table of Contents

Deretan Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Sebenarnya sifat introvert di dunia kerja wajib dihilangkan. Pasal ya sifat tersebut membuat Kamu kesulitan adaptasi dengan banyak orang. Namun jika sulit dihilangkan, Kamu bisa mencoba sejumlah pekerjaan yang cocok untuk introvert berikut ini:

1. Content Writer

Sifat introvert di dunia kerja yang susah dihilangkan membuat Kamu bisa mencoba bidang content writer. Umumnya pekerjaan ini bisa diselesaikan dengan cara WFH atau bekerja dari rumah. Apa tugas utama seorang content writer? Tugas utama seorang content writer yaitu menulis. 

Content writer
Content writer 

Kamu harus menguasai sejumlah teknik kepenulisan mulai dari SEO hingga riset keyword. Beberapa content writer juga diwajibkan menguasai sejumlah platform. Platform tersebut mulai dari blog, website, dan masih banyak lagi. 

Kenapa harus menguasai platform? Pasalnya beberapa perusahaan mengharuskan content writer upload hasil tulisan di platform tersebut. Jika Kita telah menguasai platform tersebut tentu proses menulis dan posting jauh lebih mudah dilakukan. 

2. Jualan Online

Usaha yang cocok untuk orang kurang percaya diri dan introvert bisa diupayakan dengan jualan online. Kamu hanya perlu upload produk-produk tertentu di sosial media dan situs marketplace dengan caption atau deskripsi yang menarik. 

Tidak hanya menjadi usaha yang cocok untuk orang kurang percaya diri, pekerjaan ini juga bisa dikerjakan sebagai sampingan. Pasalnya orang yang introvert akan mencari kesibukan lain secara tertutup sehingga penghasilan tetap stabil. 

Untuk menempuh usaha yang cocok untuk orang kurang percaya diri ini, Kamu bisa membuat akun di situs marketplace tertentu. Tidak hanya membuat situs, Kamu juga bisa menempuh tahapan lain berupa usaha dropship produk-produk tertentu. 

3. Desain Grafis

Desain grafis menjadi pekerjaan yang cocok untuk introvert. Pasalnya pekerja ini tidak mengharuskan Kamu untuk keluar rumah sama sekali. Kamu wajib menyiapkan sejumlah peralatan. Apa saja peralatan yang perlu disiapkan seorang desainer grafis?

Peralatan yang perlu dipersiapkan meliputi komputer dan pencahayaan. Kamu juga harus berlangganan dengan akun premium. Untuk apa langganan dengan akun premium? Agar pengerjaan desain lebih leluasa dan elemen menarik bisa diupayakan. 

Desain grafis
Desain grafis 

Untuk membuat desain menarik, Kamu bisa menggunakan sejumlah aplikasi. Aplikasi tersebut meliputi Canva, PicsArt, Photoshop, dan masih banyak lagi. Semakin banyak aplikasi yang dikuasai maka besar potensi pekerjaan ini memberikan penghasilan tinggi. 

4. Programmer

Selain desain grafis, pekerjaan yang cocok untuk introvert juga bisa diupayakan oleh programmer. Kenapa programmer bisa ditempuh oleh orang-orang introvert? Pasalnya pekerjaan bisa diselesaikan dari jarak jauh dengan sistem WFH. 

Programmer menjadi pekerjaan introvert gaji tinggi. Untuk menempuh pekerjaan ini Kamu harus memiliki sejumlah peralatan lengkap dan berasal dari pendidikan teknik informatika. Upayakan agar memahami dasar-dasar coding sehingga pekerjaan mudah diselesaikan. 

Programmer
Programmer

Hampir semua perusahaan ternama pasti membutuhkan keberadaan programer. Jadi tidak ada salahnya jika Kamu yang introvert mencoba pekerjaan ini. Menariknya, Kamu bisa juga melamar pekerjaan sebagai seorang programmer di luar negeri dengan sis jarak jauh. 

5. Fotografer Produk

Pekerjaan introvert gaji tinggi dapat ditempuh juga dengan menyediakan jasa fotografi produk pada perusahaan tertentu. Biasanya Kamu akan terlibat dengan tim namun tidak banyak. Gunakan sejumlah kamera yang mumpuni untuk menempuh pekerjaan satu ini. 

Fotografer produk membutuhkan skill apa saja? Skill fotografi dan editing. Pastikan keahlian tersebut Kamu kuasai sehingga hasil fotografi produk senantiasa memuaskan. Manfaatkan juga sejumlah aplikasi editing untuk mengupayakan hasil fotografi produk yang menawan. 

Pekerjaan ini tidak membutuhkan kriteria dari latar belakang pendidikan tertentu. Asal ada kemauan untuk belajar dan sering melakukan latihan tentu keahlian akan dikuasai dengan sendirinya. Update skill lain untuk meningkatkan pendapatan dari skill fotografi. 

6. Chef

Hampir semua restoran di Indonesia membutuhkan jasa seorang chef. Umumnya pekerjaan yang cocok untuk introvert ini memang berada di kawasan yang ramai orang. Namun restoran biasanya menyendirikan ruangan khusus untuk chef memasak. 

Apa saja keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi chef? Keahlian memasak atau mengolah bahan menjadi makanan merupakan dasar untuk menempuh profesi sebagai chef. Chef umumnya menjadi pekerjaan introvert bergaji tinggi dan jenjang karir jelas. 

Chef
Chef

Untuk mengasah ketrampilan di bidang memasak, Kamu bisa ikut kursus ataupun pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak-pihak tertentu. Dengan begitu penguasaan di bidang kuliner bisa dijadikan sebagai peluang usaha ataupun dasar pekerja menguntungkan. 

7. Penerjemah

Pernah lihat profesi menerjemahkan tulisan ataupun audio ke bahasa lain? Penerjemah atau translator menjadi salah satu pekerjaan yang cocok untuk introvert. Pasalnya pekerjaan ini bisa dijalankan dengan sistem jarak jauh ataupun WFH. 

Kamu bisa melamar pekerjaan sebagai penerjemah ke luar negeri dengan memakai sejumlah situs ternama. Namun, profesi ini mengharuskan Kamu untuk menguasai berbagai macam bahasa dan didukung oleh sertifikasi dari lembaga atau instansi tertentu. 

Penerjemahan bahasa
Penerjemahan bahasa

Biasanya Kamu harus mengikuti tes terlebih dahulu sehingga mendapatkan sertifikat. Tingkatkan skill berbahasa dengan mengikuti kursus atau belajar secara otodidak. Dengan kedua cara tersebut pekerjaan sebagai translator atau penerjemah bisa diupayakan. 

8. Arsitek

Pekerjaan yang cocok untuk introvert bisa juga diupayakan dengan menjadi seorang arsitek. Tugas utama seorang arsitek yakni merancang dan membuat skala dari suatu bangunan. Untuk menempuh pekerjaan ini Kamu harus menempuh pendidikan tinggi. 

Skill yang diperlukan dalam membuat gambaran atau rancangan bangunan yakni menggambar dan perhitungan. Kedua skill tersebut akan diajarkan selama menempuh pendidikan. Kamu bisa melamar pekerjaan sebagai arsitek di luar negeri dengan sistem jarak jauh. 

Pekerjaan satu ini memiliki gaji yang cukup menggiurkan. Tidak hanya menggiurkan, Kamu berpotensi dikenal oleh orang lain sehingga Mereka akan menuju jasa rancangan bangunan yang tersedia. Di Indonesia, gaji seorang arsitek juga tergolong cukup tinggi. 

9. Admin Sosial Media

Orang yang introvert biasanya cenderung lebih menyukai suasana sepi atau senyap. Hal itu bisa diwujudkan dengan menjalani pekerjaan sebagai seorang admin sosial media. Apa tugas utama dari admin sosial media ini? Tugas admin sosial media yakni mengelola konten. 

Tidak hanya mengelola konten, admin juga bertugas membangun hubungan baik dengan followers. Bisanya bidang kerja ini ditempuh oleh Mereka-mereka yang telah memiliki keahlian dan penguasaan di bidang sosial media tertentu. 

Admin sosial media
Admin sosial media 

Sosial media apa saja yang bisanya dikerjakan? Sosial media yang dikerjakan mulai dari instagram, Tik Tok, YouTube dan lain sebagainya. Buat jadwal postingan yang konsisten agar menarik kunjungan ke sosial media tersebut secara berkala. 

Itulah sejumlah pekerjaan yang cocok untuk orang introvert. Upayakan agar selalu update skill dan kemampuan diri untuk mendapatkan pekerjaan sesuai passion dan keinginan. Mengasah skill bisa dilakukan dengan membaca referensi melalui artikel lain di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar