Pekerjaan yang Cocok untuk Wanita Muslimah, Nomor 3 Bisa jadi Berkah

 

Muslimah
Muslimah

CariUang - Beberapa tempat kerja ada yang tidak memperbolehkan karyawatinya untuk menggunakan hijab. Hal ini tentu menjadi permasalahan bagi beberapa muslimah. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya Kamu mencari pekerjaan yang cocok untuk wanita muslimah.

Table of Contents
 

Deretan Pekerjaan yang Cocok untuk Wanita Muslimah

Pekerjaan paling diminati wanita karir terutama muslimah bisa dijadikan sebagai alternatif rujukan. Pasalnya dalam menempuh pekerjaan paling diminati wanita karir harus disesuaikan bidang keahlian agar pengerjaan optimal. Berikut ini pekerjaan yang cocok untuk wanita muslimah:

1. Bidan 

Bidan menjadi salah satu profesi idaman hampir semua orang. Pasalnya selain memiliki peran mulia hampir semua orang tergiur mendalami profesi idaman ini. Apakah boleh bidan menggunakan hijab? Sangat diperbolehkan baik itu bidan rumah sakit atau klinik. 

Bagaimana cara menjadi bidan? Untuk menempuh profesi idaman ini Kamu harus menyelesaikan pendidikan di bidang terkait. Setelah lulus Kamu bisa mengikuti tes yang diselenggarakan oleh rumah sakit atau instansi kesehatan milik pemerintah lainnya. 

Bagaimana jika tidak ada lowongan pekerjaan? Kamu tetap bisa mendalami pekerjaan tersebut dengan membuka praktik sendiri di rumah. Usaha ini sudah banyak dijalankan oleh sejumlah kalangan masyarakat terutama jika modal lebih dari cukup. 

2. Guru

Pekerjaan untuk wanita yang cocok diterapkan berikutnya yaitu menjadi guru. Untuk menjadi guru Kamu diharuskan menempuh pendidikan di bidang terkait. Kamu bisa menempuh pekerjaan untuk wanita ini dengan melamar ke sekolah atau ikut tes PPPK

Guru
Guru

Umumnya jenjang karir guru cukup sulit ditempuh. Pasalnya setelah mendaftar Kamu harus menjadi honorer terlebih dahulu. Sementara guru honorer sendiri diketahui memiliki gaji yang cukup rendah sehingga untuk menempuh jenjang karir baiknya ikut tes PPPK. 

Tes tersebut diselenggarakan oleh pemerintah untuk mengupayakan tenaga pendidik yang berkualitas sekaligus mampu berperan aktif di dunia pendidikan. Kapan tes dilakukan? Jadwal tes PPPK bisa dipantau melalui internet atau sosial media. 

3. Content Writer

Pekerjaan yang cocok untuk wanita muslimah berikutnya yaitu menjadi content writer. Apa tugas utama content writer? Tugas dari profesi ini yakni membuat konten berbentuk tulisan dan dipublikasikan ke sosial media. Dimana lapak untuk publikasi konten? 

Kamu bisa publikasi konten tulisan di blog ataupun website. Hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing dalam mengelola platform tertentu. Dibutuhkan keahlian dalam bidang penulisan sekaligus riset keyword atau kata kunci. 

Content writer
Content writer 

Untuk apa perlu riset keyword? Riset keyword ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari kata kunci dan mempermudah orang lain menelusuri konten-konten yang Kamu buat. Jadi pastikan riset kata kunci yang potensial dan juga memiliki volume tinggi. 

4. Jualan Online

Hingga kini jualan online menjadi salah satu bidang pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh semua orang. Pekerjaan ini tidak memandang latar belakang pendidikan ataupun usia seseorang sehingga kerap dituju oleh masyarakat dari kalangan tertentu seperti muslimah. 

Pekerjaan yang cocok untuk wanita muslimah ini bisa dikerjakan dari mana saja dengan menawarkan berbagai produk tertentu. Untuk mengupayakan profesi ini Kamu bisa menjual berbagai macam produk di situs marketplace ataupun sosial media saja. 

Jualan online
Jualan online 

Lakukan promosi terhadap produk-produk yang dijual agar potensi laris manis dan mendatangkan untung besar cukup tinggi. Berjualan online juga bisa ditempuh dengan memanfaatkan WhatsApp hingga telegram yang telah memiliki kontak banyak. 

5. Karyawati Swalayan

Kamu yang muslim bisa juga melamar pekerjaan sebagai karyawati toko. Toko swalayan besar seperti Indomaret hingga Alfamart biasanya memperbolehkan karyawati menggunakan hijab sesuai dengan syariat Islam. 

Untuk menempuh pekerjaan ini Kamu harus melamar terlebih dahulu di toko-toko terdekat. Pastikan menyiapkan sejumlah keperluan untuk melamar pekerjaan sehingga potensi diterima cukup tinggi. Biasanya tes kerja di toko apa saja?

Persiapan tes di toko meliputi surat lamaran kerja, CV dan interview. Jika Kamu melamar di Alfamart ataupun Indomaret tentu saya saingnya cukup tinggi. Hal ini lantaran gaji yang ditawarkan oleh tempat tersebut sudah menyesuaikan UMR daerah. 

6. Wirausaha

Pekerjaan yang cocok untuk wanita muslimah dan bisa mendatangkan keuntungan banyak berikutnya yakni dengan menekuni bidang wirausaha. Bidang ini bisa disesuaikan dengan keahlian ataupun passion yang ada dalam diri sendiri. 

Bangun usaha yang memiliki daya saing rendah dan potensi untung tinggi. Dengan cara ini Kamu bisa mendapatkan ruang di hati masyarakat sekaligus untung berlipat. Upayakan juga agar usaha tersebut mampu memberikan manfaat bagi orang banyak. 

Beberapa bidang usaha yang sering ditekuni oleh wanita muslimah mulai dari buka bisnis catering, laundry, jualan sayur, dan masih banyak lagi. Pastikan jenis usaha tersebut belum banyak diterapkan oleh masyarakat sehingga Kamu bisa leluasa menjalankan bisnis. 

7. Pegawai Bank

Banyak sekali bank atau lembaga keuangan yang memperbolehkan karyawati muslim untuk bekerja. Biasanya bank-bank tertentu juga memperbolehkan karyawati menggunakan hijab. Bagaimana cara menjadi pegawai bank yang sesuai prosedur?

Pegawai bank
Pegawai bank


Untuk menjadi pegawai bank Kamu harus melakukan pengiriman lamaran kerja. Tidak hanya itu saja, Kamu juga harus bersaing dengan banyak orang untuk menempati posisi tertentu. Biasanya bidang kerja satu ini cukup menjadi idaman muslimah yang baru lulus. 

Bidang kerja yang bisa ditempuh mulai dari customer service, staff keuangan, dan masih banyak lagi. Setiap bidang dalam bank tertentu biasanya memiliki kriteria tersendiri. Pastikan Kamu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan sehingga lebih berpotensi diterima. 

8. Penjahit

Banyak juga pekerjaan yang cocok untuk wanita muslimah bergerak di bidang tata busana. Kamu bisa menawarkan jasa jahit ataupun permak pakaian. Menurut sejumlah muslimah, pekerjaan ini selain menjanjikan juga cukup menyenangkan lantaran bisa digunakan sebagai penyalur hobi. 

Untuk menempuh pekerjaan satu ini Kamu harus memiliki keahlian di bidang menjahit. Beberapa muslimah yang memilih menjadi penjahit menjelaskan, jika skill belum dikuasai maka bisa dipelajari secara otodidak dengan mengikuti kursus lembaga tertentu. 

Penjahit
Penjahit

Pekerjaan yang cocok untuk muslimah ini sangat potensial terlebih mendekati momen-momen tertentu. Momen tersebut seperti musim tahun ajaran baru hingga wisuda. Pasalnya banyak orang menjahitkan pakaian kala itu. 

9. MUA

Hobi make up atau menata rias? Mungkin pekerjaan ini cocok bagi seorang muslimah yang ingin produktif baik masih lajang atau sudah menikah. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian di bidang tata kecantikan ataupun make up. 

Kamu bisa membuat salon sendiri, gabung WO ataupun melamar pekerjaan di bidang terkait. Umumnya pekerjaan ini memberikan peluang cukup tinggi terlebih jika mendekati momen tertentu seperti musim pernikahan ataupun wisuda. 

Dalam momen tersebut banyak orang ingin tampil memukau di hari spesial. Cari alat make up dan keperluan usaha dengan seksama. Hal ini bertujuan agar hasil MUA mampu memuaskan batin pelanggan setia. 

Pekerjaan yang cocok untuk wanita muslimah bisa ditempuh dengan sejumlah tahapan tersebut. Upayakan agar usaha yang ditempuh sesuai dengan bidang keahlian. Pelajari skill terkait dengan memperbanyak membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar