Trik Bisnis Jual Beli HP Bekas, Cocok untuk Dampingi hingga Pekerjaan Utama

 

Bisnis jual beli hp
Bisnis jual beli hp

CariUang - Bisnis jual beli hp bekas sepertinya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Pasalnya bisnis ini mampu memberikan keuntungan besar terutama jika Kamu pandai mengelola keuangan dan arus penjualan produk tersebut.

Table of Contents
 

Ragam Trik Jual Beli HP Bekas agar Untung Makin Berkelas

Menurut sejumlah orang yang telah memiliki bisnis jual beli hp bekas, dibutuhkan supplier handphone agar usaha berjalan lancar. Sebelum itu, terdapat beberapa trik dan tips lainnya yang bisa Kamu terapkan agar bisnis maju, berikut informasi selengkapnya:

1. Mempersiapkan Modal

Langkah pertama yang wajib dipersiapkan oleh calon pengusaha hp bekas yakni memperhitungkan modal. Berapa modal yang dibutuhkan? Modal yang dibutuhkan tergantung beberapa faktor mulai dari metode penjualan hingga skala usaha. 

Persiapan modal
Persiapan modal

Untuk cara jual hp bekas di online tentu modal yang dibutuhkan jauh lebih murah. Berapa modal jika menerapkan cara jual hp bekas di online? Cara jual hp bekas di online membutuhkan modal kisaran 7-15 juta atau menyesuaikan dengan keuangan pengusaha. 

Sementara penjualan dengan sistem offline bisa membutuhkan modal sekitar 25-40 juta. Sebenarnya modal usaha merupakan opsional dari pemilik bisnis. Jadi Kamu bisa menyesuaikan dengan keuangan untuk menentukan seberapa banyak modal yang akan dipakai m 

2. Memilih Metode Berjualan

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, jika ingin menekuni bisnis penjualan hp bekas Kamu harus memilih metode usaha tersebut. Kamu bisa berjualan online ataupun offline. Bagaimana jika menerapkan kedua metode berjualan sekaligus?

Menurut pengalaman ku dalam mengamati dua metode tersebut, dijalankan secara bersamaan tetap efektif. Jadi, Kamu bisa menempuh dua cara tersebut untuk berjualan hp bekas. Pastikan untuk mempelajari strategi berjualan masing-masing metode. 

Jual beli hp bekas secara offline umumnya membutuhkan lokasi sendiri atau sering disebut konter. Sementara penjualan online hanya membutuhkan lapak seperti sosial media hingga marketplace ternama ( shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya).

3. Cari Supplier Handphone

Setelah mengetahui metode jualan yang tepat, Kamu wajib mencari supplier handphone agar bisnis lancar. Bagaimana cara mencari supplier handphone bekas? Kamu bisa bekerja sama dengan penjualan hp yang dilakukan oleh pengepul tertentu.

Cari supplier handphone terpercaya
Cari supplier handphone terpercaya 

Biasanya supplier handphone akan mengambil barang bekas dari tangan pertama. Hal ini membuat harga yang didapatkannya cenderung lebih murah. Tidak hanya mencari supplier saja, Kamu wajib mencari distributor handphone agar penjualan tersetuktur.

Menurut sejumlah pemilik bisnis konter hp bekas, distributor handphone memiliki pengaruh besar dalam penjualan. Bandingkan satu distributor dengan lainnya untuk mencapai bisnis penjualan hp bekas yang laris manis dan omzet naik drastis. 

4. Cek Kondisi dan Kelengkapan

Jual beli hp bekas akan optimal dan bisa dipatok tarif mahal jika kondisi masih mulus. Bagaimana cara mengetahui kondisi dari hp tersebut? Utak-atik secara keseluruhan mulai dari aplikasi, memori, hingga berbagai macam fitur menarik pada hp tersebut. 

Cek kondisi hp secara keseluruhan
Cek kondisi hp secara keseluruhan 

Lakukan pengecekan secara fisik baik dari segi layar, penutup, hingga sejumlah tombol. Untuk apa pengecekan perlu dilakukan? Pemilik konter hp bekas beranggapan bahwa pengecekan dilakukan untuk memastikan bahwa produk tersebut layak jual. 

Tidak hanya melakukan pengecekan secara fisik dan non fisik saja, Kamu wajib mengetahui kelengkapan ponsel. Agar aman biasanya penjualan harus menggunakan box. Hindari membeli hp dari hasil pencurian lantaran bisa berujung pidana. 

5. Lakukan Service

Pasca melakukan pembelian hp bekas dari perorangan atupun supplier, sejumlah pengusaha konter ponsel bekas sering melakukan service. Service ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan perbaikan pada bagian-bagian yang berpotensi mengalami kerusakan. 

Lakukan service hp sebelum dijual
Lakukan service hp sebelum dijual

Dibutuhkan keahlian dalam bidang permesinan untuk mengupayakan service yang efektif. Umumnya service ini juga dilakukan untuk menghapus sejumlah file dari pemilik lama agar nantinya jika dibeli oleh orang kondisi susah bersih dan pemakaian nyaman. 

Dalam mengupayakan service memang membutuhkan waktu lama. Namun hal tersebut akan sebanding dengan keuntungan yang akan Kamu dapatkan dari bisnis jual beli hp bekas ini. Hindari langsung menjual tanpa service lantaran berpotensi merusak pasaran. 

6. Jangan Mengambil Untung Terlalu Banyak

Sejumlah pengusaha hp bekas menjelaskan bahwa bisnis ini tidak diperkenankan untuk mengambil keuntungan terlalu banyak. Hal ini tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya pemikiran masyarakat yang lebih memilih beli bekas timbang baru. 

Pemikiran tersebut sebenarnya juga dipengaruhi oleh harga yang jauh lebih murah jika melakukan pembelian hp bekas. Hal itulah yang membuat Kamu wajib memperhitungkan harga jual dari hp bekas tersebut agar penjualan tetap optimal. 

Umumnya mengambil keuntungan terlalu besar berpotensi kalah saing dengan konter hp baru. Pasalnya saat ini banyak sekali penjualan hp baru dengan harga murah seiring penurunan dari brand tertentu. Tentu trik ini harus dipertimbangkan secara matang. 

7. Jual Aksesoris Tambahan

Menurut pengamatan yang Aku lakukan, beberapa pemilik usaha jual beli hp bekas turut menambahkan beberapa aksesoris sebagai produk unggulan. Kamu bisa juga menjual berbagai aksesoris tersebut sebagai salah satu bentuk membangun kepuasan batin pelanggan. 

Sediakan beberapa aksesoris hp sebagai alternatif jualan
Sediakan beberapa aksesoris hp sebagai alternatif jualan 

Beberapa aksesoris tambahan yang bisa Kamu sediakan mulai dari gantungan HP, case, TG, dan masih banyak lagi. Penjualan hp bekas dengan cara ini tentu jauh lebih efektif dan omzet bisa mengalami peningkatan drastis. 

Tidak sedikit juga pemilik usaha konter hp bekas menawarkan aksesoris free custom. Jadi mereka bebas request bentuk, motif, hingga warna pada aksesoris tertentu. Cara ini bisa diupayakan guna meningkatkan loyalitas terhadap pelanggan setia. 

8. Sediakan Garansi

Meskipun usaha yang dijalankan berupa jual beli hp bekas, penting bagi Kamu untuk menyediakan garansi. Garansi yang disediakan bisa berupa jaminan service gratis dengan durasi waktu sekitar 1-5 bulan ( tergantung kebijakan pemilik usaha).

Sediakan garansi pada pembelian hp bekas
Sediakan garansi pada pembelian hp bekas

Untuk apa garansi perlu diupayakan? Pemberian garansi perlu diupayakan dengan berbagai macam tujuan mulai dari membangun loyalitas pelanggan hingga memenuhi kebutuhan pihak tersebut. Terlebih saat ini hampir semua konten hp bekas ada garansi. 

Buat ketentuan ataupun persyaratan agar pemberian garansi tetap menguntungkan. Biasanya syarat tersebut berupa durasi, struk pembelian, detail kerusakan pada bagian tertentu dan lain sebagainya. Umumnya garansi ini berlaku maksimal 1 tahun.

9. Optimalkan Promosi 

Penjualan hp bekas juga membutuhkan promosi. Promosi hp bekas harus dilakukan dengan optimal agar penjualan senantiasa mengalami peningkatan. Bagaimana cara promosi jual beli hp bekas yang tepat dan sesuai target penjualan?

Menurut pengalaman sejumlah pemilik konter hp bekas, promosi bisa diupayakan dengan memanfaatkan keberadaan sosial media. Posting produk hp bekas pada kanal sosial media tertentu. Pastikan gambar dan spesifikasi hp dicantumkan dalam postingan. 

Jangan hanya berpacu pada sosial saja,Kamu bisa promosi dengan memanfaatkan keberadaan situs website. Cara penjualan ini tentu jauh lebih efektif dan praktis. Menariknya, promosi dapat dilakukan gratis atau tanpa bayar sedikitpun. 

Trik bisnis jual beli hp bekas tersebut bisa Kamu upayakan untuk mewujudkan keuntungan. Pastikan penjualan juga memenuhi standar tata niaga sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Kamu bisa mempelajari seluk beluk bisnis dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar