Cara Promosi Makanan yang Efektif dan Praktis

Produk makanan
Produk makanan


 CariUang - Promosi makanan harus diupayakan oleh sejumlah kalangan untuk mendapatkan keuntungan. Terlebih beberapa jenis makanan memiliki karakteristik mudah basi. Cara promosi makanan bisa dilakukan dengan memanfaatkan sosial media.

Table of Contents
 

Ragam Cara Promosi Makanan

Hampir semua orang menerapakan strategi promosi makanan dengan memanfaatkan keberadaan digitalisasi. Kenapa strategi promosi makanan harus pakai digitalisasi? Karena hampir semua orang pakai gedget. Berikut cara promosi makanan yang efektif:

1. Ambil Foto Makanan yang Bagus

Strategi promosi makanan yang paling efektif dan bisa Kamu terapkan untuk menghasilkan pendapatan besar yakni dengan mengambil foto bagus. Kamu bisa memanfaatkan jasa fotografer produk makanan yang telah berpengalaman. 

Namun lebih disarankan untuk mengambil foto secara mandiri dengan memanfaatkan keberadaan kamera ponsel ataupun DSLR. Ambil foto dengan bagus dan jarak yang telah ditentukan. Buat gambar tersebut menarik dan menggoda selera makan banyak orang. 


Contoh produk makanan
Contoh produk makanan 


Menurut pendapat sejumlah penjual makanan, beberapa diantara dari mereka kerap mengambil foto dan melakukan editing. Tahapan editing ini dilakukan dengan tujuan agar hasil foto yang diperoleh jauh lebih berkualitas dan memikat banyak orang.

2. Buat Kemasan Makanan yang Lucu

Tidak hanya dari segi produk, kemasan makanan juga menjadi indikator yang mempengaruhi penjualan. Sebaiknya Kamu juga menyediakan kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana oleh pembeli tersebut. 

Kemasan yang lucu dan unik membuat orang penasaran bahkan rela melakukan pembelian. Beberapa dari pembeli mengatakan bahwa kemasan merupakan salah satu bahan pertimbangan untuk melakukan pembelian produk makanan tertentu. 

Kemasan makanan
Kemasan makanan

Apa kemasan yang bisa digunakan? Untuk menentukan kemasan tertentu Kamu harus melihat produk makanan yang ditawarkan. Jika makanan berkuah baiknya dilapisi plastik. Gunakan kemasan yang aman sehingga kualitas rasa makanan tidak berkurang. 

3. Hindari Menipu Pelanggan

Bagi penjual yang telah mempertimbangkan kemasan makanan sebagai strategi penjualan, hindari Menipu pelanggan. Beberapa pengusaha culas seringkali melakukan pelayanan dengan menawarkan produk tidak sesuai dengan gambar atau kemasan. 

Hal ini memang terkesan sepele namun tidak semua orang akan diam ketika dibohongi. Bahkan kemungkinan terburuk yang bisa Kamu terima yakni mendapatkan kritik negatif dari sejumlah kalangan masyarakat atas produk makanan tersebut. 

Upayakan untuk menyediakan produk makanan yang sekiranya bisa Kamu jangkau sehingga pelayanan senantiasa memuaskan. Hampir semua orang yang menerapkan trik mengembangkan kemasan makanan dan penyesuaian produk selalu berhasil. 

4. Tulis Deskripsi Menarik

Cara promosi makanan yang efektif yakni dengan posting dan mencantumkan deskripsi menarik. Deskripsi menarik bisa berupa keterangan terkait produk makanan bersangkutan. Kamu bisa menjelaskan mengenai prosedural penyajian makanan tersebut. 

Beberapa penjual makanan memilih promosi dengan tahapan ini guna mempermudah pembeli dalam mengonsumsi. Deskripsi bisa ditulis pada iklan yang sedang dipasang baik online ataupun offline dengan memanfaatkan media tertentu. 

Tulisan deskripsi
Tulisan deskripsi 

Sebaiknya penulisan deskripsi pada kemasan dilakukan jika produk makanan kering seperti cemilan. Biasanya mereka juga turut mencantumkan bahan-bahan yang digunakan untuk proses pembuatan makanan tersebut sehingga bisa tersaji. 

5. Gunakan Kata-kata Menarik

Tak lepas dari deskripsi, cara promosi makanan yang tidak kalah efektif yakni dengan menggunakan kata-kata menarik. Kata-kata promosi yang menarik bagaimana? Kata-kata promosi yang menarik bersifat mengajak untuk melakukan pembelian. 

Kamu bisa meniru kata-kata promosi dari internet kemudian dikembangkan kembali. Semakin lucu kata-kata yang digunakan maka besar potensi orang akan tertawa dan merasa terhibur. Biasanya mereka yang merasa terhibur tidak segan membeli produk. 

Gunakan kata-kata menarik
Gunakan kata-kata menarik 

Hindari menggunakan kata kata yang tidak familiar atau susah dimengerti oleh banyak orang. Hal ini membuat promosi yang dilakukan bisa terhambat bahkan tidak bisa dimengerti oleh kalangan masyarakat tertentu terutama target penjualan makanan. 

6. Manfaatkan Sosial Media

Hampir semua pelaku UMKM memanfaatkan keberadaan sosial media sebagai salah satu alternatif promosi. Promosi menggunakan sosial media menurutku cukup efektif lantaran hampir semua orang saat ini telah menggunakan gedget untuk kehidupan sehari-hari. 

Bagaimana cara promosi di sosial media? Cara promosi di sosial media dapat dilakukan dengan posting produk-produk makanan yang disajikan pada situs bersangkutan. Cantumkan keterangan dengan memanfaatkan kata-kata unik tadi. 

Sosial media
Sosial media

Buat konten yang bersangkutan dengan produk kuliner tersebut hingga mampu memikat banyak orang. Pemanfaatan sosial media sebagai sarana promosi diklaim sangat efektif terlebih sejak masa pandemi di Indonesia berlangsung cukup lama. 

7. Endorsement

Lakukan tahapan endorsement sebagai salah satu cara promosi makanan yang efektif. Bagaimana cara ini bisa diterapkan? Jadi Kamu tinggal menghubungi salah satu konten Kreator ternama yang bisa diajak kerja sama untuk promosi produk tersebut. 

Beri produk makanan serta fee sesuai dengan kesepakatan bersama. Lakukan pembayaran hingga mereka lakukan promosi produk ke sosial media ataupun review melalui channel YouTube. Cara ini telah ditempuh oleh banyak pemilik restoran. 

Walaupun terkesan sangat sederhana, cara ini terbukti mampu membuahkan hasil cukup drastis. Kamu bisa memulai endorsement sebagai salah satu bentuk batu loncatan untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah banyak. 

8. Manfaatkan Marketplace

Bagi pelaku UMKM seperti penjual masakan Padang saat ini sudah banyak yang memanfaatkan keberadaan marketplace. Umumnya marketplace tersebut dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan selama masa pandemi berlangsung. 

Pemanfaatan marketplace
Pemanfaatan marketplace 

Seiring berjalannya waktu, beberapa UMKM mulai menjual makanan online sebagai cara promosi makanan paling efektif. Utamakan untuk melihat respon pembeli terhadap produk makanan kemudian kembangkan sesuai dengan permintaan target penjualan. 

Bagaimana dengan makanan basah? Makanan basah dan cepat basi tetap bisa dijual dengan memanfaatkan keberadaan GrabFood, GoFood dan Shopee Food. Pemanfaatan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan penjualan makanan. 

9. Pasang Iklan dan Tampilan Review Positif

Agar penjualan semakin meningkat drastis, sebaiknya Kamu melakukan pemasangan iklan dengan memanfaatkan sosial media tertentu. Bagaimana cara pasang iklan? Cara pasang iklan dapat dilakukan dengan memanfaatkan jasa yang disediakan oleh pihak tertentu. 

Cara promosi makanan dengan menampilkan iklan memang berbayar namun hal itu tentu akan mendatangkan keuntungan tersendiri. Jangan lupa untuk membagikan ulasan positif dari pelanggan agar menjadi pertimbangan pembeli baru. 

Bagaimana jika ulasan tersebut negatif? Upayakan agar ulasan bersifat positif agar mereka tidak ragu membeli. Sembunyikan ulasan negatif tersebut dan upayakan untuk meningkatkan produk sehingga review yang didapatkan positif. 

Cara promosi makanan dapat ditempuh dengan sejumlah alternatif tersebut. Kamu bisa menempuh strategi pemasaran online ataupun offline. Strategi pemasaran lainnya bisa dipelajari dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar