Bisnis WiFi Rumahan, Cocok sebagai Usaha Sampingan Untung Jutaan

WiFi rumahan
WiFi rumahan

 CariUang - Hampir semua orang saat ini menggunakan sosial media ataupun internet sebagai pendukung pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Hal itu dapat dijadikan sebagai peluang usaha dengan mendirikan bisnis WiFi rumahan yang berpotensi datangkan sejumlah keuntungan.

Table of Contents
 

Cara Memulai Bisnis WiFi Rumahan

Menjalankan bisnis jaringan internet rumahan mengharuskan Kamu memahami beberapa indikator terkait dengan elemen tersebut. Jika rumah yang akan dijadikan tempat usaha terpencil Kamu harus membangun strategi khusus. Berikut ini cara membangun bisnis WiFi Rumahan:

1. Identifikasi Sasaran Marketing

Langkah utama dalam menjalankan bisnis jaringan internet rumahan yaitu mengetahui target sasaran. Jadi target marketing dalam usaha jaringan tersebut siapa? Target marketing bisnis jaringan internet yakni masyarakat secara luas baik untuk bekerja ataupun aktivitas sehari-hari.

Target pasar
Target pasar

Menentukan target sasaran yang tepat membuat Kamu bisa mempermudah berbagai indikator salah satunya yaitu penetapan harga. Jika untuk bekerja tentu jaringan WiFi tersebut harus memiliki kekuatan sinyal yang cukup tinggi dengan harga lebih mahal. 

Hal ini juga berlaku jika target adalah masyarakat umum, tentu kekuatan sinyalnya tidak se tinggi pekerja. Langkah menentukan target membantu Kamu menyesuaikan tingkat kekuatan sinyal hingga harga yang nanti harus dibayarkan target per bulan. 

2. Periksa Jaringan

Menurut pengalaman orang yang menerapkan cara bisnis jaringan internet, rata-rata mereka akan melakukan pengecekan. Pengecekan ini dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal mulai dari jangkauan, kondisi geografis dan lain-lain. 

Tahapan dalam cara bisnis jaringan internet ini sebenarnya berkaitan erat dengan lokasi usaha. Jika usaha tersebut strategi biasanya mampu menjangkau banyak pelanggan khususnya masyarakat sekitar yang didominasi oleh kalangan-kalangan tertentu. 

Periksa jaringan
Periksa jaringan

Lakukan pengecekan jaringan secara berkala untuk memastikan daerah jangkauan tersebut. Tahapan ini perlu ditempuh lantaran mempengaruhi kualitas sinyal internet yang nantinya akan dijangkau oleh masyarakat atau target marketing usaha tersebut. 

3. Bangun Lokasi Strategis

Berkaitan erat dengan tahapan sebelumnya, bisnis WiFi rumahan akan optimal jika Kamu mampu membangun lokasi yang mudah dijangkau. Beberapa pemilik memilih membangun lokasi usaha di pinggir jalan atau dekat pusat pelayanan umum. 

Selain memudahkan jangkauan, tahapan ini juga membuat target pasar dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu. Untuk memperluas usaha biasanya orang yang menerapkan bisnis jaringan internet ini memilih memasang tower Internet. 

Jika usaha sudah berkembang pesat, sebaliknya Kamu juga membangun cabang bisnis. Tahapan ini tentu memberikan banyak manfaat salah satunya memperluas target marketing dari bisnis WiFi rumahan. 

4. Sediakan Modal

Untuk membangun bisnis WiFi di kampung ataupun kota tentu membutuhkan modal. Modal tersebut digunakan untuk pemasangan tower Internet, pembelian alat-alat hingga pemeliharaan. Berapa modal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis WiFi di kampung halaman? 

Persiapan modal
Persiapan modal

Modal yang dibutuhkan mulai dari 50-70 jutaan. Namun modal bisa dipersiapkan dengan sistem menabung. Jalankan modal yang ada untuk merintis dan perluas usaha dengan keuntungan. Cara ini tentu sudah banyak diterapkan oleh sejumlah kalangan masyarakat. 

Persiapan modal sebenarnya sudah termasuk dalam rancangan bisnis. Pastikan bahwa modal yang dipersiapkan mencangkup berbagai kebutuhan untuk keberlangsungan usaha. Tahapan ini membutuhkan keahlian di bidang kewirausahaan dan analisa keuangan. 

5. Beli Semua Peralatan

Bisnis WiFi rumahan tentu membutuhkan sejumlah peralatan untuk menunjang pemasangan sesuai orderan klien. Apa saja alat yang dibutuhkan untuk membangun usaha bisnis WiFi di kampung? Peralatan mulai dari router, kabel, besi dan lain-lain. 

Pastikan semua peralatan yang dibeli memiliki kualitas tinggi sehingga tidak mudah rusak. Pembelian bisa diupayakan dengan mengunjungi toko elektronik terdekat. Cari peralatan yang menyediakan garansi pembelian sehingga menguntungkan semua pihak. 

Alat pemasangan WiFi
Alat pemasangan WiFi 

Dengan membeli perlengkapan sebelum memulai usaha membuat bisnis yang direncanakan bisa berjalan sesuai harapan. Hindari membeli peralatan bekas lantaran berpotensi mengalami kerusakan dalam kurun waktu singkat sehingga mengurangi minat kalangan masyarakat. 

6. Libatkan Tim Berpengalaman

Dalam menjalankan bisnis WiFi rumahan tentu tidak bisa dikerjakan secara mandiri. Biasanya pemilik bisnis akan membentuk tim tersendiri dan membagi tugas berdasarkan keahliannya. Misal ahli dalam hal setting sebaiknya bagian server. 

Bagaimana jika usaha tersebut dijalankan sendirian? Sebenarnya bisa saja usaha tersebut dijalankan sendirian. Hanya saja pengerjaan kurang optimal dan membutuhkan waktu cukup panjang. Hal ini tentu mampu memicu ketidakpuasan pada pelanggan atau klien. 

Buat tim yang berjumlah 2-3 orang sebagai awal. Kembangkan tim kerja berpengalaman seiring meningkatnya usaha pemasangan WiFi. Semakin banyak tim yang terlibat maka pengerjaan akan lebih cepat dan kepuasan dari klien mudah didapat. 

7. Sediakan Paket Layanan

Menurut pengalaman ku pribadi dalam melakukan pemasangan WiFi, beberapa pihak kerap menawarkan paket layanan. Paket layanan internet ini dibuat berdasarkan kapasitas atau kekuatan sinyal yang ditawarkan dengan patokan harga tertentu. 

Semakin kuat sinyal tersebut maka harganya akan mahal begitupun sebaliknya. Sediakan beberapa paket untuk memenuhi kebutuhan dari pelanggan. Berapa idealnya harga per paket WiFi beserta dengan uang bulanan yang harus dibayarkan? 

Harga paket mulai dari Rp 750.000 dengan uang bulanan sekitar Rp 100.000 - Rp 150.000. Namun harga dan biaya bulanan tersebut tergantung dengan paket yang diambil sekaligus ketentuan masing-masing bisnis terkait. 

8. Lakukan Pemeliharaan

Setiap satu bulan sekali atau lebih pemilik bisnis WiFi rumahan kerap melakukan pemeliharaan. Pemeliharaan dilakukan dengan mengecek semua alat operasional yang dipakai. Tidak hanya itu, pemeliharaan juga mencangkup tower internet. 

Tidak jarang juga pemilik usaha WiFi memilih untuk berkeliling guna mengupayakan pengecekan terhadap jaringan. Kenapa pemeliharaan penting? Agar akses internet dari bisnis WiFi tersebut tetap aman dan lancar saat digunakan oleh klien.

Pemeliharaan dapat dilakukan dengan mengecek tower
Pemeliharaan dapat dilakukan dengan mengecek tower

Pemeliharaan yang diabaikan membuat peralatan bisa mengalami performa bahkan kekuatan sinyal dapat menurun seiring berjalannya waktu. Upayakan agar tahapan ini selalu dilakukan sehingga kedepannya bisnis WiFi memberikan keuntungan untuk banyak pihak. 

9. Tingkatkan Pelayanan

Promosikan semua paket dan layanan dari bisnismu dengan memanfaatkan sosial media. Bukan hanya itu, Kamu juga wajib mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat. Pelayanan meliputi kecepatan respon saat ada orderan hingga komplain jaringan. 

Untuk mengupayakan sejumlah informasi biasanya bisnis menyediakan bagian CS. Bagian CS ini bisa diupayakan sendiri dengan memanfaatkan kecerdasan buatan. Dengan mengandalkan tahapan ini besar potensi bisnis mendapatkan ruang di hati orang-orang. 

Layanan cs
Layanan cs 

Sebelum meningkatkan layanan, pastikan terlebih dahulu untuk memberikan arahan pada petugas ( jika tidak dikerjakan sendiri). Hal ini bertujuan agar tidak terjadi perbedaan instruksi yang memicu terjadinya kesalahpahaman klien dengan pemilik usaha. 

Bisnis WiFi rumahan banyak ditempuh oleh lulusan SMK di bidang jaringan. Modal yang diperlukan cukup besar sehingga pertimbangan harus matang. Sebagai bahan pertimbangan, Kamu bisa baca artikel lain di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar