Jangan diremehkan, Ini Pekerja untuk Lulusan SD Gaji Besar!

 

Lulusan SD
Lulusan SD
( Dok. Ist)

CariUang - Terkadang ijazah atau latar belakang pendidikan menjadi penghalang bagi beberapa orang. Padahal hal tersebut justru dapat dijadikan sebagai patokan untuk mencari pekerjaan. Terdapat beberapa pekerjaan untuk lulusan SD yang menjanjikan.

Table of Contents
 

Ragam Pekerja untuk Lulusan SD

Dalam mengupayakan lowongan kerja tamatan SD tentu dibutuhkan keahlian khusus. Pasalnya lulusan tersebut tidak mendapatkan pemahaman praktik dari lembaga pendidikan. Berikut ini sejumlah pekerjaan untuk lulusan SD yang bisa diterapkan:

1. Kerja di Pabrik

Beberapa pabrik memperbolehkan tamatan SD untuk menjadi buruh atau karyawannya. Namun sebagian besar mengharuskan karyawannya untuk menyelesaikan pendidikan setidaknya sampai SMP. Jika hal tersebut terjadi apa yang harus dilakukan?

Kamu bisa kejar paket untuk jenjang SMP. Setelah kejar paket untuk jenjang SMP nantinya Kamu bisa mengikuti tes atau kerja di pabrik tersebut. Hampir semua pabrik menyuruh peserta lulusan SD agar mengikuti kejar paket untuk jenjang SMP. 

Bekerja di pabrik
Bekerja di pabrik


Hal ini tentu agar Kamu mendapatkan pengakuan dan mudah diterima di perusahaan atau pabrik tersebut. Biasanya pabrik yang memperbolehkan karyawan lulusan SD meliputi bidang garmen, tekstil, makanan dan masih banyak lagi lainnya.

2. Jualan 

Jualan kuat orang menjadi salah satu lowong kerja tamatan SD yang banyak ditempuh pihak-pihak tertentu. Dalam menekuni pekerjaan ini sebenernya Kamu hanya perlu memahami strategi marketing yang telah diterapkan oleh pihak pemilik toko tersebut. 

Biasanya Toko memperkerjakan lulusan SD lantaran masih baru. Nantinya jika toko telah berkembang Kamu tetap bisa berjualan atau bekerja di tempat tersebut asalkan selama ini menunjukkan kerja atau kinerja positif sehingga memuaskan. 

Upayakan untuk meningkatkan keahlian dalam berhitung, pelayanan, dan juga komunikasi. Hal ini bertujuan agar proses penjualan terhadap sejumlah kalangan senantiasa terpenuhi dengan baik sesuai keinginan dari pihak-pihak tertentu. 

3. Baby Sitter 

Beberapa kota besar memperbolehkan anaknya dirawat oleh baby sitter dari lulusan SD. Lowongan kerja untuk tamatan SD ini banyak diburu terutama mereka yang berasal dari pedesaan. Pastikan Kamu memiliki pengalaman dalam mengurus dan menghadapi bayi ataupun anak. 

Sebelum terjun mendalami profesi ini tentu Kamu bisa mengikuti bursa khusus kerja terlebih dahulu. Lakukan pemahaman khusus terkait prosedur perawatan bayi saat ikut kursus. Hal ini bertujuan agar saat bekerja Kamu dapat menunjukkan kinerja baik. 

Pekerjaan sebagai baby sitter
Pekerjaan sebagai baby sitter


Pekerjaan untuk lulusan SD ini cukup menjanjikan terlebih jika bekerja di daerah dengan UMR tinggi. Pastikan untuk memiliki keahlian khusus dalam merawat anak-anak sehingga senantiasa memberikan kepuasan bagi majikan atau orang tua anak. 

4. Mandor

Lowongan kerja pria lulusan SD bisa ditempuh dengan mengikuti proyek bangunan. Semakin lama Kamu bekerja di bidang tersebut maka berpotensi menjadi mandor. Untuk menjadi mandor tentu memerlukan jenjang karir cukup luas dan panjang. 

Pastikan Kamu senantiasa mengikuti jenjang karir tersebut untuk mewujudkan gaji impian. Mula-mula lowongan kerja pria lulusan SD ini bisa bisa ditempuh dengan menjadi kuli. Amati dan pelajari bisnis di bidang properti tersebut kemudian dirikan sendiri tim profesional. 

Mandor
Mandor


Banyak sekali orang sukses dan menghasilkan pendapatan milyaran usai menerapkan lowongan kerja pria lulusan SD ini. Hal tersebut menjadi bukti bahwa selain ijazah terdapat beberapa hal yang memang penting dan harus diupayakan salah satunya yakni keahlian. 

5. ART

Asisten rumah tangga juga menjadi pekerja untuk lulusan SD yang cukup menjanjikan. Walaupun ibaratnya Kamu menjadi pesuruh namun gaji yang ditawarkan jauh lebih besar terlebih jika lokasi kerja memiliki UMK atau UMR tinggi. 

Daerah yang seringkali menjadi tujuan ART untuk melamar pekerjaan di bidang tersebut seperti Malang, Mojokerto, Surabaya, Jakarta dan sekitarnya. Dengan menekuni bidang ini Kamu bisa mendapatkan gaji penuh. Terlebih lagi jika majikan memberikan uang tambahan. 

ART
ART


Seiring berjalannya waktu, pekerjaan ini senantiasa mendapatkan tambahan uang. Kamu bisa mengupayakan hal itu dengan meningkatkan kinerja. Terlebih jika menjelang momentum tertentu seperti akhir tahun, lebaran dan sebagainya gaji selalu ditambah. 

6. Wirausaha 

Pekerjaan untuk lulusan SD yang cukup menjanjikan bisa ditempuh dengan mendirikan usaha sendiri. Umumnya pekerjaan sebagai seorang wirausaha bisa dilakukan oleh pria ataupun wanita. Usaha apa yang cocok diterapkan oleh semua kalangan dari lulusan SD?

Pekerjaan yang bisa ditempuh meliput bisnis kuliner, fashion dan lain sebagainya. Kamu bisa mendirikan UMKM terlebih dahulu sebagai salah satu bentuk usaha mandiri. Pastikan agar usah ayang didirikan sesuai dengan keahlian sehingga berjalan mudah. 

Banyak sekali orang sukses dengan usaha yang dijalankan di bidang usaha tertentu. Hal ini menjadi bukti bahwa kesuksesan tidak hanya berpacu pada pendidikan. Pastikan agar Kamu tidak gampang puas sehingga senantiasa semangat dalam berinovasi. 

7. Pelayan Restoran 

Pelayan restoran,cafe dan lain sebagainya juga memperbolehkan tamatan SD untuk melamar. Pekerjaan untuk lulusan SD ini umumnya membutuhkan kandidat di belakang tanpa terikat latar belakang pendidikan. Biasanya Kamu akan ditempatkan di belakang. 

Sebagai contoh bagian produksi makanan atau asisten koki. Memang pekerjaan ini tergolong sepele namun jika ditekuni Kamu bisa mendapatkan keuntungan tersendiri. Bagi restoran yang belum terlalu besar pelayanan restoran banyak dari lulusan SD. 

Apa yang harus diupayakan dalam memberikan pelayanan? Kamu harus bisa adaptasi dengan rekan kerja. Tidak hanya itu saja pastikan Kamu meningkatkan keahlian terutama di bagian kerja yang sedang diterapkan oleh pihak bersangkutan. 

8. Jualan Online

Pekerja untuk lulusan SD yang cukup menjanjikan dan bisa mendatangkan kesuksesan yakni dengan jualan online. Umumnya proses jualan online ini hanya membutuhkan sedikit modal dan keahlian di bidang marketing tambahan. 

Kamu bisa menjual berbagai macam produk yang sedang naik daun atau trend. Gunakan marketplace terkemuka untuk menawarkan produk jualan online. Pastikan mencantumkan berbagai keterangan produk dengan terperinci agar proses jualan lancar.


Jualan online
Jualan online


Dalam proses jualan online Kamu bisa memanfaatkan keberadaan sosial media sebagai lapak promosi. Upayakan agar proses jualan online senantiasa mengikuti trend berlaku. Hal ini bertujuan agar usaha atau pekerjaan yang ditempuh tidak kalah saing. 

9. TKW atau TKI

Banyak sekali lulusan SD dari Indonesia yang memilih untuk menjadi TKW dan TKI. Di negara tujuan Kamu bisa bekerja di pabrik, rumah tangga dan lain sebagainya. Untuk menempuh pekerjaan ini terlebih dahulu Kamu harus ikut lembaga pelatihan kerja. 

Pastikan Kamu menguasai bahasa dari negara tujuan. Bagaimana cara menguasai bahasa tersebut? Tentu dengan mengikuti kursus dan sejumlah tes. Pemberangkatan akan dilakukan ketika semua berkas dan syarat telah dipenuhi oleh calon TKW atau TKI. 

Upayakan agar Kamu memilih negara potensial dengan gaji tinggi seperti Taiwan, China, Jepang, Korea, Arab dan masih banyak lagi. Negara-negara tersebut sudah menawarkan gaji di atas 10 juta sehingga cukup memberikan keuntungan tersendiri.

Pekerjaan untuk lulusan SD bisa ditempuh dengan bidang tersebut. Upayakan agar mengikuti perkembangan zaman untuk mendapat pekerjaan lebih. Infomasi seputar pekerjaan dan bisnis bisa dipelajari dengan baca artikel lain di website ini. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar