Bisnis Dekorasi Pernikahan, Yakin Bisa dapat Untung Milyaran?

 

Dekorasi pernikahan
Dekorasi pernikahan 

CariUang - Bisnis dekorasi pernikahan belakangan menyita perhatian banyak orang. Pasalnya usaha ini mendadak menghasilkan uang berjumlah ratusan hingga milyaran menjelang musim pernikahan. Tentu hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu bisnis jangka panjang.

Table of Contents
 

Tahapan Memulai Bisnis Dekorasi Pernikahan

Usaha dekorasi untuk pemula membutuhkan sejumlah tahapan dan persiapan matang. Hal ini mengingat bahwa usaha dekorasi untuk pemula harus bersaing dengan mereka yang telah berpengalaman. Berikut ini cara memulai bisnis dekorasi pernikahan:

1. Siapkan Modal Usaha

Sesuai dengan konsep bisnis, usaha dekorasi untuk pemula juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Modal yang dibutuhkan mulai dari 50-100 juta untuk menunjang sejumlah peralatan hingga pemasangan dekor tersebut. 

Modal usaha
Modal usaha

Modal usaha dipersiapkan sebagai bentuk pondasi usaha. Analisa modal tersebut kemudian jadikan sebagai bahan melakukan rencana usaha. Apakah modal tersebut bisa dicek? Umumnya jarang, tapi Kamu bisa menjalin usaha dengan pihak persewaan. 

Lakukan persewaan pada bagian-bagian atau peralatan yang masih belum dimiliki. Jadikan alat sewa untuk memulai usaha. Kumpulkan sedikit keuntungan untuk membeli alat sendiri. Dengan begitu peluang usaha dekorasi bisa mengalami peningkatan. 

2. Siapkan Tim Terlibat

Dalam membangun bisnis dekorasi pernikahan tentu tidak bisa dikerjakan secara sendirian. Kamu harus melibatkan beberapa orang untuk membangun peluang dekorasi yang menguntungkan dan juga dijangkau oleh banyak target pemasaran. 

Tim tersebut bertugas untuk melakukan pemasangan dekorasi pernikahan, membongkar, hingga melakukan perbaikan jika terdapat beberapa bagian yang dirasa kurang. Apakah ada pengkhususan dalam mencari tim yang terlibat? 

Tim ahli
Tim ahli

Umumnya tidak ada pengkhususan dalam mencari tim terlibat, hanya saja mayoritas tim dalam usaha dekorasi pernikahan didominasi pria. Hal ini lantaran pengerjaan cukup berat bahkan tidak jarang tim tersebut harus naik tangga untuk memperbaiki bagian atas. 

3. Harus Punya Kreativitas

Peluang usaha dekorasi akan meningkat jika Kamu mempunyai mindset berfikir yang kreatif. Pasalnya saat ini konsep dekorasi pernikahan cukup beragam dan menarik. Jadi Kamu harus bisa berfikir positif agar tidak kalah saing dengan kompetitor tersebut. 

Pemikiran kreatif disalurkan dalam penyusunan dekorasi pernikahan, kolaborasi warna dan masih banyak lagi. Tahapan ini membantu Kamu dalam melakukan sejumlah hal mulai dari perencanaan konsep hingga pengerjaan orderan dekorasi tersebut. 

Bisnis dekorasi pernikahan juga harus didasarkan pada inovasi baru. Manfaatkan sosial media untuk belajar berbagai hal baru dan menambah kreativitas. Dengan cara ini Kamu bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

4. Siapkan Semua Peralatan

Menurut pengalaman pemilik usaha ajasa sewa dekorasi, hak yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan yaitu peralatan. Apa saja peralatan yang dibutuhkan dalam membangun usaha dekorasi kekinian dan disukai oleh banyak orang?

Peralatan meliputi sejumlah kerangka besi, karpet, bunga segar, kursi satu set, papan, kain dan lain sebagainya. Apa yang terjadi jika semua alat tersebut tidak lengkap? Jika peralatan tidak lengkap maka mau tidak mau Kamu harus melakukan persewaan. 

Perlengkapan dekorasi
Perlengkapan dekorasi 

Dekorasi yang dibangun tanpa alat lengkap menjadikan proses pemasangan kurang berjalan optimal. Ibarat kata, alat-alat pemasangan dekor merupakan dasar usaha. Jika salah satu saja tidak lengkap maka hasil akhir akan kurang optimal. 

5. Tawarkan Sejumlah Model Dekorasi

Terdapat sejumlah model dekorasi yang biasanya diupayakan oleh pemilik bisnis. Kamu harus mampu menawarkan berbagai macam model dan konsep dalam bisnis dekorasi pernikahan. Umumnya penawaran disesuaikan dengan request dan budget dari klien. 

Model dekorasi
Model dekorasi 

Lakukan negosiasi dengan klien untuk menentukan model dekorasi yang akan digunakan. Biasanya mereka akan menyesuaikan dekor dengan jalannya acara. Hal ini tentu membutuhkan koordinasi yang tepat sehingga penyusunan dekor sesuai harapan. 

Cantumkan contoh pemasangan dekor dan perlihatkan pada klien. Tahapan ini membantu klien atau calon pengantin untuk memperkirakan hasil akhir dari proses transaksi. Pastikan untuk melakukan koordinasi jauh-jauh hari sehingga waktu acara dekor telah siap. 

6. Kerja Sama dengan Wedding Organizer

Beberapa pemilik bisnis dekorasi pernikahan memilih untuk menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak seperti wedding organizer. Kerja sama yang dilakukan bertujuan untuk memperluas layanan dekorasi pernikahan agar sesuai harapan. 

Sesuaikan juga dekorasi dengan beberapa indikator acara mulai dari kapasitas tempat hingga hingga lamanya acara. Beberapa pemilik usaha ini banyak yang menyediakan layanan tambahan berupa sewa terop untuk tempat meneduh tamu undangan. 

Kerja sama juga bisa dilakukan dengan penjual bunga segar. Pastikan bunga yang digunakan untuk menghias dekor benar-benar segar. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah kalangan masyarakat terutama milenial. 

7. Buat Portofolio

Agar klien yang order dekorasi pernikahan semakin yakin, Kamu wajib mencantumkan portofolio. Apa itu portofolio? Portofolio adalah hasil pengerjaan dekorasi yang selama ini Kamu upayakan untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan dari klien. 

Bagaimana cara membuat portofolio? Cara membuat portofolio bisa dilakukan dengan mencantumkan foto dekorasi di sosial media ( digital) atau membuat buku khusus. Keberadaan portofolio ini memiliki peran besar dalam keberlangsungan suatu usaha. 

Apa saja peran portofolio? Sebagai bahan pertimbangan sekaligus referensi sejumlah orang. Tidak hanya itu saja, portofolio juga berguna untuk meyakinkan klien agar menggunakan jasa dekorasi yang Kamu sediakan untuk memenuhi kebutuhan pernikahan.

8. Negosiasi Harga

Bagi seorang pemilik bisnis dekorasi pernikahan tentu tidak asing lagi dengan yang namanya negosiasi. Negosiasi merupakan proses penawaran harga hingga mencapai kesepakatan bersama. Proses negosiasi menjadi hal yang umum dalam bisnis. 

Lakukan negosiasi terkait harga dengan mempertimbangkan berbagai hal sehingga menguntungkan kedua belah pihak. Berapa idealnya harga sewa dekorasi pernikahan? Dekorasi mulai dari 7 - 25 juta atau menyesuaikan dengan konsep yang dipilih. 

Negosiasi harga
Negosiasi harga

Biasanya semakin bagus dekorasi pernikahan tersebut maka harga akan meningkat. Upayakan agar harga tersebut menyesuaikan dengan kompetitor. Hindari mematok harga terlalu mahal lantaran bisa membuat jasa dekorasi pernikahan kalah saing. 

9. Promosi

Promosikan dekorasi pernikahan dan rekomendasikan ke teman terdekat. Promosi ini bertujuan untuk menggaet banyak pelanggan. Biasanya jika pelayanan yang Kamu berikan memuaskan maka klien akan merekomendasikan pada orang terdekat mereka. 

Tidak boleh berpacu pada hak tersebut, Kamu juga harus mengoptimalkan promosi dengan membaca sejumlah media. Promosi bisa dilakukan dengan sebar brosur, pengelolaan sosial media hingga pemostingan di sejumlah website besar. 

Cara tersebut dapat membantu Kamu untuk meraih sejumlah keuntungan dari bisnis dekorasi pernikahan. Upayakan agar promosi selalu menyesuaikan trend yang sedang terjadi. Hal ini agar bisnis menyita perhatian publik terutama target marketing. 

Bisnis dekorasi pernikahan bisa Kamu tempuh dengan menerapkan beberapa hal di atas. Pastikan semua persiapan matang sehingga usaha bisa langsung dijalankan. Sejumlah trik dan ilmu bisnis lain bisa dipelajari dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar