Menakjubkan, Ini Keuntungan Investasi Emas yang Jarang Orang Tau!

 

Emas batangan
Emas batangan

CariUang - Dilansir dari sejumlah media sosial dan juga situs terpercaya, penggunaan emas dapat dijadikan sebagai investasi atau tabungan jangka panjang. Pasalnya meskipun harga naik turun benda tersebut akan bermanfaat hingga berpuluh-puluh tahun ke depan.

Table of Contents
 

Ragam Keuntungan Investasi Emas

Sebenarnya keuntungan yang bisa diraih dari emas dapat disesuaikan dengan berat benda tersebut. Hal ini tentu investasi bisa mengalami penurunan harga lantaran berat yang berkurang. Berikut ini sejumlah keuntungan investasi emas jangka panjang:

1. Banyak Pilihan

Emas Sendiri merupakan salah satu bentuk Investasi jangka panjang yang mempunyai bentuk beragam. Ada yang berupa perhiasan, batangan, chip, dan masih banyak lagi. Kamu bisa melakukan pembelian dalam bentuk sesuai dengan keinginan. 

Beberapa masyarakat menjelaskan jika untuk investasi jangka panjang baiknya emas dalam bentuk batangan. Hal ini lantaran penggunaan seperti perhiasan emas mampu mengurangi bobot atau berat dari benda tersebut secara berkala. 

Perhiasan
Perhiasan

" Kalau untuk investasi jangka panjang ya sebaiknya emas batangan. Soalnya kalau digunakan terus-terusan nanti bobotnya bisa kurang. Pas dijual nanti juga mengalami penurunan harga," jelas Yuni salah satu pembeli emas perhiasan di toko Sri cahyo (2/6). 

2. Tahan Inflasi

Salah satu hal yang membuat emas cocok dijadikan sebagai benda investasi jangka panjang yakni tahan Inflasi. Disebut tahan Inflasi lantaran harga benda tersebut bisa saja mengalami peningkatan secara drastis seiring naiknya biaya hidup. 

Hampir semua wilayah Indonesia pasti memiliki harga emas tidak jauh berbeda. Hal ini menjadi bukti bahwa emas merupakan benda yang tahan terhadap inflasi. Bahkan ketika musim keceplik akibat adanya kemarau panjang harga emas tetap stabil. 

Hal inilah yang menjadikan orang-orang zaman dulu memilih melakukan investasi dengan menggunakan emas. Padahal zaman dulu toko emas masih bersifat sangat terbatas. Sekarang muda bagi masyarakat untuk menjumpainya. 

3. Harga Cenderung Naik

Berdasarkan pendapat sejumlah masyarakat di Indonesia, penjualan emas dalam waktu dekat berpotensi mengalami harga sama atau bahkan penurunan. Hal ini tidak berlaku jika penjualan emas dilakukan beberapa tahun kedepannya. 

Fakta tersebut menjadi salah satu bukti bahwa emas cocok dijadikan sebagai bahan Investasi namun panjang. Jika dijadikan sebagai benda investasi jangka pendek kurang cocok. Misal harga emas 0,5 gram 550 dalam bulan Juni 2024. 

Grafik kenaikan emas setiap tahunnya
Grafik kenaikan emas setiap tahunnya 

Ketika 10 tahun lagi dijual berpotensi mengalami kenaikan hingga Rp 2.000.000 per gram. Tentu hal tersebut banyak memberikan keuntungan bagi pembeli. Itulah mengapa banyak ahli yang menuturkan bahwa emas cocoknya dijadikan sebagai benda investasi jangka panjang. 

4. Tidak Butuh Modal Banyak

Untuk berinvestasi emas tidak butuh modal yang cukup banyak. Bahkan modal yang perlu dikeluarkan mulai dari Rp 500.000. Masyarakat bisa mendapatkan emas dengan bibit tertentu setelah mengeluarkan uang senilai Rp 500.000. 

Nantinya modal yang dikeluarkan bisa ditambahi jika mempunyai uang lebih. Metode investasi ini telah diterapkan oleh hampir semua orang terutama yang ingin memiliki tabungan jangka panjang. Beberapa dari orang tua banyak yang memilih beli perhiasan untuk anak.

Perhitungan modal
Perhitungan modal

Hal ini dilakukan dengan tujuan sebagai bentuk pemenuhan tabungan di kecil jika terdapat keperluan sewaktu-waktu. Dengan begitu emas bisa dimanfaatkan kapanpun dan dimanapun lengkap bersama surat-suratnya. 

Hingga berita ini dimuat harga emas naik batangan maupun Antam masih mengalami kenaikan dna penurunan. Menjelang momen tertentu seperti hari raya idul Fitri hingga kurban harga emas diketahui meningkat drastis. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar