Cara Bikin Brand Fashion Sendiri yang Terkenal dan Menjanjikan

Fashion
Fashion

CariUang - Hampir semua produk pasti terikat dengan brand atau merk dagang. Hal ini membuat sejumlah pelaku usaha wajib mempersiapkan brand memikat sehingga tidak kalah saing dengan kompetitor. Cara bikin brand fashion sendiri sebenarnya tergolong gampang-gampang susah.

Table of Contents
 

Ragam Cara Bikin Brand Fashion Sendiri

Menurut pendapat sejumlah orang yang telah ahli dalam wirausaha, membuat brand sebaiknya dilakukan dengan penuh pertimbangan. Hal ini bertujuan agar kedepannya tidak menimbulkan permasalahan. Berikut ini cara bikin brand fashion pribadi:

1.Kenali Produk yang ditawarkan

Fashion terdiri dari berbagai macam jenis bisa berupa pakaian, celana, hijab, Hoodie dan lain sebagainya. Pastikan agar nama brand berkaitan erat dengan produk yang ditawarkan. Apa yang terjadi jika nama brand tidak sesuai dengan produk yang ditawarkan?

Tentu kurang memikat minat banyak orang. Cara memulai brand sendiri biasanya didasarkan pada tahapan ini. Misal menawarkan Hoodie atau semua produk Kamu bisa mengambil nama yang ikonik. Apakah brand harus ada unsur produk yang ditawarkan?

Tidak, nama brand tidak harus ada unsur yang berkaitan dengan nama produk. Kamu bisa membuat brand yang berkaitan dengan nama pribadi, gabungan, dan lain sebagainya. Sebagai contoh brand deliwafa berkaitan dengan nama Delta dan Tomliwafa.

2. Buat Logo

Cara membuat brand sendiri harus dilengkapi dengan logo ikonik. Apa yang dimaksud dengan logo? Menurut pendapat ku logo merupakan gambar yang dijadikan sebagai ikon merk dagang. Logo berisi gambar dan kalimat pendukung ( bersifat opsional). 

Logo
Logo

Kamu bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi desain seperti Canva, PicsArt, hingga Photoshop untuk menciptakan logo unggulan. Dibutuhkan keahlian di bidang desain grafis untuk menciptakan logo sendiri. 

Pastikan agar cara membuat brand sendiri ini tidak terlewatkan sama sekali. Pasalnya logo menjadi indikator yang cukup penting dalam merk dagang. Tanpa logo yang ikonik suatu brand akan kesulitan berkembang secara optimal. 

3. Pastikan Brand Tidak ada yang Menyamai

Setelah membuat brand dan logo usaha, langkah berikutnya memastikan bahwa dua indikator tersebut belum dimiliki oleh orang lain. Bagaian cara memastikan brand dan logo usaha belum dimiliki oleh orang lain atau kompetitor?

Lakukan pencarian di internet ataupun pengajuan izin terkait merk dagang. Dengan cara itu Kamu bisa mengetahui brand dan logo usaha sudah digunakan oleh orang lain atau belum. Apa yang terjadi jika brand dan logo usaha sama dengan kompetitor?

Hal tersebut akan menimbulkan permasalahan baru bahkan berpotensi mendatangkan pidana ( dari segi hukum). Beberapa pengusaha sudah banyak yang membuktikan poin satu ini.

4. Urus Izin Merk Dagang

Setelah membuat merk dan juga logo brand yang diinginkan, langkah berikutnya yaitu mengurus izin. Izin ini berkaitan dengan pendirian usaha sehingga kedepannya tidak menimbulkan permasalahan atau kontroversi bersama pihak manapun. 

Kamu juga wajib mendaftarkan merk tersebut sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Untuk apa merk atau brand fashion harus didaftarkan? Agar kedepannya tidak digunakan oleh orang lain ( tidak berdasarkan kerja sama ataupun kesepakatan).

Izin dagang
Izin dagang

Untuk mengurus perizinan ini biasanya Kamu diharuskan mempersiapkan sejumlah dokumen. Pastikan semua persyaratan yang ditetapkan Kamu penuhi dengan baik sehingga proses ini berjalan lancar sesuai harapan awal.

Cara bikin brand fashion sendiri akan optimal jika tahapan tersebut berhasil Kamu terapkan. Pastikan brand yang dibuat menyesuaikan dengan jenis produk. Info seputar bisnis bisa didapatkan dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar