Ternak Ayam Kampung Modal Minim untung Tak Tertandingi

Ayam kampung
Ayam kampung

 CariUang - Ayam Kampung merupakan salah satu jenis hewan ternak paling banyak dibutuhkan. Cara budidaya hewan ternak tersebut cukup gampang lantaran bisa memanfaatkan halaman belakang rumah. Namun ternak ayam kampung di rumah harus mengutamakan kebersihan.

Table of Contents
 

Ara Ternak Ayam Kampung di Rumah

Budidaya ayam Kampung harus membutuhkan sejumlah persiapan mulai dari perencanaan modal hingga pengembangan. Hal ini bertujuan agar kedepannya budidaya ayam kampung memberikan keuntungan. Berikut ini cara ternak ayam kampung di rumah:

1. Mempersiapkan Modal

Dalam mengupayakan budidaya ayam kampung diperlukan modal usaha. Untuk apa modal ternak ayam kampung? Modal ternak ayam kampung digunakan untuk melakukan pembelian sejumlah keperluan mulai dari bibit, alat, hingga pakan. 

Modal ternak ayam kampung idealnya berapa? Menurut pendapat sejumlah peternak yang telah berpengalaman, modal tersebut berkisaran 10-25 juta. Namun hal tersebut bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing peternakan. 

Persiapan modal
Persiapan modal

Dalam mempersiapkan modal usaha, Ka.u harus mempertimbangkan berbagai macam hal salah satunya pengendali. Hindari menggunakan modal untuk melakukan hal-hal tidak penting lantaran bisa memicu pemborosan secara berkala. 

2. Penyiapan Lokasi

Setelah modal siap, Kamu harus segera memikirkan lokasi untuk kebutuhan budidaya. Sebaiknya lokasi dibuat agak jauh dari pemukiman warga. Namun jika terpaksa pembuatan lokasi di belakang rumah pastikan Kamu menyiapkan tempat untuk penyiapan limbah. 

Dimana lokasi yang tepat untuk menyimpan limbah? Kamu bisa menempatkan limbah tersebut pada karung dan mengalahkan menjadi pupuk kompos. Pastikan lokasi tersebut senantiasa bersih sehingga bau kotoran ayam tidak menyebar.

Lokasi di belakang rumah
Lokasi di belakang rumah 

Lokasi di belakang rumah hendaknya harus dibuat rapat sehingga ayam tidak bisa keluar dari area peternakan. Hal ini memang membutuhkan pengawasan namun akan sebanding dengan keuntungan yang bisa Kamu dapatkan beberapa waktu ke depan. 

3. Buat Kandang

Cara ternak ayam kampung berikutnya setelah lokasi siap yakni pembuatan kandang. Baiknya pembuatan kandang dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai macam hal mulai dari ukuran, kapasitas, hingga bahan pembuatan. 

Pembuatan kandang ternak ayam rumahan idealnya dari apa? Kandang ternak ayam rumahan idealnya terbuat dari bambu dan kayu. Kamu bisa membuat kandang ternak ayam tersebut dengan memperhatikan berbagai macam hal terutama ketahanan. 

Pembuatan kandang
Pembuatan kandang

Berapa ukuran kandang ternak ayam rumahan? Ukuran kandang ternak ayam rumahan menyesuaikan jumlah ayam yang akan dipelihara. Pastikan untuk menyendirikan kandang antara anak-anak dan dewasa. Hal ini mencegah terjadinya tarung. 

4. Persiapan Alat-alat 

Dalam membudidayakan ayam kampung diperlukan juga sejumlah peralatan untuk menunjang usaha tersebut. Alat-alat apa saja yang perlu dipersiapkan? Alat-alat yang perlu dipersiapkan meliputi alat makan, alat minum, sekrup, karung dan lain sebagainya. 

Pastikan pembelian dilakukan dengan memperhatikan kualitas sehingga daya tahan lama. Jika pembelian dilakukan tanpa memperhatikan kualitas tentu hal tersebut akan memicu pemborosan dalam jangka lama ataupun terdekat. 

Tidak hanya peralatan saja yang harus diupayakan, Kamu juga harus memenuhi standar penggunaanya. Pemenuhan standar penggunaan alat menjadikan upaya budidaya yang dilakukan lebih efektif dan modal cenderung bisa dikendalikan secara mudah. 

5. Pencarian Bibit

Tahapan yang tidak kalah penting dalam mengupayakan ternak ayam kampung yakni pencarian bibit. Dimana Aku bisa mencari bibit ayam kampung? Menurut pengalaman ku pribadi, pencarian bibit ayam kampung bisa dilakukan di pasar khusus hewan. 

Lakukan pembelian dengan memperhatikan berbagai macam hal terutama kualitas. Bagaimana ciri bibit yang berkualitas? Menurut pengalaman dari sejumlah peternak berpengalaman, ciri bibit berkualitas memiliki bentuk sempurna dan pergerakan lincah. 

Bibit ayam kampung
Bibit ayam kampung

Apakah ada syarat tertentu dalam membeli bibit ayam kampung? Kamu wajib membeli dalam jumlah seimbang antara jantan dan betina. Hal ini tentu perlu dilakukan untuk mempermudah proses perkembangbiakan hewan ternak tersebut. 

6. Pemberian Pakan dan Minum

Agar ternak ayam kampung bisa meningkat drastis, penting bagi Kamu untuk memberikan pakan sesuai kebutuhan. Pakan apa yang bisa diberikan? Kamu bisa memberi katul ( olahan sekam padi), nasi, dan juga weat food khusus ayam. 

Pastikan pemberian pakan dilakukan secara teratur agar pertumbuhan ayam bisa optimal. Berapa kali optimalnya pemberian pakan pada ternak ayam kampung? Menurut pengalaman ku pribadi, pemberian pakan baiknya dilakukan dua kali sehari. 

Pemberian pakan
Pemberian pakan

Jangan lupa juga untuk memberi minum secara teratur. Apa minum untuk ayam kampung? Minum bisa berupa air putih biasa atau dengan mencampurkan dengan minum buatan pabrik. Hal ini menjadi salah satu syarat pertumbuhan ayam kampung yang optimal.  

7. Pembersihan Kandang

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, dalam upaya budidaya ayam kampung diperlukan kebersihan optimal. Pasalnya jika Kamu tidak melakukan pembersihan secara teratur mampu memicu pencemaran lingkungan sekitar. 

Kebersihan kandang dapat dilakukan dengan menyapu area sekitar dengan menggunakan sapu lidi dan menyiram menggunakan air. Pastikan agar area budidaya tersebut benar-benar bersih sehingga ayam juga lebih leluasa untuk berkembang. 

Saat mengupayakan kebersihan pastikan limbah tidak dibuang secara sembarangan. Kumpulkan limbah menjadi satu kemudian olah menjadi pupuk kompos. Cara ini tergolong jauh lebih efektif dan menguntungkan dalam jangka waktu panjang. 

8. Pembuatan Tarangan

Memasuki ayam usia dewasa tentu akan melakukan perkawinan. Hal ini membuat Kamu harus mampu menyiapkan tempat untuk ayam betina agar bisa bertelur. Bagaimana cara membuat Tarangan ayam untuk menunjang proses bertelur?

Kamu bisa memaafkan keberadaan kardus dan jerami untuk menunjang kebutuhan ayam bertelur. Pastikan agar Tarangan tersebut dibuat dengan seksama sehingga kedepannya proses bertelur pada ayam betina tersebut dapat berjalan dengan lancar. 

Pembuatan tarangan
Pembuatan tarangan

Biasanya pasca bertelur ayam juga membutuhkan tempat khusus untuk meletakkan anak-anaknya. Kamu wajib menyiapkan tempat khusus serta lampu berukuran sedang. Hal ini bertujuan untuk mengupayakan kehangatan pada anak-anak ayam. 

9. Pengendalian Virus

Dalam ternak ayam kampung skala besar diperlukan pengendalian khusus. Bagaimana cara mengendalikan virus tersebut? Rutin melakukan pengecekan pada setiap kandang dengan seksama. Pisahkan bibit yang sekiranya terdapat masalah kesehatan. 

Bagaimana ciri hewan yang mengalami masalah kesehatan? Tidak aktif bergerak, mata sayu, dan lebih suka duduk. Berikan vitamin pada hewan ternak dengan ciri-ciri tersebut. Pastikan juga agar hewan lain mendapat vitamin sendiri sehingga pertahanan tubuh optimal. 

Menjelang musim pancaroba memang banyak hama atau virus yang menjangkit ayam kampung. Hal ini tentu merugikan usaha jika tidak dikendalikan begitu saja. Pastikan Kamu senantiasa mempertimbangkan semua hal terkait usaha sehingga bisnis lancar. 

Cara budidaya ternak ayam kampung memang membutuhkan ketelatenan dan keahlian di bidang peternakan. Kamu wajib update skill terkait dengan bidang pertanian salah satunya melalui perbanyak referensi dari artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar