Cara Budidaya Cabe Merah, Usaha Makin Berkah

 

Cabe merah besar
Cabe merah besar 

CariUang - Cara budidaya cabe merah banyak ditempuh oleh sejumlah petani. Usaha satu ini memang seringkali mengalami kenaikan dan penurunan harga secara signifikan. Hal ini tentu membuat petani harus berfikir ekstra.

Table of Contents
 

Tata Cara Budidaya Cabe Merah 

Budidaya tanaman cabe umumnya membutuhkan sejumlah persiapan mulai dari lahan, bibit, hingga modal. Semua hal tersebut harus dipersiapkan sebelum budidaya tanaman cabe dilakukan. Berikut ini cara budidaya cabe merah:

1. Mempersiapkan Media Tanam Sementara

Langkah pertama yang bisa Kamu tempuh dalam usaha budidaya tanaman cabe yakni menyiapkan media sementara. Media sementara bisa berupa polibag, plastik, bekas ember, bekas gayung dan masih banyak lagi. 

Cari tanah yang subur untuk mengupayakan media tanam maksimal. Campur tanah tersebut menggunakan pupuk kandang sehingga pembibitan nanti memberikan hasil optimal sesuai dengan harapan petani sejak awal.

Media tanam
Media tanam 

Menurut pendapat beberapa petani, baiknya persiapan media tanam memanfaatkan plastik atau polibag saja. Hal ini lantaran mempermudah pemindahan calon bibit dari cabe merah ke lahan pertanian. 

2. Perhitungkan Modal

Dalam memulai usaha pertanian berupa budidaya tentu dibutuhkan modal. Berapa modal yang diperlukan untuk memulai budidaya cabe merah? Modal yang dibutuhkan mulai dari 15-20 juta ( jika lahan pertanian sudah punya sendiri)

Bagaimana jika belum punya lahan sendiri? Kamu bisa melaju persewaan dengan tarif tertentu. Sisihkan keuntungan dari usaha cabe tersebut untuk membeli lahan pertanian sehingga kedepannya bisnis lebih menguntungkan. 

Untuk apa modal perlu dipersiapkan? Dalam menerapkan cara budidaya cabe merah, modal digunakan untuk melakukan pembelian bibit, pupuk, sejumlah peralatan hingga operasional usaha hingga masa panen tiba. 

3. Persiapan Bibit

Cara budidaya cabe merah keberhasilannya tergantung dengan bibit. Jadi bisa dipastikan bahwa budidaya akan berhasil jika bibit tersebut mampu tumbuh. Bagaimana cara membuat bibit cabe merah pertama kali?

Lakukan pembelian cabe merah secara kiloan di pasar atau petani langsung. Ambil biji dari cabe tersebut hingga habis secara keseluruhan. Jemur biji cabe tersebut hingga kering setidaknya 1-2 hari. Kamu bisa menjemur cabe tersebut di bawah sinar matahari. 

Bibit cabe merah besar
Bibit cabe merah besar

Pastikan bibit yang diambil dari cabe berkualitas. Simpan beberapa saat ( 1-2 Minggu). Sebar bibit tersebut pada media tanam yang tadi telah dipersiapkan. Tunggu bibit tersebut tumbuh, jangan lupa melakukan perawatan agar tahapan ini cepat. 

4. Siapkan Lahan Pertanian

Sembari menunggu pertumbuhan bibit, biasanya petani melakukan persiapan lahan. Cara budidaya cabe merah sangat dipengaruhi oleh tahapan ini. Pastikan jarak tanam cabe merah besar tepat. Jika jarak tidak dipertimbangkan maka pengelolaan cenderung sulit. 

Berapa idealnya jarak tanam cabe merah besar? 60 cm × 70 cm. Pastikan jarak tanam cabe merah tersebut dipenuhi agar pertumbuhan optimal. Gemburkan tanah menggunakan cangkul dan sisihkan sejumlah hama. 

Persiapan lahan pertanian
Persiapan lahan pertanian

Menurut pengalaman ku, penting juga menyisihkan batu dan kayu. Campur tanah tersebut dengan pupuk kandang sehingga pertumbuhan cabe merah semakin subur dan hasil panen bisa melimpah ruah sesuai harapan budidaya. 

5. Pemindahan Bibit

Setelah lahan selesai dipersiapkan maka tahapan selanjutnya yaitu membiarkan selama 1-2 Minggu. Untuk apa lahan perlu didiamkan? Agar bakteri dan kuman yang menempel pada tanah bisa mati sendirinya. Biasanya petani juga turut menyisihkan sejumlah batu dan kayu yang menghambat proses penggemburan tanah. 

Pastikan pemindahan budidaya tanaman cabe dilakukan secara perlahan. Biasanya sejumlah petani memilih melakukan pemindahan budidaya tanaman cabe beserta dengan media tanamnya ( jika plastik atau polibag).

Tujuan utama penanaman beserta dengan bibitnya yakni agar akar tidak terputus. Akar yang terputus mampu menyebabkan bibit tersebut mati. Pindah secara berkala hingga semua bibit selesai ditanam. Hindari memindah saat usia bibit sudah terlalu tua. 

6. Penyeleksian

Budidaya tanaman cabe juga memerlukan tahapan penyeleksian. Tahapan penyeleksian diperlukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa bibit yang ditanam dan dipindahkan sudah terbukti kualitasnya. 

Bagaimana cara menempuh tahapan ini? Menurut pengalaman ku pribadi, proses penyeleksian dapat ditempuh dengan memperhatikan pertumbuhan tanaman cabe. Tanaman yang tumbuhnya lambat bisa jadi kurang berkualitas. 

Ganti bibit yang kurang berkualitas tersebut dengan yang bagus. Tahapan ini wajib ditempuh bagi Kamu yang menginginkan hasil budidaya melimpah ruah. Pastikan melakukan pemahaman seputar ilmu pertanian agar tahapan ini tepat sasaran. 

7. Pemupukan

Cara budidaya cabe merah akan optimal dan hasil panen melimpah jika Kamu rutin melakukan pemupukan. Pemupukan ini baiknya dilakukan setiap 2-3 bulan sekali dengan memanfaatkan keberadaan pupuk kandang. 

Pemupukan cabe
Pemupukan cabe

Sejumlah petani memilih memupuk pestisida dengan jarak waktu cukup jauh. Namun perlu diperhatikan bahwa pemupukan menggunakan pestisida memberikan efek kurang baik bagi tumbuhan itu sendiri dan lingkungan. Bahkan parahnya pemupukan pakai pestisida memicu kematian pada tumbuhan. 

Oleh sebab itu penting bagi Kamu untuk mempertimbangkan penggunaan pestisida. Sebaiknya gunakan pupuk kandang yang sudah jelas manfaatnya. Pemakaian jangka panjang tidak memberikan efek buru bagi lingkungan ataupun tumbuhan itu sendiri. 

8. Pembasmian Hama 

Penting juga bagi petani cabe untuk melakukan pembasmian hama. Bagaimana cara mengendalikan hama pada tanaman cabe? Pengendalian hama bisa dilakukan dengan penyemprotan air. Kamu juga bisa pakai sabun cuci untuk mengatasi serangan hama. 

Pembasmian hama
Pembasmian hama

Semprotkan campuran air dan sabun tersebut pada tanaman cabe secara berkala. Pastikan agar semua tanaman terkena campuran bahan tersebut. Cabut pohon yang mati akibat serangan hama ataupun penyakit tumbuhan. 

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan hama atau penyakit antar tumbuhan. Pembasmian hama yang tepat biasanya membuat hasil panen melimpah. Tidak hanya itu saja, pertumbuhan dari tanaman cabe juga akan cepat. 

9. Proses Panen

Langkah yang dinantikan oleh hampir seluruh petani yaitu panen. Keberhasilan tahapan ini tergantung dengan langkah-langkah sebelumnya. Jadi pastikan bahwa tahapan sebelumnya diterapkan dengan baik sehingga proses panen berjalan lancar sesuai harapan budidaya

Cabe akan dipanen setelah warna berubah menjadi merah atau masih hijau. Pastikan cabe yang dipetik atau dipanen sudah cukup umur. Cabe yang cukup umur cenderung bewarna hijau tua dan dipetik sangat mudah ( bisa menggunakan tangan atau tanpa gunting). 

Hasil panen cabe
Hasil panen cabe

Kumpulkan hasil panen tersebut kemudian jual di pasar atau pedagang sayur. Hasil panen yang melimpah biasanya membuat sejumlah petani memilih untuk membudidayakan kembali. Berhasil tidaknya panen tergantung dengan proses tanam atau budidaya. 

Cara budidaya cabe merah bisa diupayakan dengan mengikuti pedoman tersebut. Kamu harus punya modal dan pemahaman di bidang pertanian. Ilmu seputar bisnis dan pertanian bisa dipelajari dengan membaca artikel lain di website Kam

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar