Ragam Usaha Pinggir Jalan Modal Kecil, Cobain Biar Dompet Anti Menggigil

Penjual pinggir jalan
Penjual di pinggir jalan 

CariUang - Terkadang terdapat beberapa faktor yang menyebabkan penjual tidak bisa memiliki lapak usaha sendiri lantaran terkendala modal. Hal itu sebenarnya bukanlah permasalahan besar. Kamu tetap bisa membuat bisnis dengan menerapkan usaha pinggir jalan modal kecil.

Table of Contents
 

Apa saja Usaha Pinggir Jalan Modal Kecil?

Usaha pinggir jalan raya dapat ditempuh dengan menawarkan barang ataupun jasa. Biasanya usaha pinggir jalan raya ini memiliki target marketing berupa pengguna fasilitas tersebut. Berikut ini sejumlah usaha pinggir jalan modal kecil yang bisa diterapkan:

1. Sol Sepatu

Walaupun hampir ditemukan lagi, salah satu bentuk usaha pinggir jalan raya bisa ditempuh dengan menyediakan jasa sol sepatu. Jasa ini biasanya dilakukan dengan menawarkan layanan perbaikan kecil ataupun menyemir sepatu hingga tampilan bagus kembali. 

Kamu hanya membutuhkan modal berupa kotak kecil, wadah dan juga semir sepatu. Pastikan agar menggunakan semir sepatu yang berkualitas sehingga kedepannya hasil layanan memuaskan pelanggan. Berapa modal yang dibutuhkan untuk semir sepatu? 

Modal yang dibutuhkan mulai dari Rp 200.000 - Rp 500.000. Modal tersebut akan digunakan untuk membeli semir dan juga wadah. Buat usaha pinggir jalan besar yang berpotensi mendapatkan lirikan dari pengguna fasilitas umum tersebut. 

2. Jualan Bensin Ecer

Dalam beberapa kasus, banyak sekali pemilik usaha pinggir jalan besar yang memilih untuk menyediakan berbagai macam jenis bensin. Tentu penjualan produk ini membutuhkan skala modal dan lapak kecil sehingga bisa menjangkau target. 

Buat lapak khusus untuk menjajakan bensin ecer kemudian kemas bahan bakar tersebut menggunakan botol kaca. Umumnya modal yang digunakan mulai dari Rp 500.000 - Rp 2.000.000. Untuk apa persiapan modal tersebut harus dilakukan?

Jualan bensin
Jualan bensin

Persiapan modal dilakukan dengan tujuan untuk membeli berbagai macam perlengkapan mulai dari botol, lapak, hingga bahan bakar yang akan dijual. Pastikan menyediakan botol lebih dari 10 agar jualan bisa dilakukan dengan prospek menengah. 

3. Tambal Ban

Jasa tambal ban di pinggir jalan menjadi salah satu bentuk usaha paling banyak ditemukan hingga sekarang. Usaha pinggir jalan modal kecil ini hanya membutuhkan keahlian di bidang otomotif dan memiliki kemampuan dapat mengatasi sebuah permasalahan. 

Terdapat sejumlah peralatan yang digunakan dalam menempuh usaha ini mulai dari pompa, alat penambal ban, dan masih banyak lagi. Semua alat tersebut wajib disediakan sejak awal sehingga proses penambalan bisa dilakukan dengan cepat. 

Ganti ban
Ganti ban

Siapa target marketing dari usaha pinggir jalan besar ini? Target marketing usaha pinggir jalan modal kecil ini adalah pengguna fasilitas umum tersebut baik motor ataupun mobil. Buat lapak yang teduh dengan menyewa ruko atau stand tenda. 

4. Jasa Tukar Uang

Menjelang hari raya idul Fitri banyak sekali jasa penukaran uang yang memenuhi pinggir jalan. Sebenarnya usaha satu ini ditempuh dengan tujuan agar masyarakat bisa menukarkan uang ratusan ribu menjadi pecahan mulai dari Rp 5.000 - Rp 20.000. 

Buat stand sendiri lantaran usaha ini bisa dikatakan hanya musiman. Omset jualan di pinggir jalan dengan menawarkan penukaran uang bisa menjadikan Kamu kaya mendadak. Tentu hal ini akan berlaku jika strategi bisnis yang diambil berhasil. 

Menurut pendapat dari salah satu pemilik jasa penukaran uang, usaha pinggir jalan modal kecil ini mendapatkan keuntungan dari biaya administrasi. Jadi pastikan Kamu riset terlebih dahulu agar jasa yang ditawarkan tetap memberikan keuntungan. 

5. Jualan Pulsa dan Aksesoris Hp

Omset jualan di pinggir jalan bisa mendadak meningkat jika Kamu juga mampu menyediakan produk populer. Salah satu produk yang populer dan kerap melakukan perubahan yakni aksesoris ataupun hal-hal berbau dengan penampilan hp. 

Sediakan berbagai macam aksesoris hp mulai dari case, charger dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menawarkan berbagai macam jenis paket data dari kartu tertentu. Produk ini begitu diminati lantaran hampir semua orang pasti menggunakan hp. 

Sediakan juga berbagai macam kartu perdana yang bisa menjadikan proses meraih keuntungan bisa berjalan optimal. Cara ini diterapkan oleh hampir semua kalangan masyarakat. Jadi pastikan agar Kamu mempertimbangkan usaha ini agar tidak kalah saing. 

6. Jualan Buah-buahan

Usaha pinggir jalan modal kecil dapat juga ditempuh dengan menyediakan berbagai macam buah-buahan. Buah-buahan yang ditawarkan biasanya bersifat musiman ataupun bisa buah biasa dimana ketersediannya selalu ada sepanjang masa. 

Untuk berjualan buah-buahan, Kamu hanya perlu menyiapkan lapak dan modal. Modal tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli buah-buahan dari grosir. Kamu bisa menjual satu jenis buah atau beraneka ragam tergantung dengan modal yang dimiliki. 

Jualan buah-buahan
Jualan buah-buahan 

Apa saja buah yang bisa dijual? Buah yang biasa ditawarkan mulai dari rambutan, durian, jeruk, kelapa, semangka, anggur dan lain sebagainya. Dalam menyediakan berbagai buah, Kamu bisa menjalin kerja sama dengan sejumlah petani sehingga harga murah. 

7. Jualan Mainan Anak

Omzet jualan di pinggir jalan.bisa optimal jika Kamu menawarkan berbagai macam mainan anak. Kamu bisa berjualan dengan membuat stan,keliling, ataupun menyewa ruko. Sangat disarankan untuk membuat lapak sendiri lantaran menghemat modal. 

Mainan anak yang disediakan bisa berbagai macam. Tidak jarang juga pemilik usaha pinggir jalan hanya menawarkan beberapa produk lantaran agar memudahkan berpindah dari lokasi satu ke lainnya ( jika penjualan dilakukan dengan cara keliling). 

Beberapa produk yang biasa dijual bisa berupa balon, gelembung sabun, dan masih banyak lagi. Sediakan mainan yang menarik sehingga kedepannya omset bisa stabil sesuai harapan usaha. Pastikan menetapkan harga jual murah lantaran target penjualan umum. 

8.Jualan Makanan

Namanya pengguna jalan pasti sering merasa lapar terlebih jika terjebak macet panjang. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai salah satu bentuk membangun usaha UMKM dengan menawarkan berbagai macam produk makanan atau kuliner. 

Produk makanan yang disediakan bisa berupa ringan atau berat. Kamu bisa menyediakan bakso, sate, bubur, nasi goreng, martabak, berbagai macam gorengan dan lain sebagainya. UMKM tersebut seringkali menjadi alternatif pilihan pengguna jalan. 

Sate ayam
Sate ayam

Pastikan agar memprioritaskan kebersihan meskipun jualan di pinggir jalan. Makanan yang akan disediakan cenderung akan disukai oleh banyak orang jika memiliki cita rasa lezat. Riset pasar untuk mengetahui produk makanan yang disukai oleh banyak orang. 

9. Buka Angkringan

Menurut pengalaman ku pribadi, banyak sekali pelaku UMKM yang membuka angkringan di pinggir jalan. Mereka tentu menawarkan berbagai macam produk mulai dari makanan hingga minuman dengan harga cukup terjangkau semua kalangan. 

Dalam mendirikan usaha ini, Kamu hanya perlu membuat lapak kecil dan lesehan. Sediakan berbagai macam menu seperti kopi, teh, nasi, gorengan, dan berbagai macam makanan ringan. Usaha ini membutuhkan kisaran biaya atau modal berapa?

Menu angkringan
Menu angkringan

Modal atau dana yang dibutuhkan mulai dari Rp 1 - 2 juta. Namun modal tersebut bisa dicicil seiring berjalannya waktu. Pastikan agar usaha yang didirikan memiliki izin sehingga tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan

Itulah ide usaha pinggir jalan modal kecil yang bisa diterapkan untuk mendapat keuntungan. Pastikan agar riset sejak awal sehingga keuntungan yang didapatkan bisa optimal. Panduan mengenai bisnis bisa diperluas dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar