Lagi Viral, Ini Trik Menjalankan Jualan Nasi Cokot

 

Nasi cokot
Nasi cokot

CariUang - Baru-baru ini jagad maya dihebohkan dengan usaha berupa jualan nasi cokot. Usaha satu ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan ataupun bisnis tambahan. Modal yang digunakan untuk produksi nasi cokot juga tidak begitu banyak.

Table of Contents
 

Trik Jualan Nasi Cokot yang Benar

Nasi cokot viral lantaran praktis dalam membuatnya dan memudahkan pengonsumsian. Tidak hanya itu saja, nasi cokot viral lantaran mudah dijangkau oleh orang-orang. Berikut ini trik menjalankan usaha berupa jualan nasi cokot yang viral di sosial media:

1. Mempertimbangkan Modal

Meskipun nasi cokot viral lantaran praktis dan kudah dibuat, Kamu tetap harus mempertimbangkan modal. Bisa dikatakan bahwa modal merupakan dasar bisnis yang harus diupayakan agar penjualan bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. 

Ilustrasi modal
Ilustrasi modal


Modal usaha nasi cokot berapa? Menurut pendapat dari tetanggaku yang kebetulan jualan nasi cokot, modal usaha yang dibutuhkan sekitar Rp 300.000 -Rp 500.000. Modal usaha nasi cokot tersebut berlaku untuk pemula yang masih mencoba menekuni bisnis. 

Modal tersebut digunakan untuk melakukan pembelian bahan baku, alat, hingga pemasaran hasil produksi. Pastikan melakukan pertimbangan secara matang agar usaha penjualan bisa berjalan lancar dan segera membalikkan modal yang digunakan.

2. Tetapkan Target Penjualan

Dalam memulai jualan nasi cokot harus diketahui terlebih dahulu siapa target marketing yang dituju. Jadi sebenarnya siapa sih target marketing nasi cokot? Target marketing nasi cokot adalah masyarakat secara luas yang mencari nasi dalam kondisi genting dan buru-buru. 

Target penjualan nasi cokot bisa berupa anak sekolah
Target penjualan nasi cokot bisa berupa anak sekolah


Tidak hanya itu saja, target marketing juga bisa berupa anak-anak sekolah. Biasanya mereka yang memiliki uang saku terbatas akan mencari hidangan pengganjal perut. Hal itu bisa Kamu manfaatkan sebagai alternatif untuk menjual nasi cokot di kantin sekolah. 

Penjualan dengan menyesuaikan target juga bisa ditempuh melalui penitipan di toko ataupun warung. Lakukan penjualan di tempat yang berpotensi didatangi banyak orang. Dengan begitu penjualan nasi cokot akan cepat habis dan keuntungan bisa segera didapatkan. 

3..Menentukan Metode Berjualan

Setelah mengetahui modal yang digunakan, penting juga bagi Kamu mempertimbangkan metode jualan. Metode jualan seperti apa yang paling banyak ditempuh oleh orang-orang? Metode jualan dilakukan dengan membuka stand franchise. 

Penjualan bisa dititipkan di kantin
Penjualan bisa dititipkan di kantin


Tidak hanya itu saja, banyak masyarakat yang menjual nasi cokot dengan membuka open order terlebih dahulu. Jadi proses produksi hanya dilakukan ketika ada pesanan yang masuk. Bagaimana jika tidak ada pesanan yang masuk? 

Jika tidak ada pesanan yang masuk maka proses produksi tidak bisa berjalan sehingga kurang menguntungkan. Kamu bisa menitipkan nasi cokot ke warung-warung ataupun toko yang setiap hari mendapatkan kunjungan. Berikan sedikit keuntungan bagi pihak yang dititipi. 

4. Ciptakan Merk Sendiri

Dalam menjalankan bisnis jualan nasi cokot baiknya Kamu menyiapkan brand tersendiri. Tujuan membuat brand yakni agar produk Kamu mudah dikenal dan mendapatkan ruang di hati banyak orang terutama target penjualan nasi cokot. 

Bagaimana jika usaha yang dijalankan memiliki modal franchise? Jika menjalankan usaha dengan modek franchise, Kamu tidak perlu menyiapkan brand. Biasanya brand terkait sudah melengkapi alat pertama yang memuat identitas mereka. 

Beberapa brand nasi cokot ternama juga mencantumkan logo mereka dalam gerobak jualan. Cara franchise sebenarnya cukup menguntungkan mengingat brand mereka sudah terkenal. Jadi bukan hal susah untuk menjangkau pelanggan setia. 

5. Siapkan Bahan Baku

Setelah semua hal untuk usaha dipersiapkan, penting bagi Kamu untuk memikirkan bahan nasi cokot. Apa saja bahan nasi cokot? Bahan nasi cokot meliputi beras, daging, sejumlah bumbu, dan masih banyak lagi ( menyesuaikan isian nasi cokot). 

Pembelian bahan baku bisa dilakukan di pasar atau pusat perbelanjaan. Sangat disarankan di pasar lantaran harga beli jauh lebih murah terlebih jika pembelian sangat banyak. Kenapa bahan harus diperkirakan dan wajib mendapatkan harga murah?

Bahan baku nasi cokot
Bahan baku nasi cokot


Bahan baku harus diperkirakan lantaran sebagai dasar produksi. Sementara harga murah wajib didapatkan agar keuntungan jualan nasi cokot yang dihasilkan cenderung melimpah. Hal ini tergantung dengan bagaimana cara penjual dalam menanggapi bisnis. 

6. Buat Isian Lauk Nasi Cokot

Berbeda dengan makanan pada umumnya, lauk nasi cokot sudah diletakkan di dalamnya. Apa saja lauk nasi cokot? Lauk nasi cokot cukup beragam mulai dari serundeng kelapa dan irisan daging, ayam suwir bumbu Bali dan masih banyak lagi. 

Kenapa isian ditaruh di dalam? Hal ini telah menjadi prosedur dasar dalam proses pembuatan nasi cokot. Sediakan berbagai macam varian atau isian nasi cokot agar pembeli bebas memilih sesuai dengan selera mereka masing-masing. 

Isian nasi cokot
Isian nasi cokot


Menurut pengalaman ku pribadi, isian lauk nasi cokot juga mempengaruhi harga. Semakin banyak dan lezat isian lauk nasi cokot maka harganya akan mahal. Jadi pastikan agar Kamu mengupayakan berbagai menu lauk sehingga menjangkau banyak orang. 

7. Mulai Produksi

Setelah bahan-bahan dana alat untuk produksi nasi cokot dipersiapkan, Kamu bisa langsung memulai proses produksi. Menurut pengalaman dari mereka yang telah menekuni bisnis tersebut, pembuatan nasi cokot membutuhkan keahlian di bidang tata boga. 

Tamak nasi seperti biasa, tambahkan daun jeruk sebagai penambah aroma, siapkan cetakan. Setelah cetakan dipersiapkan pastikan Kamu mengisinya menggunakan nasi lauk yang tadi telah dibuat dan ditutup menggunakan nasi kembali hingga membentuk lingkaran sempurna. 

Keluarkan nasi cokot dari cetakan kemudian letakkan pada kertas khusus nasi. Rekatkan nasi cokot tersebut hingga tidak ada celah. Pastikan kondisi nasi sudah dingin sehingga nantinya tidak cepat basi atau keluar air dalam waktu dekat. 

8. Patok Harga

Tentukan harga nasi cokot yang tadi telah Kamu siapkan untuk menunjang usaha berjualan. Berapa idealnya harga nasi cokot? Harga nasi cokot mulai dari Rp 5.000 - Rp 15.000 atau menyesuaikan dengan isian lauk yang terdapat di dalam makanan tersebut. 

Berikan potongan harga pada pembeli yang melakukan order berulang kali dengan jumlah banyak. Untuk apa potongan harga perlu diupayakan? Menurut pengalaman ku pribadi, potongan harga perlu dipersiapkan dengan tujuan agar membangun loyalitas pelanggan. 

Perhitungan harga
Perhitungan harga


Jual dengan harga miring jika pembelian oleh pihak tertentu untuk dipasarkan kembali. Biasanya tahapan ini sering disebut dengan seller ataupun penitipan. Pihak penjual bisa memberikan keuntungan sekitar Rp 1.000 - Rp 2.000 per porsi nasi cokot. 

9. Mulai Jualan

Agar keuntungan bisa segera didapatkan, Kamu bisa langsung memulai proses jualan. Penjualan bisa dilakukan dengan membuka open order di sosial media, memakai situs jualan online seperti GrabFood, GoFood, dan masih banyak lagi. 

Penjualan lebih menguntungkan jika menerapkan berbagai macam cara. Dengan hal ini potensi Kamu mendapatkan keuntungan berlipat ganda dari usaha nasi cokot cukup tinggi. Hindari berjualan tidak konsisten atau malas-malasan. 

Kenapa jualan nasi cokot tidak konsisten dilarang? Hal ini lantaran membuat brand Kamu usah dikenal. Tidak hanya itu saja, alternatif penjualan juga cenderung kurang mampu menarik perhatian orang-orang. Jadi pastikan untuk selalu konsisten dalam berbagai hal terutama jualan. 

Jualan nasi cokot bisa ditempuh dengan memanfaatkan berbagai macam metode. Tawarkan berbagai menu agar disukai banyak orang. Hindari menjual nasi cokot dengan menu itu-itu saja. Lakukan riset pasar dengan baca artikel lain di website Kami untuk mendapatkan referensi bisnis. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar