Jual Cireng Terdekat, Beneran Bikin Untung Berlipat?

Cireng
Cireng

 CariUang - Jual Cireng terdekat banyak ditempuh oleh UMKM untuk mendapatkan penghasilan tambahan ataupun peluang kerja utama. Keuntungan jualan cirebv sebenarnya cukup besar jika Kita punya strategi khusus dalam menjalankan usaha.

Table of Contents

Tahapan Memulai Jual Cireng Terdekat

Menurut pendapat salah satu pemilik usaha cireng terkemuka di Garut, pembuatan makanan ini tidaklah mudah. Ada sejumlah persiapan yang harus dipertimbangkan sejak awal. Berikut ini tahapan memulai jual Cireng terdekat yang bisa dicoba:

1. Analisa Usaha

Kamu harus menempuh analisa usaha untuk mengetahui potensi keuntungan dan jalannya bisnis bersangkutan. Analisa usaha meliputi perencanaan penjualan, pengecekan kompetitor hingga memastikan daya saing jualan cireng tersebut. 

Hampir semua orang bisa menjalankan usaha dengan mudah setelah tahapan ini berhasil diselesaikan. Umumnya keuntungan jualan cireng juga bisa diprediksi sejak awal jika analisa usaha ini dapat Kamu tempuh dengan maksimal. 

Untuk melakukan analisa usaha diperlukan keahlian dalam berbagai bidang terutama keuangan. Kenapa analisa usaha harus memerlukan keahlian? Pasalnya analisa ini berguna sebagai batu loncatan yang bisa Kamu jadikan sebagai jalan pintas sebelum membuat usaha. 

2. Menyiapkan Modal

Setelah analisa berlangsung, tentu pemilik rancangan tersebut membutuhkan modal usaha cireng. Berapa modal usaha cireng? Modal usaha cireng umumnya sekitar Rp 500.000 - Rp 3.000.000. Namun usaha tersebut dapat disesuaikan dengan budget. 

Modal usaha
Modal usaha

Apakah modal usaha cireng mempengaruhi jalannya bisnis? Modal usaha sangat mempengaruhi bisnis sehingga perhitungan harus optimal. Kamu bisa memanfaatkan keahlian di bidang pengelolaan keuangan untuk menghitung perkiraan modal. 

Modal yang ada digunakan untuk membeli sejumlah peralatan, bahan baku, hingga menunjang biaya promosi. Pastikan bahwa modal yang tersedia berasal dari milik sendiri. Jika modal berasal dari pinjaman pastikan memilih bank yang tidak memakan banyak bunga. 

3. Siapkan Segala Keperluan Usaha

Jual Cireng terdekat tentu membutuhkan bahan dan alat sesuai dengan penjelasan sebelumnya. Bahan dan alat tersebut meliputi apa saja? Bahan meliputi tepung kanji, garam, bawang putih dan masih banyak lagi ( bisa ditambah isian).

Bahan cireng
Bahan cireng

Sementara'penayangan peralatan meliputi sejumlah wadah, wajan, spatula, dan lain-lain. Semua bahan dan alat wajib dipersiapkan dan bersifat mutlak. Pastikan mencari semua alat dan bahan tersebut dengan seksama agar kedepannya proses produksi berjalan cepat. 

Pastikan menyiapkan sejumlah peralatan yang ada dengan optimal. Persiapan ini bertujuan untuk mempercepat semua tahapan sehingga proses penjualan bisa segera dilakukan. Proses yang cepat dilakukan membuat modal segera balik ke tangan Kita. 

4. Mempelajari Resep Cireng

Ancaman usaha cireng biasanya terletak pada rasa yang kurang diminati oleh orang-orang. Hal ini bisa Kamu atasi dengan mempersiapkan resep yang potensial dan disukai oleh banyak orang. Bagaimana cara mencari resep yang potensial dan disukai orang?

Kamu bisa mempelajari dari internet resep cireng paling potensial. Cari resep yang paling mudah dan cepat dikuasai sebagai alternatif belajar. Apakah ada cara lain mempelajari resep? Kamu bisa membeli buku panduan atau menonton tutorial. 

Uji coba resep tersebut dengan seksama agar kedepannya proses produksi disukai banyak orang. Pastikan resep yang Kamu cari disukai oleh target pembeli. Bagaimana cara mengetahui resep tersebut disukai atau tidak? Lakukan riset pasar untuk mengetahui produk yang disukai. 

5. Tentukan Jenis Cireng

Jual cireng terdekat sebaiknya diketahui dulu jenis yang akan dijajakan. Memang ada berapa jenis cireng? Ada berbagai macam jenis cireng yang bisa ditawarkan mulai dari cireng rujak, cireng isi, cireng Frozen Food dan lain sebagainya. 

Pastikan Kamu memilih salah satu jenis untuk dikembangkan. Bagaimana jika jenis tersebut diproduksi secara bersamaan? Jika Kamu memilih produksi secara bersamaan sebenarnya tidak masalah asalkan modal yang disediakan terpenuhi dengan baik. 

Lakukan juga analisa terhadap ancaman usaha cireng jika semu jenis diproduksi secara bersamaan. Biasanya setiap jenis cireng memiliki ancaman usaha tersendiri. Kamu harus pandai meminimalisir ancaman usaha tersebut sehingga keuntungan maksimal. 

6. Siapkan Brand

Jual Cireng terdekat membutuhkan persiapan atau brand tersendiri. Meskipun mencangkup UMKM keberadaan brand atau merk pada usaha sangat penting. Kenapa usaha harus memiliki brand tersendiri? 

Contoh brand
Contoh brand

Agar mudah memikat dan menarik simpatik banyak orang. Tidak hanya itu saja, penyiapan brand juga harus dilakukan dengan tujuan untuk menghindari penjiplakan dari orang lain. Cantumkan brand pada kemasan sehingga mudah dibaca. 

Selain membuat brand, Kamu juga harus menciptakan logo yang ikonik. Menurut pengalaman ku pribadi, pembuatan logo bisa diupayakan dengan memanfaatkan aplikasi desain seperti Canva, PicsArt, dan masih banyak lagi. 

7. Pembuatan Adonan Cireng

Jika ancaman usaha cireng dari segi resep sudah diatasi maka tahapan berikutnya yakni proses pembuatan adonan. Jual Cireng terdekat akan menghasilkan untung berlipat jika pembuatan adonan cireng bisa dilakukan dengan baik dan benar. 

Bagaimana cara membuat adonan untikjual cireng terdekat? Siapakan wadah besar yang nantinya akan digunakan untuk menguleni adonan. Haluskan bawang putih kemudian rebus di air yang mendidih hingga mengental. 

Masukkan tepung tapioka, kaldu bubuk, garam dan bawang yang tadi direbus. Aduk adonan tersebut hingga semuanya tercampur secara merata. Tunggu beberapa saat hingga adonan benar-benar tercampur dan tidak lengket dengan tangan.

8. Proses Penggorengan

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, proses pembuatan cireng meliputi beberapa jenis. Menurut pengalaman salah satu penjual cireng, ada juga metode penjualan yang ditempuh pasca open order berlangsung sehingga tidak berpotensi mengalami rugi. 

Proses penggorengan
Proses penggorengan 

Jika penjualan ditempuh dengan hal tersebut, tanya kepada pembeli bahwa layanan dalam bentuk masih setengah matang atau yang sudah digoreng. Jika pembelian dilakukan dalam bentuk sudah matang sebaiknya Kamu langsung menggoreng cireng tersebut. 

Pastikan minyak yang digunakan masih baru ( agar tidak hitam) dan melimpah ruah. Proses penggorengan harus dilakukan dengan membolak-balikkan cireng. Tahapan ini bertujuan agar nantinya usaha memberikan banyak keuntungan dalam jangka panjang. 

9. Pengemasan

Bukan hanya proses produksi saja yang perlu diupayakan, jual Cireng terdekat akan semakin diminati jika Kamu pandai memanfaatkan peluang. Salah satu peluang tersebut bisa diupayakan dengan membuat kemasan unik dan efektif. 

Biasanya kemasan cireng pakai apa? Kemasan cireng tergantung degan jenis yang ditawarkan. Misal jenis yang ditawarkan Frozen food maka pengemasan bisa menggunakan box plastik dengan ukuran tertentu (sesuai request). 

Pengemasan
Pengemasan

Jika cireng langsung siap makan maka bisa menghubungi plastik bening ataupun cup minuman. Pengemasan sangat penting diupayakan lantaran mempengaruhi kenyamanan saat makan. Jadi pastikan tahapan ini mampu terselesaikan. 

Jual cieng terdekat bisa menguntungkan jika semua tahapan di atas berhasil ditempuh dengan baik. Gunakan keahlian tata boga untuk menciptakan cireng yang lezat dan nikmat. Keahlian tata boga bisa diupayakan dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar