Ide Usaha yang Cocok dikembangkan di Tempat Wisata, Nomor 2 Jangan Lupa

 

Tempat wisata
Tempat wisata 

CariUang - Tempat wisata seringkali dimanfaatkan untuk menunjang berbagai macam kebutuhan mulai dari rekreasi hingga menghabiskan waktu bersama keluarga. Terlepas dari itu, masyarakat sekitar bisa menerapkan ide usaha mendatangkan keuntungannya.

Table of Contents
 

Ragam Ide Usaha yang Cocok di Tempat Wisata

Menurut pengalaman ku pribadi dlaam mengamati bisnsi di tempat wisata, daya saingnya cukup tinggi. Hal ini menjadikan Kamu harus senantiasa mamapu mengendalikan bisnis sehingga tidak kalah saing. Berikut ini ide usaha yang cocok di tempat wisata:

1. Sedia Lahan Parkir

Bagi Kamu yang punya lahan kosong dan tidak digunakan bisa digunakan sebagai lahan parkir. Usaha ini tentu bisa diupayakan jika letak lahan dekat dengan kawasan wisata. Upayakan untuk memberikan semua kebutuhan di bidang tersebut sehingga menguntungkan. 

Buat berbagai macam fasilitas dan buat penjagaan ketat. Jangan lupa pasang cctv untuk menunjang keamanan dari lahan parkir yang disediakan. Berikan pelayanan prima sehingga mereka tidak merasa khawatir atas kendaraan yang dititipkan. 

Lahan
Lahan parkir 

Jangan patok Tarif terlalu mahal lantaran membuat pengunjung wisata merasa tidak nyaman. Berapa idealnya tarif parkir di kawasan wisata?Tarif parkir muali dari Rp 2.000 ( untuk kendaraan bermotor) dan Rp 5.000 ( untuk kendaraan roda 4). 

2. Aneka Wahana Tambahan

Contoh bisnis pariwisata yang paling banyak diterapkan untuk mendatangkan keuntungan yakni dengan menambah sejumlah wahana. Wahana tersebut bisa berupa penyediaan kuda keliling menyerupai delma, sewa perahu ( jika wisata perairan) dan lain sebagainya. 

Dengan menerapakan bisnis pariwisata ini tentu usaha yang dijalankan dapat berjalan lancara. Pastikan untuk riset terlebih dahulu sehingga contoh bisnis pariwisata yang diterapkan bisa sesuai dengan planning awal. 

Biasanya sebelum mendirikan wahana tambahan pihak pengembang akan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui wahana apa saja paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh sejumlah kalangan masyarakat. 

3. Sewa Toilet

Dalam kawasan pariwisata tentu seseorang sering merasa ingin buang air kecil ataupun besar. Hal ini bisa Kamu jadikan sebagai ide usaha tambahan yang dapat mendatangkan keuntungan. Sewa toiilet menjadi bisnis paling familiar di kawasan wisata. 

Sediakan berbagai toilet (2-3) sehingga nantinya pengunjung wisata tersebut tidak perlu antre. Lakukan penjagaan ketat dan berikan sejumlah himbauan terhadap kalangan masyarakat. Penjagaan ini dilakukan untuk mencegah orang masuk tanpa bayar.

Toilet
Toilet

Utamakan kebersihan dengan rutin melakukan pengecekan. Cara ini bertujuan agar nantinya setiap orang yang masuk ke toilet tetap merasa nyaman. Patok tarif mulai dari Rp 1.000 - Rp 2.000 per orang. 

4. Bisnis Oleh-oleh dan Souvernir

Ide usaha di tempat wisata yang bisa Kamu terapkan untuk mendapatkan pelanggan berjumlah banyak yakni dengan menyediakan berbagai macam oleh-oleh. Tentu oleh-oleh tersebut harusnya berkaitan atau identik dengan kawasan wisata tersebut. 

Sebagai contoh kawasan wisata telaga ngebel identik dengan durian lokal maka tawarkan kebutuhan tersebut. Bisnis souvernir tempat wisata ini terbukti cukup menguntungkan. Kenapa bisnis souvernir tempat wisata dianggap menguntungkan?

Pasalnya keberadaan bisnis souvernir tempat wisata ini bisa dijadikan sebagai referensi ketika akan pulang. Semakin banyak Kamu menyediakan berbagai macam oleh-oleh maka keuntungan yang didapatkan bisa maksimal. 

5. Penginapan

Peluang usaha di bidang pariwisata bisa juga diupayakan dengan menyediakan penginapan, vila ataupun hotel. Cara ini telah diupayakan oleh sejumlah kalangan masyarakat yang tinggal atau memiliki temapt kosong di daerah pariwisata. 

Umumnya penyediaan penginapan bisa disesuaikan dengan kebutuhan paling banyak dibutuhkan. Ide usaha ini akan berjalan dengan lancar jika Kamu mampu menyediakan berbagai macam keperluan yang paling banyak dibutuhkan pengunjung. 

Penginapan
Penginapan

Sediakan berbagai macam fasilitas dan juga sarana. Jangan lupa untuk promosi dnegan menggunakan sosial media dan situs ternama tertentu sehingga nantinya penginapan bisa dijadikan sebagai pilihan oleh beberapa orang. 

6. Bisnis Sewa Kendaraan

Beberapa wisatawan yang datang dari luar kota tentu banyak yang memilih menggunakan kendaraan umum. Hal ini bisa Kamu manfaatkan sebagai peluang udaah di bidang pariwisata berupa penyewaan kendaraan. 

Kendaraan yang disewakan bisa berupa motor ataupun mobil. Jangan lupa meminta identitas dan jaminan atas persewaan yang dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah berbagai macam hal yang tidak diinginkan terkait ide usaha bersangkutan. 

Peluang usaha di bidang pariwisata ini tergolong masih sepi peminat. Jadi tidak ada salahnya Kamu menyediakan berbagai macam kendaraan siap dan layak pakai untuk menunjang kebutuhan pengunjung selama liburan berlangsung. 

7. Agen Bank

Saat berada di tempat pariwisata terkadang ada beberapa momen dimana Kita merasa uang yang dimiliki kurang. Hal ini tentu membuat Kita harus menarik uang dari tabungan terlebih dahulu untuk menunjang aktivitas atau kegiatan selama liburan berlangsung. 

Menurut pengalaman ku pribadi saat berada di kawasan wisata, terkadang ada beberapa daerah yang kesulitan mendapatkan akses bank terdekat. Hal ini bisa Kamu jadikan sebagai salah satu ide usaha berupa pendirian bisnis agen bank. 

Sediakan berbagai macam transaksi dengan bank terkemuka di Indonesia sehingga layanan lebih lengkap. Upaya bisnis ini tergolong cukup menjanjikan terlebih jika operasionalnya selama 24 jam. 

8. Depot atau Restoran

Kami juga bisa membuka usaha di bidang kuliner berupa depot atau rumah makan. Hal tersebut ini lantaran makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia yang wajib dipenuhi sejak awal sehingga dapat bertahan hidup lebih lama. 

Sediakan berbagai macam jenis makanan yang terkemuka dan berpotensi disukai oleh odnag banyak. Biasanya restoran ternama senantiasa menyediakan berbagai macam pilihan menu yang potensial sehingga bisa memilih sesuai keinginan pembeli. 

Restoran
Restoran

Jangan lupa juga untuk melibatkan tim yang telah berpengalaman di bidang kuliner. Hal ini bertujuan agar kedepannya hasil masakan lebih lezat dan memuaskan. Upayakan berbagai macam hal yang berpotensi menarik perhatian banyak orang. 

9. Cafe

Hampir mirip dengan peluang usaha sebelumnya, Kamu yang memiliki tempat kosomh bisa juga mendirikan cafe untuk keberlangsungan usaha. Cafe tersebut bisa diupayakan dengan menyediakan berbagai macam minuman kekinian hingga makanan ringan. 

Buat cafe dengan desain yang unik dan menarik sehingga kedepannya membuat pengunjung betah berlama-lama di usaha tersebut. Biasanya untuk menarik perhatian pengunjung setiap owner memiliki strategi sendiri. 

Cafe
Cafe

Salah satu strategi yang banyak diutarakan oleh pemilik bisnis bisa berupa live music saat momentum tertentu. Cara ini terbukti efektif mampu dijadikan sebagai salah satu bentuk marketing tambahan untuk meningkatkan pendapatan. 

Ide usaha yang cocok diterapkan di kawasan wisata meliputi beberapa hal tersebut. Pastikan untuk riset pasar sehingga mengetahui sejumlah ushaa yang potensial. Referensi lainnya bisa Kamu dapatkan dengan baca artikel di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar