Ide Jualan Sayur dan Lauk ala Warteg yang Bikin Untung Ganda

Soto ayam
Soto ayam

CariUang - Sayuran merupakan salah satu jenis menu makanan harian yang banyak dicari untuk memenuhi kebutuhan hidup. Umumnya hal itu bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha baru dengan menerapkan ide jualan sayur dan lauk di rumah.

Table of Contents
 

Ragam Ide Jualan Sayur dan Lauk

Untuk menjual menu makanan harian berupa sayur dan lauk, diperlukan keahlian dalam riset pasar. Pasalnya selera masing-masing orang kerap mengalami perbedaan. Berikut ini sejumlah ide jualan sayur dan lauk yang dijamin disukai oleh semua orang atau masyarakat:

1. Ayam Bakar

Lauk yang paling disukai oleh hampir semua orang baik anak-anak hingga lansia yaitu ayam bakar. Menu makanan harian ini dibuat dengan bahan dasar ayam baik ras ataupun kampung. Pembuatan membutuhkan sejumlah rempah-rempah alami. 

Kamu bisa membuat ayam bakar dengan memotongnya berdasarkan bagian tertentu baik paga ataupun dada. Upayakan agar pembuatan ayam bakar senantiasa memenuhi resep tertentu sehingga kualitas dan rasa tidak perlu diragukan kembali. 

Ayam bakar
Ayam bakar

Harga ayam bakar per potong mulai dari Rp 10.000 - Rp 15.000. Sediakan juga sejumlah keperluan seperti lalapan sehingga menu ini begitu terlihat menarik di mata banyak orang terutama target penjualan yang dituju dalam mendirikan usaha. 

2. Tumisan

Aneka sayur matang yang banyak dicari oleh sejumlah kalangan masyarakat yakni tumisan. Terdapat berbagai macam jenis tumisan yang bisa Kamu tawarkan untuk jualan. Apa saja jenis tumisan yang banyak ditawarkan dan dibuat oleh kalangan masyarakat?

Tumis kangkung, tumis buncis, tumis kacang, dan masih banyak lagi. Buat berbagai macam menu tumisan tersebut dan patok dengan harga bersahabat. Berapa idealnya harga aneka sayur matang berupa tumisan? Harga tumisan sayur matang mulai dari Rp 5.000. 

Tumis kacang
Tumis kacang

Pastikan untuk mencicipi aneka sayur matang tersebut sebelum menjual. Letakkan pada wadah tertentu kemudian bungkus menggunakan plastik jika ada yang beli. Cara ini telah dilakukan oleh sejumlah UMKM ternama di Indonesia untuk mendapatkan keuntungan.

3. Pepesan

Pepesan juga turut menjadi salah satu ide jualan sayur dan lauk yang banyak diterpakan oleh penjual. Umumnya pepesan terbuat dari ikan segar yang telah dimarinasi menggunakan bahan-bahan unggulan seperti rempah-rempah. 

Pastikan pembuatan mengikuti resep yang berlaku di kalangan masyarakat tertentu. Upayakan agar pepesan yang dibuat memiliki tekstur lembut dan empuk. Biasanya penjualan memilih memasak menggunakan presto sehingga tekstur sangat lunak. 

Pepesan
Pepesan

Umumnya pembuatan pepesan dibungkus menggunakan daun pisang. Selain menambah aroma cara ini mampu menimbulkan cita rasa lezat pada kuliner tersebut. Pastikan untuk membuat pepesan berbagai macam varian sehingga pembeli bebas milih. 

4. Rica-rica 

Menu harian untuk jualan dapat Kamu upayakan dengan menyediakan menu unggulan berupa rica-rica. Lauk ini terbuat dari ayam yang dicincang dengan ukuran sedang. Sekilas penampilan dari rica-rica ini memang tampak tidak meyakinkan namun sangat lezat. 

Buat menu rica-rica dengan memperhatikan kelezatannya. Cara ini terbukti cukup efektif dalam menerapkan strategi marketing berupa jualan. Letakkan rica-rica yang telah matang tersebut pada wadah berukuran besar. Kemas menggunakan plastik atau wadah tertentu jika ada pembeli.

Rica-rica
Rica-rica

Idealnya harga rica-rica sekitar Rp 10.000 per porsi. Kamu juga bisa menjual menu ini dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi ternama seperti grab food, GoFood dan masih banyak lagi. Cara ini terbukti efektif mampu meningkatkan pendapatan usaha.

5. Sayur SOP

SOP juga menjadi salah satu ide jualan sayur dan lauk yang tidak boleh terlupakan. Menurut sejumlah survei yang dilakukan dengan melibatkan banyak orang, sayuran ini menjadi jenis menu paling banyak disukai oleh berbagai kalangan tertentu. 

Apa bahan pembuatan sayur sop? Bahan pembuatan sayur sop mulai dari kubis, wortel, brokoli, micin, bawang merah, bawang putih, dan masih banyak lagi. Beberapa orang memilih menjual sayur sop dengan ditambahkan pentol ataupun makaroni. 

Sayur SOP
Sayur SOP

Buat juga sambal tomat untuk melengkapi menu ini. Biasanya sambal tomat dibuat sebagai opsi jika pembeli menginginkan sayur sop dengan rasa pedas. Sendirikan kemasan sambal dengan sayur lantaran selera orang berbeda-beda .

6. Kentang Balado 

Kentang balado juga turut tergolong sebagai ide jualan sayur dan lauk. Menu harian untuk jualan ini banyak disukai oleh hampir dua orang terutama remaja. Bahan dasar menu ini yakni kentang dan wortel yang telah dipotong secara dadu atau kotak-kotak. 

Bumbu terbuat dari cabe merah, cabe rawit, garam, micin, lada bawang merah bawang putih dan lain sebagainya. Campur semua bahan kemudian blender hingga halus. Pastikan untuk memasak atau menumis bumbu tersebut hingga harum dan campurkan sedikit minyak. 

Tambahkan potongan kentang dan wortel tersebut ke bumbu yang sudah matang. Aduk hingga merata dan diamkan beberapa saat. Proses pembuatan menu harian untuk jualan ini memang memakan waktu cukup panjang namun hasil selalu habis. 

7. Telur Balado

Sebenarnya menu ini sama saja dengan kentang balado dari segi pembuatan. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan telur ayam ataupun puyuh. Biasanya penjualan memilih menyediakan telur ayam balado sehingga lebih praktis dan mengenyangkan. 

Ide jualan sayur dan lauk ini terbukti mampu meningkatkan pendapatan lantaran menu tersebut banyak dicari oleh masyarakat. Berapa idealnya harga telur ayam balado? Satu butir telur ayam balado dihargai sekitar Rp 3.000 - Rp 5.000.

Berikan potongan harga pada menu tersebut jika pembelian dilakukan dengan jumlah banyak. Biasanya beberapa pembeli juga akan melakukan pemesanan untuk hal tertentu jika kualitas dan rasa cukup unggulan atau terjamin. 

8. Aneka Gorengan 

Kamu bisa menjual berbagai macam gorengan untuk mengupayakan lauk-pauk. Jenis gorengan yang bisa ditawarkan mulai dari tempe, tahu, bakwan jagung, pia-pia dan masih banyak lagi. Pastikan untuk menggoreng menu tersebut secara dadakan. 

Hindari menggoreng kembali menu yang tidak habis terjual. Selain mampu mengurangi kepercayaan pembeli hak ini membuat usaha berjalan tidak sehat. Jual gorengan dengan harga satuan. Berapa idealnya harga gorengan per biji?

Harga gorengan per biji muali dari Rp 1.000. Namun Kamu bisa juga menjual lebih sesuai kebutuhan. Biasanya penjualan gorengan disertai dengan lalapan seperti cabe rawit hijau sehingga selera makan bisa meningkat drastis. 

9. Soto

Soto merupakan sayuran atau sejenis SOP yang mempunyai kuah bewarna kuning dari rempah-rempah. Umum-nya menu ini dijual dengan menawarkan dua varian yakni soto daging ayam dan sapi. Pastikan menyediakan keduanya sehingga penjualan optimal. 

Soto dibuat dengan potongan daging, daun bawang dan aneka rempah. Sebagai isian biasanya soto terbuat dari kubis, seledri, kecambah dan juga tomat. Buat sambal bawang atau sambal kecap dan kemas menggunakan plastik berukuran sedang. 

Penjualan soto ayam atau daging ini dilakukan dengan memanfaatkan kemasan berupa plastik. Namun pengemasan dilakukan saat ada pembeli atau orderan. Harga soto per porsi mulai dari Rp 15.000 atau menyesuaikan kebijakan masing-masing penjual. 

Ide jualan sayur dan lauk bisa diupayakan dengan menyediakan menu tersebut. Kamu wajib memiliki keahlian di bidang tata boga dan marketing. Dua skill tersebut bisa dipelajari secara otodidak dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar