Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

 

Ibu rumah tangga
Ibu rumah tangga 

CariUang - Terkadang terdapat beberapa momen yang menyebabkan seorang ibu rumah tangga tidak bisa produktif lantaran punya anak kecil. Padahal terdapat beberapa ide usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil kecil baik masih balita atau bayi.

Table of Contents
 

Ragam Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

Lowongan pekerjaan untuk ibu rumah tangga memang sekarang sudah jarang. Terlebih jika ibu rumah tangga tersebut masih mempunyai anak kecil. Oleh sebab itu Kamu harus memiliki keahlian guna membangun bisnis untuk ibu rumah tangga. Berikut ini deretan usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil:

1. Jualan Online 

Tanpa perlu meninggalkan rumah dana anak, seorang ibu rumah tangga bisa berjualan berbagai macam produk secara online. Produk yang dijual bisa berupa fashion, aksesoris hingga makanan-makanan tertentu sesuai dengan request dari pembaca. 

Pastikan agar produk yang dijual ditawarkan dengan memanfaatkan keberadaan sosial media ataupun situs marketplace. Cara ini telah diterapkan oleh sejumlah ibu rumah tangga baik di desa ataupun kota untuk mendapatkan keuntungan berlipat ganda. 

Dalam menawarkan sejumlah produk di situs ternama biasanya diimbangi dengan promosi. Langkah ini bertujuan agar produk tersebut mampu dijangkau oleh semua orang. Dengan begitu besar potensi bisnis untuk ibu rumah tangga laris manis. 

2. Jualan Tanaman Hias

Bisnis  untuk ibu rumah tangga juga dapat diupayakan dengan menjual berbagai macam tanaman hias. Tanaman hias bisa dijual di rumah ataupun memanfaatkan situs marketplace dan sosial media. Kenapa harus tanaman hias yang dijual?

Pasalnya tanaman hias menjadi salah satu produk yang diminati oleh sejumlah kalangan masyarakat terutama ibu-ibu. Jadi bisa dipastikan bahwa penjualan produk tersebut akan menjangkau banyak orang sehingga keuntungan yang didapat besar. 

Tanaman hias
Tanaman hias

Beberapa jenis tanaman hias yang cukup populer mulai dari janda bolong hingga bonsai. Lakukan perawatan pada tanaman hias tersebut sehingga usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil bisa diselesaikan dengan baik dan benar. 

3. Jasa Jahit

Usaha ini rumah tangga sukses menjadi salah satu idaman hampir semua kalangan tersebut. Untuk menempuh hal tersebut Kamu bisa mendirikan jasa jahit pakaian hingga permak. Umumnya bisnis ini membutuhkan keahlian di bidang tata busana terutama menjahit. 

Menurut pendapat dari salah seorang ibu rumah tangga, jasa jahit yang didirikan bisa memanfaatkan ruang khusus di dalam rumah. Jadi Kamu tetap bisa produktif dan menghasilkan uang banyak tanpa perlu meninggalkan atau berjauhan dengan si kecil. 

Buat berbagai macam layanan sehingga dijangkau banyak orang. Umumnya bisnis ini tergolong membutuhkan modal sedang. Kamu hanya membutuhkan bahan dan alat seperti kain, jarum, benang, mesin jahit, alat ukur dan lain sebagainya. 

4. Laundry 

Bisnis ibu rumah tangga yang tidak kalah menguntungkan juga dijanjikan oleh usaha laundry. Usaha ini bergerak dengan memberikan layanan pencucian pakaian. Gunakan berbagai macam mesin cuci sehingga pelayanan bisa dilakukan dalam jumlah banyak sekaligus. 

Pencucian baju laundry bisa dipisahkan terlebih dahulu antar pakaian. Biasanya hal ini dilakukan untuk mencegah pakaian rusak ataupun luntur. Menurut pendapat ku pribadi, usaha ini bisa dijalankan di rumah sehingga cukup efektif dalam menghasilkan keuntungan. 

Laundry
Laundry

Siapkan berbagai macam gantungan baju, detergen, pewangi,dan setrika uap. Lipat baju dan kemas menggunakan plastik jika telah selesai. Beri nama atas nama pelanggan agar proses pelayanan terhadap pelanggan tidak keliru ataupun tertukar. 

5. Membuat Blog

Usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil dapat diupayakan dengan membuat blog. Blog merupakan platform penulisan di google yang bisa menghasilkan uang. Pastikan agar blog yang dibuat mengandungnya berbagai macam konten menarik. 

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog? Lakukan pendaftaran adsense google. Nantinya Kamu akan mendapatkan uang dari situ. Pastikan konten yang dibuat senantiasa meningkat sehingga hasil atau pendapatan stabil sesuai harapan. 

Kamu wajib menyiapkan berbagai macam keperluan mulai dari perangkat mumpuni hingga keahlian di bidang kepenulisan. Bagaimana cara mempelajari bidang kepenulisan? Mempelajari bidang kepenulisan bisa dilakukan dengan ikut webinar. 

6. Usaha Katering 

Katering menjadi salah satu bentuk usaha ibu rumah tangga sukses jika pengelolaannya tepat. Kamu bisa menyiapkan berbagai macam bahan masakan hingga peralatan untuk mengupayakan hasil masakan katering yang lezat dan nikmat. 

Dalam mengusahakan katering Kamu harus mampu menyediakan berbagai macam masakan sesuai request dari pelanggan. Manfaatkan sosial media sebagai salah satu bentuk promosi atas usaha katering yang sedang dijalankan oleh pelaku usaha. 

Katering rumahan
Katering rumahan 

Menu apa saja yang biasanya dibutuhkan oleh pelanggan? Menu untuk hajatan, makanan ringan dan acara tertentu. Pastikan Kamu telah memiliki keahlian di bidang kuliner ataupun tata boga sehingga proses memasak senantiasa berjalan lancar. 

7. Membuka Toko Kelontong 

Usah untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil dapat juga maksimal jika diupayakan dengan mendirikan toko kelontong. Umumnya toko kelontong menawarkan berbagai macam kebutuhan sehari-hari mulai dari beras,sembako, gula, dan lain sebagainya. 

Sediakan juga berbagai macam kebutuhan lainnya seperti tabung gas, galon, dan bensin. Usaha ini banyak diterapkan oleh sejumlah ibu rumah tangga di desa atau di kota. Umumnya usaha ini memang membutuhkan modal cukup besar namun akan impas dengan keuntungan yang didapatkan. 

Toko kelontong
Toko kelontong 

Toko kelontong baiknya dibuka di depan rumahmu hal ini memudahkan pemberian layanan ketika ada orang beli. Sediakan bel rumah sehingga nanti ketika ada yang beli tidak perlu berteriak untuk melakukan pemanggilan. 

8. Jualan Sayuran

Ibu rumah tangga juga banyak memilih untuk jualan sayur segar dan buah sebagai bentuk usaha tanpa perlu meninggalkan anak-anak. Udah ini tergolong cukup menguntungkan lantaran sayuran menjadi kebutuhan pokok setiap orang. 

Sediakan berbagai macam jenis sayuran yang masih segar dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Buat lapak sendiri dengan mendirikan meja ataupun tempat lainnya. Cara ini bertujuan untuk memudahkan penataan produk. 

Sayuran
Sayuran

Dalam menjual sayur baiknya Kamu juga menyediakan berbagai macam bumbu instan. Hal ini memudahkan orang lain satu pembeli untuk melakukan pembuatan masakan tertentu. Buka usaha setiap pagi lantaran biasanya orang butuh sayur saat momen tersebut. 

9. Franchise

Bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan keuntungan stabil juga bisa mendirikan usaha franchise brand tersebut. Franchise bisa berupa warmindo, teh poci dan brand lainnya. Usaha ini membutuhkan target pemasaran berupa kalangan anak-anak. 

Dalam membuat usaha ini hanya memerlukan tepat di depan rumah dan modal uang. Pilih brand yang sekiranya potensial di tempat tinggal mu. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses penjualan dari produk-produk tersebut. 

Siapa target pasar dari usaha franchise? Target pasar adalah masyarakat terutama kalangan pemuda. Dalam menjalankan usaha ini hanya perlu konsistensi dan ketelatenan. Dengan kedua sifat tersebut usaha franchise bisa berjalan lancar. 

Itulah sejumlah usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Umumnya usaha tersebut bisa disesuaikan dengan bidang paling dikuasai. Pelajari hal seputar bisnis dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar