Ide Bisnis Kreatif Terkini yang Bisa diterapkan agar Untung Tinggi

 

Ilustrasi bisnis
Ilustrasi bisnis

CariUang - Ide bisnis kreatif banyak diterapkan oleh sejumlah kalangan masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan baru sekaligus meningkatkan keuntungan. Kamu bisa menerapkan ide bisnis kreatif yang jarang ada untuk mendapatkan ruang tersendiri.

Table of Contents

Ragam Ide Bisnis Kreatif yang Populer

Terdapat sejumlah ide bisnis kreatif yang dapat diterapkan untuk menghasilkan keuntungan ganda. Umumnya beberapa pengusaha menyatakan untuk pendirian ide bisnis kreatif yang jarang ada sehingga daya saing rendah. Berikut ini contoh ide bisnis kreatif:

1. Agensi Kepenulisan

Contoh bisnis kreatif yang dapat diterapkan untuk mendapatkan keuntungan ratusan juta yakni dengan mendirikan agensi kepenulisan. Umumnya agensi ini bergerak dengan memberikan layanan terkait Kepenulisan baik fiksi maupun non fiksi. Apa yang perlu dipersiapkan?

Dalam menjalankan bisnis ini Kamu harus memiliki sejumlah peralatan mumpuni. Tidak hanya itu saja, Kamu juga harus mempunyai keahlian di bidang kepenulisan baik fiksi maupun non fiksi. Usaha ini membutuhkan modal yang cukup kecil namun keuntungan bisa menjanjikan. 

Ilustrasi tulisan SEO
Ilustrasi tulisan SEO


Manfaatkan sejumlah media online seperti blog dan website untuk melakukan promosi. Biasanya jasa ini banyak dibutuhkan oleh pihak-pihak tertentu untuk keperluan bisnis. Buat branding yang menarik sehingga kedepannya Kamu bisa mengupayakan yang terbaik. 

2. Katering Rumahan

Tidak hanya membuat agensi kepenulisan, contoh bisnis kreatif lainnya bisa ditempuh dengan membuat katering Rumahan. Umumnya pekerjaan ini didirikan secara langsung oleh pihak tertentu dengan menawarkan sejumlah produk makanan baik ringan ataupun berat. 

Kami bisa mengandalkan kemampuan masak untuk memberikan layanan terhadap pembeli. Dalam mendirikan katering rumahan, Kamu hanya perlu mempersiapkan ruangan dapur dengan desain senyaman mungkin. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses memasak. 

Apa saja menu yang ditawarkan dalam bisnis katering rumahan? Yang ditawarkan bisa berupa nasi dan aneka lauk pauk hingga makanan ringan seperti kue-kue. Penyediaan menu bisa juga disesuaikan dengan permintaan atau request dari pelanggan tersebut. 

3. Penata Busana

Ide kreatif bisnis mahasiswa dapat juga diupayakan dengan mendirikan usaha berupa menata busana. Umumnya usaha ini diterapkan oleh mereka-mereka yang telah memiliki keahlian di bidang busana baik permak pakaian ataupun proses pembuatan. 

Dalam menata busana dibutuhkan keahlian khusus yang dapat dipelajari melalui kursus ataupun lembaga pendidikan formal seperti kampus ataupun lpk. Pastikan keahlian benar-benar teruji sehingga pelayanan terhadap pembeli senantiasa optimal. 

Penata busana
Penata busana 


Upayakan agar kedepannya ide kreatif bisnis mahasiswa senantiasa meningkat inovasi. Hal ini bertujuan agar pemberian layanan terhadap pihak-pihak tertentu senantiasa memenuhi kriteria sehingga kedepannya memiliki langganan tetap. 

4. Penerbitan Karya Tulis

Bagi Kamu yang ingin menerapakan ide bisnis kreatif dengan modal tidak terlalu banyak bisnis mendirikan penerbitan karya tulis. Penerbitan karya tulis bisa dengan mendirikan media online semacam situs blog ataupun website ternama sesuai harapan. 

Tidak hanya itu saja, Kamu bisa juga mendirikan penerbitan berupa percetakan buku. Apakah modal yang dibutuhkan tidak besar? Modal yang dibutuhkan memang sangat besar. Namun usaha ini bisa bersifat sebagai lini alias hanya ganti nama saja. 

Jadi nanti Kamu membuat penerbit sendiri dengan nama yang telah disiapkan. Jalin kerja sama dengan penerbit pusat. Buat harga yang berbeda kemudian ketika ada orderan masuk lanjutkan kepada penerbit pusat sesuai dengan prosedur awal. 

5. Dekorasi Kue

Ide kreatif bisnis kreatif mahasiswa di bidang tata boga juga dapat diupayakan dengan mendirikan jasa dekorasi kue. Umumnya usaha ini diterapkan oleh mereka-mereka yang telah memiliki keahlian di bidang kuliner ataupun tata boga sehingga penyelesaian mudah. 

Sediakan layanan pembuatan kue sekaligus sehingga nantinya proses menghias bisa disesuaikan dengan selera. Umumnya pihak yang menjadi target penjualan kue tersebut adalah masyarakat secara luas terutama kalangan menengah ke atas. 

Contoh dekorasi kue
Contoh dekorasi kue


Biasanya kue berukuran besar yang membutuhkan desain optimal dibutuhkan oleh pengantin. Kue dilambangkan sebagai salah satu bentuk kesiapan dalam mengarungi dan mengatasi masalah bersama hingga tua nanti. 

6. Florist

Florist juga tergolong sebagai salah satu bentuk ide bisnis kreatif yang dapat diterapkan oleh gen z. Umumnya usaha ini bergerak dengan menawarkan sejumlah bunga segar dengan ragam jenis tertentu. Bagaimana cara menjalankan bisnis ini agar optimal? 

Menurut pendapat dari salah satu pemilik toko bunga segar, usaha ini akan optimal jika kamu mampu menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satu pihak yang memiliki peran besar dalam jalannya usaha jualan bunga segar yaitu petani bunga. 

Sediakan lapak untuk berjualan bunga yang strategis dan mudah dijangkau. Pastikan bunga yang disediakan meliputi berbagai macam jenis. Hal ini bertujuan agar kedepannya proses penjualan dapat memberikan keuntungan besar. 

7. Camilan Unik

Menurut pendapat ku, ide bisnis kreatif juga dapat diterapkan dengan menawarkan sejumlah camilan unik kekinian. Contoh makanan atau camilan unik seperti seblak, basreng, makaroni, mie lidi dan masih banyak lagi jenis yang bisa ditawarkan. 

Umumnya camilan unik dikemas dengan memanfaatkan sejumlah wadah ataupun plastik. Buat kemasan yang unik dan menarik sehingga mampu menggaet sejumlah pihak. Hal yang tidak kalah penting untuk Kamu terapan adalah membuat brand. 

Camilan unik
Camilan unik


Kenapa brand dalam ide bisnis kreatif harus diupayakan? Agar produk camilan unik tersebut tidak mudah diakui oleh pihak-pihak tertentu. Bahkan cara ini juga bertujuan agar produk camilan semakin dikenal oleh banyak orang terutama target penjualan. 

8. Daur Ulang

Sampah saat ini menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh sejumlah kalangan masyarakat. Umumnya sampah dapat ditanggulangi dengan memanfaatkan jenis-jenis tertentu untuk pembuatan produk bermanfaat dan memiliki nilai jual. 

Upaya ini sering disebut dengan daur ulang. Apa semua sampah bisa didaur ulang? Tidak semua sampah bisa didaur ulang. Namun sampah yang bisa didaur ulang mampu menghasilkan keuntungan besar bahkan dapat dijadikan sebagai usaha baru. 

Daur ulang
Daur ulang


Beberapa jenis sampah yang bisa didaur ulang meliputi botol kaca, botol plastik, limbah dapur, plastik, kaleng, kardus, kertas bekas dan masih banyak lagi. Upayakan menyortir sampah terlebih dahulu sebelum diolah sesuai dengan prosedur awal. 

9. Content Creator

Content creator tergolong sebagai salah satu ide bisnis kreatif yang cukup populer sepanjang tahun. Umumnya bisnis ini dijalankan dengan memproduksi konten-konten menarik untuk dirayakan atau dipublikasikan menggunakan media-media tertentu. 

Pastikan agar media tertentu memiliki pengikut berjumlah banyak. Buat konten secara konsisten sehingga jumlah penonton senantiasa stabil. Cara ini banyak diterapkan oleh hampir semua kalangan masyarakat di Indonesia untuk mendapatkan uang. 

Cari peralatan yang mumpuni untuk mendirikan usaha content creator. Alat meliputi kamera, komputer dan lain sebagainya. Upayakan untuk update trend kekinian sehingga kedepannya bisnis Kreatif mampu memberikan keuntungan berlipat. 

Ide bisnis kreatif tersebut bisa diterapkan oleh sejumlah mahasiswa ataupun kalangan masyarakat umum. Pastikan bisnis yang dipilih sesuai dengan bidang paling dikuasai. Trik seputar bisnis lainnya bisa dipelajari dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar