Ide Bisnis untuk Mahasiswa agar Bisa Bayar Kos Sendiri

Mahasiswa
Mahasiswa 

 CariUang - Ide bisnis untuk mahasiswa banyak diterapkan untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Hasil tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu dana untuk membayar kos hingga melunasi UKT. Terdapat berbagai macam bisnis yang bisa ditempuh kalangan tersebut.

Table of Contents
 

Ragam Ide Bisnis untuk Mahasiswa 

Umumnya bisnis setelah lulus kuliah biasanya dirancang saat mahasiswa tersebut masih menempuh pendidikan. Terdapat berbagai macam jenis bisnis yang dapat ditempuh sesuai dengan keahlian. Berikut ini ide bisnis  untuk mahasiswa:

1. Buka Les Privat

Bisnis setelah lulus kuliah ataupun selama menjadi mahasiswa banyak diupayakan dengan membuka tempat les privat. Umumnya bisnis ini dijalankan dengan menyediakan rumah belajar dengan layanan bimbingan terhadap jenjang pendidikan tertentu. 

Les private
Les private

Kamu wajib memiliki keahlian dalam mengajar untuk menempuh bisnis ini. Sediakan beberapa media yang dibutuhkan mulai dari bangku, meja, dan media pembelajaran yang efektif. Dalam menempuh usaha ini wajib memiliki skill lain di bidang pendidikan. 

Upayakan Kamu mempunyai sifat sabar dan telaten sehingga proses mengajar terhadap siswa bisa menghasilkan keuntungan. Pastikan untuk senantiasa mengikuti kurikulum yang berlaku sehingga bimbel tidak ketinggalan dengan lembaga serupa lainnya. 

2. Online Shop

Bisnis yang menjanjikan untuk ditekuni mahasiswa selanjutnya yaitu online shop. Bisnis ini sering juga disebut dengan jualan online. Kamu bisa menawarkan sejumlah produk-produk tertentu sebagai alternatif jualan yang menghasilkan keuntungan berlipat ganda. 

Bagaimana cara jualan online? Cara jualan online bisa ditempuh dengan memanfaatkan sejumlah marketplace ataupun sosial media. Upload sejumlah produk tertentu di sosial media ataupun marketplace dengan menyertakan keterangan jelas dan terperinci. 

Jualan online
Jualan online

Lakukan kerja sama dengan sejumlah seller untuk mendapatkan harga produk terjangkau. Bisnis menjanjikan ini banyak ditempuh oleh sejumlah mahasiswa untuk meringankan beban orang tua dari segi biaya sehingga cukup membantu. 

3. MUA

Saat ini banyak sekali mahasiswa yang memilih untuk menyediakan bisnis sendiri berupa membuka jasa MUA. Umumnya ide bisnis untuk mahasiswa ini membutuhkan modal yang cukup kecil dan keahlian di bidang kecantikan atau tata rias.

Keahlian tersebut bisa dipelajari dengan otodidak atau mengikuti program kursus. Pastikan agar Kamu memahami karakteristik kulit dari setiap klien sehingga proses pelayanan tidak membutuhkan waktu panjang. Kamu bisa membuka jasa panggilan ataupun salon sendiri. 

Jasa MUA umumnya ditempuh dengan menyediakan layanan make up wisuda, tunangan, weding dan lain sebagainya. Dengan menyediakan sejumlah layanan tersebut Kamu bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda sesuai tujuan usaha.

4. Jualan Camilan Ringan

Bisnis setelah lulus kuliah atau selama menjadi mahasiswa bisa ditempuh dengan menawarkan aneka macam camilan ringan. Beberapa mahasiswa memilih memberi camilan ringan secara kiloan kemudian dijual secara ecer untuk mendapatkan keuntungan. 

Ide bisnis untuk mahasiswa ini bisa ditempuh dengan membuat brand sendiri. Pastikan agar pengemasan menarik sehingga mampu menggaet banyak pembeli terutama dari kalangan mahasiswa sendiri. Biasanya pengemasan diupayakan lengkap dengan brand. 

Jualan cemilan
Jual cemilan

Bisnis yang menjanjikan ini telah diterapkan oleh berbagai mahasiswa. Kamu bisa menawarkan berbagai macam jenis cemilan ringan mulai dari mie lidi, kripik kaca, makaroni pedas, dan masih banyak lagi. Upayakan agar ikuti trend agar penjualan laris. 

5. Jualan Buket dan Hampers

Usaha modal 1 juta untuk mahasiswa bisa ditempuh dengan menjual buket ataupun Hampers. Kamu hanya membutuhkan keahlian dalam merancang buket dan Hampers. Beberapa bahan yang dibutuhkan mulai dari bunga, kertas khusus buket, boxs dan lain sebagainya. 

Buat akun sosial media khusus untuk menawarkan ide bisnis untuk mahasiswa tersebut. Posting contoh produk buket dan Hampers yang ditawarkan pada sosial media yang bersangkutan. Beri kesempatan calon pembeli untuk request produk Hampers dan buket. 

Umumnya penjualan ini juga dibekali dengan brand atau label sendiri. Kamu bisa mencantumkan brand tersebut pada produk Hampers ataupun buket. Pastikan agar merancang dengan rapi sehingga proses penjualan berjalan lancar. 

Jual buket bunga segar
Buket bunga segar

6. Franchise Skincare 

Bagi Kamu yang hobi make up atau menyukai berbagai produk kosmetik sangat disarankan untuk mencoba bisnis franchise Skincare. Bangun kerja sama dengan brand-brand ternama dengan membayar biaya pendaftaran tertentu sebagai langkah awal. 

Upayakan agar brand yang dituju benar-benar aman dan telah terdaftar BPOM. Ide bisnis untuk mahasiswa ini banyak ditempuh oleh kalangan perempuan. Namun tidak sedikit juga kalangan atau kaum Adam mencoba bisnis ini sebagai bisnis sampingan. 

Tawarkan produk skincare tersebut pada kerabat, teman, ataupun keluarga. Kamu juga bisa menempuh jualan online dengan menawarkan produk skincare tersebut. Cara ini tentu jauh lebih efektif dan menjanjikan jika dilangsungkan secara berkala. 

7. Sablon Kaos

Usaha modal 1 juta untuk mahasiswa bisa ditempuh dengan mengupayakan sablon kaos. Umumnya usaha ini membutuhkan modal untuk membeli sejumlah peralatan dan juga bahan dasar. Bahan dasar bisa diupayakan dengan menjalin kerja sama melalui pihak garmen. 

Buat sablon dengan kualitas premium. Dan berikan kesempatan kepada pembeli untuk request desain sesuai keinginan mereka. Ide bisnis untuk mahasiswa ini tergolong jarang diterapkan. Namun jika Kamu berhasil menggaet pelanggan keuntungan bisa berlipat ganda. 

Kerjakan pesanan sesuai dengan permintaan dan kurun waktu singkat. Hindari mengolor waktu lantaran bisa mempengaruhi kepuasan batin dari pelanggan setia. Tawarkan juga hasil sablon dengan memanfaatkan keberadaan sosial media.

8. Fotografer 

Menurut pengalaman ku pribadi, banyak sekali mahasiswa yang memilih untuk menekuni dunia fotografi sebagai alternatif bisnis. Sebenarnya bisnis ini cukup menjanjikan asal Kamu mempunyai keahlian di bidang fotografi objek tertentu. 

Beberapa mahasiswa yang memilih menjadi fotografer menjelaskan, usaha ini hanya butuh sedikit belajar dan modal utama berupa kamera. Kamu juga bisa menawarkan jasa tambahan lainnya seperti editing hingga pencetakan sesuai request. 

Fotografer
Fotografer 

Dalam menjalankan usaha fotografer, Kamu wajib menyediakan sejumlah layanan pemotret baik indoor ataupun outdoor. Hal ini tentu menyesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan atau diperlukan setiap pelanggan. 

9. Rental

Ide bisnis untuk mahasiswa yang tidak kalah menarik yakni rental mobil. Usaha ini banyak ditempuh oleh mahasiswa laki-laki terutama yang hobi jalan. Biasanya usaha ini lengkap dengan jasa seorang sopir sehingga bayaran yang diterima bisa lipat ganda. 

Sediakan berbagai macam armada untuk menempuh usaha ini. Bagaimana jika mobil atau armada belum banyak? Kamu bisa lakukan pengandaian pada pihak tertentu. Kumpulkan keuntungan yang didapatkan untuk membeli armada baru. 

Rental mobil
Rental mobil

Pastikan untuk rutin service kendaraan atau armada yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan dari penumpang yang akan melakukan perjalanan. Pengecekan bisa menggunakan jasa bengkel terdekat dari lokasi Kamu. 

Ide bisnis untuk mahasiswa bisa ditempuh dengan sejumlah referensi tersebut. Pertimbangkan secara matang sebelum bisnis dilangsungkan. Pelajari referensi lainnya dengan memperbanyak membaca artikel di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar