Ide Bisnis Jelang Hari Raya Idul Adha, Beneran Bisa Bikin Kaya?

Orang hendak berkorban
Orang hendak berkorban 

CariUang - Jelang hari raya idul adha sejumlah kalangan pebisnis memilih untuk banting stir. Pasalnya terdapat sejumlah ide bisnis jelang hari raya idul adha yang berpotensi datangkan keuntungan lipat ganda. Tentu hal ini bisa membuat Kamu cepat kaya.

Table of Contents
 

Ragam Ide Bisnis Jelang Hari Raya Idul Adha 

Ide usaha saat kurban umumnya ditempuh dengan memiliki target penjualan umat muslim. Namun saat ini banyak umat dari agama lain turut serta merayakan momen ini. Berikut ini sejumlah ide bisnis jelang hari raya idul Adha yang bisa Kamu terapkan:

1. Penjualan Hewan Kurban

Bisnis pertama yang bisa Kamu buka menjelang hari raya kurban yakni menjual berbagai macam hewan untuk kebutuhan tersebut. Hari raya kurban memang identik dengan sejumlah hewan mulai dari sapi, kambing, domba, kerbau, hingga unta. 

Namun di Indonesia yang paling sering dilakukan yakni kambing dan sapi. Kamu bisa menyediakan sejumlah kebutuhan tersebut untuk mendapatkan keuntungan besar. Untuk mengupayakan usaha tersebut Kamu bisa memulainya dari sekarang. 

Jualan hewan kurban
Jualan hewan kurban

Umum-nya penjualan hewan kurban dilakukan jauh-jauh hari. Kamu bisa mengusahakan sejumlah perawatan terlebih dahulu agar hewan bersangkutan tumbuh gemuk-gemuk Selain mempengaruhi harga tentu hal ini juga mempengaruhi keuntungan. 

2. Jasa Penitipan Hewan Kurban

Sesuai penjelasan sebelumnya, menjelang hari raya kurban harga sejumlah hewan mengalami kenaikan. Hal ini menjadi beberapa orang memilih melakukan pembelian jauh-jauh hari. Apa ide usaha saat kurban sudah dekat?

Kamu bisa mengupayakan layanan jasa penitipan hewan kurban. Ide usaha saat kurban ini telah terbukti efektif mendatangkan keuntungan besar. Kamu bisa menyediakan sejumlah kebutuhan hewan mulai dari rumput hingga minuman. 

Buat kesepakatan dengan pihak pemilik hewan tersebut hingga nantinya Kamu tau kapan hewan tersebut diambil. Beberapa pemilik hewan kurban biasanya memilih mengambil titipannya 1- 2 Minggu sebelum hari raya kurban berlangsung. 

3. Jasa Pemotongan Hewan Kurban

Tidak semua orang dibekali keahlian dalam mengelola hewan kurban. Hal ini bisa Kamu manfaatkan dengan menyediakan jasa pemotong hewan. Jasa pemotongan hewan tentu membutuhkan sejumlah peralatan penting seperti pisau hingga parang. 

Lakukan pembelian sejumlah peralatan tertentu dan patok tarif dengan harga terjangkau. Umumnya jika orang tersebut telah ahli maka ide bisnis jelang hari raya idul adha dapat dijadikan sebagai bentuk patokan untuk mendapatkan keuntungan. 

Tidak hanya menjelang hari raya idul adha saja, Kamu bisa juga menyediakan jasa ini ketika musim hajatan. Biasanya pasca hari raya kurban banyak orang memilih untuk melangsungkan pernikahan secara besar-besaran. 

4. Penjualan Alat-alat Pemotongan Hewan Kurban

Ide bisnis jelang hari raya idul Adha salah satunya dengan menyediakan berbagai macam alat pemotong hewan bersangkutan. Bisnis ini sebenarnya tidak harus disediakan saat hari raya kurban saja melainkan bisa kapanpun

Alat pemotong meliputi pisau, parang, dan masih banyak lagi. Lakukan penjualan di pasar, secara online hingga membuka lapak khusus. Penjualan yang dilakukan secara konsisten membuat Kamu bisa mendapatkan pelanggan dalam jumlah banyak. 

Alat pemotongan hewan kurban
Alat pemotongan hewan kurban 

Sediakan berbagai macam alat pemotong dengan jenis dan ukuran berbeda-beda. Hal ini bertujuan agar pembeli bisa memilih secara leluasa sehingga kepuasan batin mereka bisa terupayakan dengan maksimal. 

5. Jual Busana Muslim dan Mukena

Bisnis tahunan yang terbukti mendatangkan keuntungan besar yakni dengan jualan pakaian muslim dan mukena saat menjelang idul Fitri ataupun adha. Pasalnya pada momen tersebut banyak umat muslim berlomba-lomba menunjukkan penampilan terbaik. 

Kamu bisa menyediakan berbagai macam model pakaian muslim untuk anak-anak hingga orang dewasa. Pastikan agar semua busana yang disediakan tetap memenuhi syariat Islam sehingga pembeli tetap merasakan kenyamanan. 

Jualan pakaian muslim
Jualan pakaian muslim

Tidak hanya busana, Kamu juga wajib menyediakan sejumlah mukena. Pasalnya mukena tersebut akan digunakan oleh umat muslim untuk melakukan sholat Ied di masjid terdekat. Jadi tidak ada salahnya Kamu mencoba bisnis tahunan satu ini. 

6. Jual Produk Olahan Daging 

Kamu juga bisa mencoba ide bisnis jelang hari raya idul adha berupa penyediaan sejumlah produk olahan daging. Tidak hanya itu saja, Kamu juga bisa menyediakan sejumlah daging potong yang siap diolah. Hal ini biasanya dituju oleh orang yang belum mampu berkurban. 

Sediakan berbagai macam olahan daging mulai dari sate, rendang, dan lain sebagainya. Bisnis tahunan ini terbukti cukup efektif dalam meningkatkan pendapatan seseorang. Produk olahan daging sapi apa saja yang paling banyak diminati?

Produk olahan daging sapi
Produk olahan daging sapi

Menurut pengalaman ku pribadi, olahan daging sapi ataupun kambing paling banyak diminati yakni sate. Jadi upayakan agar Kamu menyediakan produk tersebut untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. 

7. Penggilingan Daging 

Saat hari raya kurban beberapa masyarakat yang mendapatkan daging memilih mengolahnya menjadi bakso. Hal ini bisa Kamu manfaatkan dengan mendirikan ide bisnis menjelang hari raya idul adha dengan membuka jasa penggilingan. 

Buka jasa tersebut di tempat-tempat strategis seperti pasar ataupun rumah. Pastikan jasa yang disediakan dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Hal ini bertujuan agar jumlah pelanggan atau pembeli senantiasa bertambah seiring berjalan waktu. 

Penggilingan daging sapi
Penggilingan daging sapi 

Beberapa pemilik usaha ini banyak juga yang menyediakan layanan pembuatan bumbu sekaligus. Jadi adonan yang telah digiling diberikan bumbu sesuai dengan takaran tertentu. Cara ini terbukti efektif meningkatkan pendapatan pemilik usaha. 

8. Penjualan Nanas

Saat hari raya kurban permintaan terhadap nanas senantiasa mengalami peningkatan. Untuk apa nanas tersebut diperlukan? Untuk menghilangkan bau amis pada daging yang dipotong oleh masyarakat sekitar. Kamu bisa menjadikan sebagai peluang usaha. 

Ide bisnis jelang hari raya idul adha ini bisa Kamu upayakan dengan menjalin mitra bersama petani nanas. Pastikan nanas yang disediakan masih layak konsumsi, fresh dan dibanderol dengan harga cukup terjangkau oleh Kalangan masyarakat. 

Penjualan Nanas bisa dilakukan berdasarkan kiloan ataupun ecer. Kamu bisa menjual nanas dengan menyediakan buah-buahan lainnya. Namun beberapa orang juga ada yang memilih membuka lapak khusus nanas sehingga cukup efektif mendatangkan untung. 

9. Penjualan Bumbu Instan dan Rempah-rempah 

Ide bisnis jelang hari raya idul adha yang cukup mendatangkan keuntungan salah satunya yakni dengan menjual bumbu instan. Penjualan bumbu instan ini tentu banyak disukai oleh sejumlah kalangan masyarakat tertentu terutama yang tidak bisa masak.

Lakukan uji coba terlebih dahulu terhadap produk bumbu instan tersebut. Dibutuhkan keahlian di bidang kuliner dan tata boga agar usaha ini berjalan dengan optimal. Upayakan agar proses pembuatan memenuhi standar tertentu sehingga memuaskan. 

Baiknya penjualan dilakukan dengan menawarkan produk lainnya'. Cara ini terbukti mampu mendatangkan keuntungan besar menjelang hari raya idul adha ataupun bias dikenal dengan momen berkurban. 

Ide bisnis jelang hari raya idul adha bisa ditempuh dengan alternatif tersebut. Pastikan usaha yang ditempuh dilakukan dengan berbagai macam pertimbangan. Hal ini bisa diperkuat dengan membaca referensi dari artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar