Analisis Peluang Bisnis Lapis Bogor Sangkuriang

 

Ilustrasi brownies Sangkuriang
Ilustrasi lapis Sangkuriang

CariUang - Brand Sangkuriang merupakan salah satu merk produk makanan terkenal di Indonesia. Brand tersebut dikenal lantaran sering menyajikan berbagai macam produk oleh-oleh khas Bogor seperti lapis. Lapis Bogor Sangkuriang sendiri sering dijadikan primadona daerah tersebut.

Table of Contents
 

Mengintip Strategi Pemasaran Lapis Bogor Sangkuriang 

Toko lapis Sangkuriang mudah dijumpai di Indonesia. Bahkan toko lapis Sangkuriang bisa dicari melalui google map. Hal ini tentu memudahkan Kamu untuk mencari keberadaan toko lapis Sangkuriang. Berikut ini sejumlah strategi yang diterapkan oleh lapis Bogor Sangkuriang:

1. Cabang dimana-mana 

Salah satu hal yang membuat lapis Sangkuriang dikenal oleh banyak orang yakni cabang dimana-mana. Kamu tidak perlu mengunjungi Bogor terlebih dahulu untuk mencoba kelezatan lapis tersebut. Bagaimana cara mengetahui keaslian produk lapis?

Untuk mengetahui keaslian produk lapis, Kamu bisa melakukan pembelian di gerai asli Sangkuriang. Umumnya penjualan produk asli biasanya terdapat pada toko pribadi brand tersebut meskipun cabang terdekat. Upayakan agar membeli secara langsung. 

Selain cabang dimana-mana lapis Sangkuriang terdekat juga berani memberikan jaminan terkait keaslian. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik melakukan pembelian produk lapis Bogor Sangkuriang dengan berbagai varian rasa. 

2. Sertifikasi Halal

Menurut pendapat ku pribadi, salah satu hal yang menarik dari lapis Bogor Sangkuriang yakni sertifikasi halal. Sebelumnya banyak sekali pertanyaan terkait apakah lapis Sangkuriang halal? Melalui kemasan tersebut sudah dijelaskan bahwa lapis Sangkuriang halal. 

Kehalalan yang dicantumkan pada kemasan seakan menjadi jaminan bahwa semua bahan-bahan tidak menyalahi aturan agama terutama Islam. Kenapa produk halal harus diupayakan oleh pemilik usaha? Mayoritas agama di Indonesia didominasi Islam.

Jadi mau tidak mau Kamu harus mengupayakan produk halal untuk menggaet banyak pelanggan. Lapis Sangkuriang halal dibuktikan dengan mencantumkan label pada kemasan. Kamu bisa meniru hal tersebut sebagai salah satu strategi marketing. 

3. Kemasan Praktis 

Hal yang membuat lapis Bogor Sangkuriang menarik yakni kemasan praktis. Kemasan produk ini diupayakan dengan memanfaatkan box berukuran persegi panjang yang telah didesain sendiri. Bagaimana desain dari kemasan lapis Bogor?

Desain kemasan didominasi oleh brand, varian, komposisi dan gambar produk. Pengupayaan kemasan ini tentu menarik bagi hampir semua orang. Pastikan juga Kamu mengupayakan kemasan praktis jika ingin produk dikenal dan disukai oleh banyak orang. 

Ilustrasi pengemasan
Ilustrasi pengemasan

Selain kemasan praktis, brand ini memiliki logo cukup ikonik. Jadi Kamu bisa membedakan lapis Sangkuriang asli atau tidak. Pastikan untuk melibatkan orang yang ahli dalam desain produk sehingga hasil kemasan senantiasa memuaskan. 

4. Bahan Berkualitas 

Salah satu hal yang menarik dari lapis Sangkuriang terdekat yakni senantiasa menggunakan bahan-bahan berkualitas. Bahan-bahan berkualitas yang digunakan dicantumkan dalam kemasan dan juga dibutuhkan melalui kelezatan rasa. 

Apa saja bahan dasar dari lapis Sangkuriang? Tepung, gula, pengembang, perasa, telur, dan lain sebagainya. Dibalik kesuksesan brand ini tentu ada resep tersendiri yang dikembangkan oleh pemilik usaha dari lapis Sangkuriang tersebut. 

Telur
Telur

Kamu bisa juga menyiapkan resep atau rahasia khusus dalam membuat produk makanan sehingga semakin khas dan dikenal banyak orang. Dengan begitu besar potensi produk makanan berbeda dari lainnya dan terlihat unik di mata orang-orang. 

5. Rasa Lezat

Menurut pendapat beberapa orang, daya tarik pada lapis Sangkuriang terdekat yakni kelezatan rasa. Kelezatan rasa lapis Sangkuriang terdekat memang tidak perlu diragukan lagi. Bagaimana rasa lapis Sangkuriang yang asli dari Bogor?

Menurut pengalaman ku pribadi, rasa lapis Sangkuriang Bogor asli yakni manis, lumer, dan teksturnya cukup empuk. Tidak hanya itu saja, satu porsi lapis Sangkuriang bisa dikonsumsi oleh 2 orang dan cukup mengenyangkan sehingga cocok dijadikan buah tangan. 

Ilustrasi orang mencicipi makanan enak
Ilustrasi orang mencicipi makanan enak

Tidak hanya terkenal dengan kelezatannya saja, lapis Bogor Sangkuriang ini juga dikenal sebagai oleh-oleh yang memiliki rasa khas. Jadi oleh-oleh khas Bogor ini membuat orang-orang akan ketagihan dan tidak akan puas hanya sekali mencoba. 

6. Varian Banyak

Lapis Bogor Sangkuriang juga menyajikan berbagai macam varian rasa lezat. Apa saja varian rasa yang ditawarkan? Original, keju, Tiramisu, pandan, durian, choklat dan lain sebagainya. Penyajian varian rasa ini membuat pembeli bisa milih sesuai selera. 

Bagaimana cara mengetahui selera banyak orang? Lakukan riset pasar untuk mengetahui selera banyak orang. Gunakan data tersebut untuk mengembangkan produk kuliner tertentu. Apa yang harus dikuasai dalam membuat bisnis kuliner?

Yang harus dikuasai yakni kemampuan tata boga, marketing, hingga pengembang produk. Pastikan varian yang disediakan disukai oleh target marketing. Sebaiknya buat perencanaan matang untuk mengupayakan tahapan ini agar berjalan lancar. 

7. Harga Terjangkau 

Tidak hanya dari segi varian, salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh lapis Bogor Sangkuriang juga terletak pada harga. Strategi yang ditawarkan mereka dari segi harga membuat banyak orang tergila-gila akan kelezatan lapis Bogor satu ini. 

Berapa harga lapis Bogor? Harga lapis Bogor mulai dari Rp 28.000 per box. Namun mereka juga seringkali mengadakan promosi yang membuat banyak orang semakin jatuh cinta dengan brand ini. Pastikan agar Kamu menerapkan hal ini sebagai marketing. 



Harga terjangkau
Harga terjangkau

Penetapan harga sebaiknya dipertimbangkan dengan menganalisis beberapa tahapan mulai dari modal hingga pengembangan. Dengan begitu Kamu bisa menentukan harga terbaik sesuai ketentuan atau indikator-indikator bersangkutan. 

8. Hubungan dengan Pelanggan Baik

Brand Sangkuriang memiliki hubungan baik dengan pelanggan. Bagaimana Mereka membangun hubungan baik sementara usaha telah luas? Cara mereka jalin hubungan dengan memanfaatkan keberadaan sosial media atau situs tertentu. 

Di sana pembeli bisa memberikan saran ataupun kritik terhadap brand bersangkutan. Tentu hal itu memudahkan Mereka untuk melakukan evaluasi terhadap beberapa indikator yang dirasa kurang optimal terlebih berkaitan dengan operasional produk lapis. 

Menjalin hubungan dengan klien bisa manfaatkan sosial media
Menjalin hubungan dengan klien bisa manfaatkan sosial media

Kamu bisa memanfaatkan keberadaan sosial media seperti Instagram untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Hubungan yang baik dengan pelanggan menurut pendapatku bisa dijadikan sebagai bentuk marketing tambahan sehingga penghasilan meningkat. 

9. Pemanfaatan Digitalisasi 

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, saat ini pembelian lapis Bogor Sangkuriang tidak perlu mengunjungi tempatnya langsung. Kamu bisa melakukan pembelian dengan memanfaatkan keberadaan sosial media ataupun marketplace ternama. 

Hal ini menjadi bukti bahwa brand Sangkuriang telah adaptasi dengan digitalisasi. Kamu juga bisa mengupayakan hal tersebut untuk meningkatkan pendapatan melalui jualan online. Bagaimana jika tidak memahami arus Digitalisasi yang baik dan benar?

Kamu akan kesulitan bersaing dengan sejumlah kompetitor lainnya. Terlebih saat ini hampir semua pilih usaha di berbagai macam bidang telah memanfaatkan kebersihan digitalisasi untuk memperluas mitra ataupun jangkau bisnis. 

Strategi marketing dan kepandaian mencari peluang usaha menjadi kunci sukses lapis Bogor Sangkuriang. Kamu bisa mencontoh strategi tersebut dengan inovasi baru. Infomasi Seputar bisnis kuliner lainnya bisa dipelajari dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar