Cara Membuka Bisnis Tambal Ban, Prosepek Usaha Menguntungkan di Pinggir Jalan

Tambal ban
Tambal ban

CariUang - Beberapa pengguna jalan raya seringkali mengalami masalah secara tiba-tiba seperti ban gembos, bocor ataupun oli kering. Hal itu sebenarnya bisa dijadikan sebagai peluang usaha dengan menerapkan cara membuka bisnis tambal ban.

Table of Contents
 

Trik Memulai Bisnis Tambal Ban

Hampir semua layanan tambal ban terdekat menjadi salah satu penolong. Kamu bisa menyediakan berbagai macam layanan tambal ban untuk mendapatkan keuntungan. Berikut ini sejumlah cara yang bisa diterapkan untuk memulai bisnis tambal ban:

1. Buka Lapak di Tempat Strategis

Langkah pertama yang bisa diterapkan oleh pemilik jasa tambal ban terdekat yaitu membuka lapak di tempat strategis. Lapak bisa berupa stand pinggir jalan ataupun menyewa ruko. Lapak tersebut hendaknya memiliki tempat duduk untuk pelanggan. 

Buat tempat duduk yang nyaman sehingga Mereka bisa sabar menantikan proses penggantian atau penambalan ban. Umumnya layanan ini dibuat di ruko lantaran penyediaan berbagai macam layanan bisa dilakukan dengan optimal sesuai permintaan. 

Pasang plang untuk menunjukkan lokasi
Pasang plang untuk menunjukkan lokasi

Sementara'penayangan menyediakan lapak tambal ban yang di pinggir jalan hanya membutuhkan beberapa peralatan saja. Namun, biasanya bisnis tersebut kurang dilirik lantaran dianggap beberapa layanan tidak lengkap dan kurang optimal. 

2. Upayakan Mudah Terlihat

Jasa tambal ban terdekat hendaknya mudah dilihat dan diketahui oleh banyak orang. Hal ini sebenarnya berkaitan erat dengan poin sebelumnya. Jasa tambal ban 24 jam biasanya mengupayakan hal tersebut dengan membuat plang berukuran besar. 

Bagaimana jika lokasi sudah terlihat? Jika lokasi sudah terlihat maka Kamu tidak perlu membuat plang. Hal ini sebenarnya menjadi bukti bahwa penting sekali membuat lapak yang strategis dan mudah dilihat oleh banyak orang. 

Kamu juga bisa membuat alternatif lain agar tempat diketahui salah satunya dengan memasang map. Cantumkan alamat dan jam operasional dari tambal ban tersebut sehingga orang-orang atau target marketing langsung mengunjungi jika memerlukan kebutuhan tersebut. 

3. Promosi Efektif

Agar jasa tambal ban 24 jam makin laris, Kamu bisa menempuh promosi. Bisnis tambal ban memang membutuhkan promosi agar bisa mengatasi daya saing yang cukup ketat ini. Promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan apa saja? 

Promosi bisa dilakukan dengan membuat media sosial, memasang plang, sebar brosur dan lain sebagainya. Bagaimana jika promosi tidak dilakukan. Jika promosi tidak dilakukan maka bisnis tambal ban akan kesulitan mengalami perkembangan. 

Sebar brosur
Sebar brosur

Menurut pemilik bisnis tambal ban, beberapa dari mereka tidak melakukan promosi lantaran telah mendapat kepercayaan oleh masyarakat. Tentunya hal ini berlaku bagi usaha yang telah memiliki langganan dan mampu memikat hati banyak orang. 

4. Lakukan Kombinasi Usaha

Menurut pendapat beberapa pemilik jasa tambal ban 24 jam, mereka kerap melakukan kombinasi usaha. Apa yang dimaksud dengan kombinasi usaha? Menurut pendapat ku, kombinasi merupakan gabungan beberapa usaha menjadi satu tempat dan pengelola. 

Kamu bisa mendidik lapak ganti ban sekaligus angkringan, atau layanan perbaikan lainnya. Cara ini dilakukan untuk apa? Cara ini bertujuan agar bengkel tambal ban mengalami perkembangan dan keuntungan yang didapatkan semakin optimal. 

Usaha tambahan bisa dengan jualan jajanan
Usaha tambahan bisa dengan jualan jajanan

Dengan cas ini pelanggan bengkel tambal ban tidak akan jenuh ataupun bosan jika mengantri terlalu lama. Biasanya layanan ini disediakan oleh pemilik usaha yang telah memiliki modal berjumlah banyak ataupun melimpah ruah. 

5. Meningkatkan Skill

Cara lain agar bisnis tambal ban semakin meningkat yakni Kamu perlu memperluas skill. Bagaimana cara memperluas skill? Rutin melakukan latihan seiring dengan praktik bengkel tambal ban yang dijalankan. Bagaimana jika belum punya skill menambal?

Kamu bisa melakukan kursus atau latihan secara otodidak. Sejatinya menambal ban tergolong cukup mudah jika sedari awal telah memahami pedoman pergantian. Perluas Akil tersebut agar layanan yang disediakan semakin membantu banyak orang. 

Tidak hanya memperluas skill, Kamu juga bisa meningkatkan pelayanan lain seperti ganti ban. Jika terpaksa skill belum dimiliki, Kamu bisa mencari tenaga tambahan. Hal ini tentu bertujuan agar kedepannya usaha bersangkutan mendatangkan keuntungan besar. 

6. Layanan Tambahan

Kamu juga bisa mengupayakan bisnis tambal ban yang laris manis dengan memperluas layanan. Layanan seperti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat? Layanan yang dibutuhkan meliputi ganti ban, ganti oli, dan masih banyak lagi. 

Pastikan agar layanan yang disediakan dikerjakan oleh orang telah ahli. Hal ini agar sesuai dengan prosedur praktik dari otomotif. Dalam memulai usaha ini dibutuhkan keahlian di bidang otomotif atau mesin. 

Layanan ganti oli
Layanan tambahan berupa ganti oli

Kamu juga bisa menyediakan layanan tambahan lainnya seperti panggilan tambal ban. Layanan ini tentu membantu masyarakat yang tiba-tiba ban bocor ataupun meledak. Untuk mengupayakan hal ini tentu dibutuhkan tim lebih dari 1 orang. 

7. Menangkan Marketing

Untuk mengupayakan keuntungan melimpah pada usaha tambal ban, dibutuhkan keahlian di bidang marketing. Tahapan ini sebenarnya berkaitan erat dengan promosi. Kamu harus memenangkan usaha tersebut sehingga daya saing bisa ditepis. 

Bagaimana cara memenangkan usaha? Kamu bisa menyediakan layanan yang optimal, meningkatkan kepuasan pelanggan dan masih banyak lagi. Upaya satu ini telah diterapkan oleh pemilik bengkel tambal ban di berbagai wilayah. 

Apa yang Kita dapatkan ketika mampu memenangi marketing? Tentu pelanggan tetap, keuntungan stabil dan juga perkembangan bisnis tambal ban yang kian menguntungkan. Jadi bisa dipastikan tahapan satu ini sangat penting. 

8. Melibatkan Pekerja

Kamu yang ingin bisnisnya maju tentu harus memperluas usaha. Cari orang yang telah melibatkan pekerja berpengalaman untuk memperluas layanan. Cara ini tentu wajib dilakukan oleh mereka yang telah memiliki bengkel skala menengah. 

Mencari tim berpengalaman dan ahli di bidang otomotif menjadi salah satu hal yang tergolong cukup susah. Namun jika sakalinya Kamu mendapatkan tim berpengalaman maka pelayanan dan perkembangan bisnis bisa dirasakan dalam jangka dekat. 

Tim ahli berpengalaman
Tim ahli berpengalaman 

Bagi pemilik bengkel tambal ban yang buka selama 24 jam sangat penting sekali membangun tim berpengalaman dengan jumlah lebih dari 2. Tentu mereka akan bekerja dengan sistem shif sehingga pekerjaan yang dihasilkan tetap optimal. 

9. Waralaba

Bagi Kamu yang malas untuk melakukan promosi sangat disarankan untuk membangun bisnis tambal ban dengan sistem waralaba. Apa yang dimaksud dengan sistem waralaba. Sistem waralaba adalah Kamu tinggal membayar kepada brand tertentu..

Nantinya pihak brand tersebut akan memberikan Kamu sejumlah perlengkapan dan memberikan saran terkait keberlangsungan bisnis. Brand ternama biasanya telah memiliki citra positif di kalangan masyarakat sehingga promosi tidak perlu dilakukan. 

Bahkan Mereka akan memberikan pengarahan optimal sehingga bisnis bisa dijalankan dengan stabil. Apakah bisnis waralaba sudah banyak diterapkan? Sudah banyak diterapkan dengan memilih beberapa paket yang tersedia di kalangan masyarakat. 

Bisnis tambal ban merupakan salah satu jenis layanan yang paling banyak dibutuhkan. Kamu bisa membuat lapak sendiri ataupun tergabung sebagai franchise. Bisnis otomotif lainnya bisa Kamu pelajari dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar