Cara Mencari Supplier yang Tepat dan Bisa Datangkan Untung Berlipat

 

Supplier
Supplier

CariUang - Cara mencari supplier yang tepat banyak dipertimbangkan oleh pemilik bisnis online ataupun offline. Pasalnya pencarian supplier yang tepat mampu menghadirkan keuntungan berkali-kali lipat sesuai dengan harapan sekaligus tujuan mendirikan usaha.

Table of Contents
 

Sejumlah Cara Mencari Supplier yang Tepat

Sebelum membahas lebih lanjut sebenarnya apa sih supplier itu? Supplier adalah orang yang memasok barang dalam jumlah banyak. Supplier adalah salah satu pusat grosir produk jualan. Berikut ini cara mencari supplier yang bisa Kamu terapkan:

1. Tentukan Produk yang akan dijual

Langkah pertama yang bisa diterapkan oleh semua orang dalam mencari supplier yakni menentukan produk jualan. Supplier adalah grosir jadi sebelum mendatangi pihak tersebut penting sekali bagi Kamu memahami produk-produk yang akan dibeli. 

Jika produk yang ditawarkan berupa sayuran, sebaiknya Kamu menjalin kerja sama atau mencari supplier berupa petani. Cara mencari supplier ini bertujuan agar mendapatkan harga jauh lebih murah. Hampir semua pemilik usaha menerapkan tahapan satu ini. 

Sebelum menentukan produk yang dijual, Kamu juga wajib memahami konsep bisnis. Bagaimana jika tidak paham terhadap produk jualan? Kamu akan kesulitan mencari supplier dalam kurun waktu singkat lantaran lantaran produk jualan belum jelas. 

2. Perhatikan Kualitas

Supplier yang tepat biasanya menyediakan sejumlah produk yang berkualitas. Kamu wajib mengutamakan produk supplier yang berkualitas sebagai salah satu bentuk pengupayaan bisnis. Bagaimana cara mengetahui produk tersebut berkualitas atau tidak? 

Menurut pengalaman dari sejumlah pelaku usaha, produk berkualitas dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya. Jadi pastikan teliti dalam melakukan pengamatan. Beberapa pemilik bisnis memilih membeli dalam satuan terlebih dahulu untuk mengamati kualitas. 

Ilustrasi kualitas produk dari supplier
Ilustrasi kualitas produk dari supplier 

Bagaimana jika tidak mencari produk berkualitas? Proses bisnis kurang berjalan efektif lantaran tidak bisa mengupayakan kepuasan batin pembeli. Bahkan usaha yang Kamu jalankan berpotensi mendapatkan stigma buruk dari kalangan masyarakat sekitar. 

3. Jangan Tergiur Harga

Mencari supplier tangan pertama memang tergolong gampang-gampang susah. Cara mencari supplier terkadang membuat pelaku usaha terjebak. Pasalnya Mereka gampang tergiur dengan penawaran harga yang terlalu murah. 

Memangnya kenapa kalau harga terlalu murah? Dalam dunia bisnis ada uang ada barang. Semakin mahal produk tertentu maka harganya lebih tinggi, bisa dikatakan uang penentu kualitas. Jadi hindari memilih supplier yang terlalu murah tapi kualitas masih dipertanyakan. 

Pertimbangkan harga
Pertimbangkan harga

Pastikan bahwa harga yang didapatkan dalam mencari supplier tangan pertama sesuai dengan standar pasar. Ketahui dulu harga rata-rata di pasaran. Untuk mengetahui harga produk, Kamu bisa memanfaatkan keberadaan internet ataupun sosial media. 

4. Pertimbangkan Satu Tempat ke Tempat Lain

Cara mencari supplier yang tepat juga bisa diupayakan dengan mempertimbangkan harga dari satu tempat ke tempat lain. Kenapa harga perlu dipertimbangkan? Menurutku, pertimbangan harga bisa dilakukan dengan tujuan mendapatkan penawaran terbaik. 

Beberapa supplier biasanya menawarkan produk dengan harga terjangkau jika pembelian berjumlah banyak dan telah berlangganan. Awal-awal Kamu bisa mencoba supplier A, dilanjutkan bulan berikutnya supplier B, dan bulan berikutnya tempat lain. 

Pertimbangan harga ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas produk dari sejumlah supplier yang ada. Biasanya supplier dari tangan pertama mampu harga miring dengan kualitas produk tidak perlu diragukan. Hal ini tentu bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. 

5. Baca Ulasan

Mencari supplier tangan pertama biasanya juga diupayakan oleh pemilik bisnis dengan membaca ulasan dari internet. Hal ini tentu bisa dijadikan sebagai salah satu hal untuk mengetahui sejauh mana supplier tersebut mampu memberikan pelayanan dan kepuasan pembaca. 

Hindari berpacu pada satu media atau platform internet tertentu. Usahakan membaca semua ulasan yang masuk. Jadikan ulasan positif sebagai salah satu bentuk pertimbangan. Dan jadikan ulasan negatif sebagai bentuk pengingat. 

Indikator kepuasan pelanggan
Indikator kepuasan pelanggan 

Seiring berjalannya waktu, menurutku pribadi langkah ini sebenarnya kurang tepat. Pasalnya banyak sekali supplier yang memilih untuk menyewa akun palsu guna membuat ulasan. Tentu hal ini membuat Kamu harus senantiasa selektif dan hati-hati. 

6. Tinjau Jumlah Stok

Pengupayaan cara mencari supplier amanah bisa dilakukan dengan mempertanyakan stok. Apakah stok yang disediakan oleh pihak tersebut banyak atau tidak. Jumlah stok yang terbatas membuat Kamu nantinya kesulitan memenuhi permintaan pasar berjumlah banyak. 

Upayakan untuk senantiasa meninjau jumlah stok yang ada guna memenuhi permintaan dari pelanggan setia. Bagaimana cara mengetahui stok dari supplier? Kamu bisa menanyakan jumlah tersedia yang bisa dibeli. 

Ketersediaan stok produk
Ketersediaan stok produk 

Bagaimana kalau terpaksa stok yang dimiliki terbatas? Kamu bisa menanyakan kepada supplier tersebut terkait jangka ketersediaan produk serupa. Namun biasanya sejumlah pemilik usaha banyak juga yang memilih untuk mencari supplier lainnya. 

7. Perhatikan Layanan

Saat memilih bisnis apapun pasti pemilik usaha akan mempertimbangkan layanan yang tersedia. Jadi layanan yang tersedia bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk memperjuangkan kenyamanan saat proses transaksi atau bisnis berjalan. 

Pilih supplier yang mampu memberikan pelayanan prima, mampu menyediakan berbagai kebutuhan, komunikasi terjalin efektif dan masih banyak lagi. Layanan yang optimal menjadikan kerja sama antara supplier dan pemilik bisnis lebih harmonis. 

Kedepannya cara mencari supplier ini bisa juga membangun relasi bisnis lebih luas lagi. Dalam mengupayakan layanan prima, Kamu bisa mempertimbangkan berbagai hal mulai dari prosedur pengiriman, pengembalian dan masih banyak lagi. 

8. Ketepatan Pengiriman 

Menurut pendapat salah satu pemilik bisnis di bidang ritel, Mereka cenderung menyukai supplier yang tepat waktu. Ketepatan waktu dalam mengupayakan pengiriman tentu membuat bisnis bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan dalam bentuk apapun. 

Pengiriman barang biasanya menggunakan apa? Pengiriman barang tergantung dengan jarak dan jenis produk yang dibeli oleh pemilik bisnis. Pengiriman bisa menggunakan truk, mobil box, kapal, pesawat dan masih banyak lagi. 

Pengiriman produk
Pengiriman produk 

Biasanya pemilik usaha akan memilih berlangganan pada supplier yang mampu mengupayakan kecepatan saat mengirimkan. Pengiriman biasanya dilakukan pasca pembayaran lunas. Namun ada beberapa supplier yang memperbolehkan DP ( jika sudah langganan). 

9. Prosedur Pengembalian Barang dan Garansi

Terkadang dalam dunia bisnis kerap kali mengalami hambatan salah satunya produk rusak. Untuk mengupayakan sejumlah produk yang berkualitas, Kamu bisa mengembalikannya pada supplier sesuai dengan kesepakatan awal saat menjalin usaha. 

Bagaimana jika tidak bisa dikembalikan? Sejak awal Kamu harus membangun kerja sama dan perjanjian sehingga jika produk yang tidak sesuai bisa dikenali. Hal ini biasanya berlaku bagi pemilik bisnis yang mendapatkan barang atau produk rusak. 

Kesepakatan garansi
Kesepakatan garansi

Pertimbangkan juga garansi saat menempuh cara mencari supplier tepat. Hindari memilih supplier yang tidak mampu mengupayakan supplier bagi pelanggan setia. Biasanya garansi memiliki syarat dan ketentuan tertentu yang tidak merugikan kedua belah pihak. 

Cara mencari supplier amanah dan tepat bisa Kamu tempuh dengan menerapkan trik-trik tersebut. Upayakan untuk mempertimbangkan sejumlah hal untuk mencari supplier amanah. Trik seputar bisnis lain bisa Kamu pelajari dengan baca artikel di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar