Cara Bikin Usaha Studio Foto Terdekat yang Untung Berlipat

 

Studio foto
Studio foto 

CariUang - Foto merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sejumlah orang untuk mengabadikan momen bersama keluarga, teman, ataupun pasangan. Jasa foto dapat diupayakan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara yang paling umum dijumpai yakni pembuatan studio foto terdekat.

Table of Contents

Trik Membuat Studio Foto Terdekat agar Banyak Pelanggan

Dalam membuat studio foto murah tentu dibutuhkan berbagai macam tahapan mulai perencanaan hingga pemasaran. Dalam mengupayakan tahapan ini Kamu harus punya jiwa kewirausahaan sejak awal. Berikut ini cara membuat studio foto terdekat yang untung berlipat:

1. Sediakan Ruangan Khusus di Rumah atau Lapak

Kamu wajib membuat ruangan khusus baik di ruang ataupun tempat yang akan dijadikan sebagai lokasi usaha. Ruangan khusus ini perlu diupayakan untuk menunjang pelayanan fotografi terhadap calon pelanggan yang datang untuk menempuh kebutuhan bersangkutan. 

Pastikan ruangan yang disediakan sedikit lebih lapang dan memiliki sejumlah fasilitas seperti AC. Hal ini bertujuan agar kedepannya Kamu tidak perlu membuat calon customer yang datang berdiri saat menunggu proses pemotretan selesai. 

Ruangan khusus
Ruangan khusus

Usahakan ruangan tersebut tidak minim pencahayaan sehingga hasil foto memuaskan. Bagaimana jika ruangan gelap? Menurut sejumlah pemilik studio, jika ruangan gelap maka fotografi bisa dilakukan dengan memanfaatkan pencahayaan lampu.

2. Sediakan Berbagai Lampu

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, studio foto murah yang dijangkau oleh semua orang hendaknya harus tetap memiliki penerangan optimal. Penerangan yang optimal bisa Kamu upayakan dengan memasang banyak lampu dengan Watt tinggi. 

Selain untuk pencahayaan, keberadaan lampu ini memudahkan fotografer mengambil sisi bagus dari jasa studio foto murah yang ditawarkan. Pastikan lampu yang dibeli bermerk dan memiliki kualitas tinggi sehingga tidak perlu bolak-balik beli. 

Contoh lampu hiasan
Contoh lampu hiasan

Ruangan studio yang tidak memiliki pencahayaan bagus biasanya membuat hasil foto kurang optimal. Hal ini tentu jika dibiarkan mampu menjadikan usaha studio foto terdekat kalah saing dengan tempat lain atau bahkan berpotensi mengalami kerugian. 

3. Buat Dekorasi Pendukung

Dekorasi studio foto menjadi hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan usaha tersebut. Kamu wajib mengupayakan dekorasi studio foto yang bersifat menarik dan kekinian sehingga kedepannya membuat customer nyaman melakukan pemotretan. 

Pengupayaan dekorasi studio foto dapat disesuaikan juga dengan request. Biasanya pemilik studio foto terdekat tidak hanya berpacu pada satu dekorasi. Pembuatan dekorasi memang membutuhkan biaya yang bisa dikatakan tidak murah. 

Dekorasi
Contoh dekorasi foto khas ulang tahun

Namun hal tersebut bisa kembali menjadi keuntungan besar jika pengelolaan yang Kamu lakukan mampu menarik perhatian banyak orang. Upayakan agar dekorasi yang diupayakan ramah terhadap semua tema pemotretan. 

4. Upayakan Properti Lain

Studio foto terdekat banyak sekali menawarkan berbagai macam properti menarik. Properti yang ditawarkan bisa berupa tempat duduk, bunga, dan aksesoris foto lainnya. Tujuan utama menyediakan keberadaan properti yakni agar pemotretan lebih leluasa. 

Tidak hanya itu saja, keberadaan properti dalam pemotretan juga membuat hasil foto tampak lebih santai. Biasanya permintaan properti ini diupayakan berdasarkan permintaan dari customer sebelum memulai sesi pemotretan sesuai perjanjian awal. 

Bagaimana jika studio foto tidak punya properti? Studio foto yang tidak punya properti cenderung bisa kalah saing dengan tempat lain. Bukan hanya itu saja, tidak adanya properti membuat sesi pemotretan tampak sangat membosankan bagi customer. 

5. Gunakan Kamera Berkualitas

Dalam mengupayakan fotografi yang berkualitas dan memuaskan tentu dibutuhkan kamera berkualitas. Untuk mengupayakan kamera berkualitas tentu kamu harus melakukan pembelian. Pastikan untuk membeli kamera yang baru atau bukan bekas. 

Menurut pendapat pemilik studio, pembelian kamera yang tidak baru alias bekas membuat garansi dipertanyakan hingga potensi mengalami rusak cepat cukup tinggi. Jadi hal ini justru membuat Kamu harus mengeluarkan biaya lebih banyak lagi. 

Kamera berkualitas
Kamera berkualitas

Kamera berkualitas berasal dari merk-merk tertentu. Jangan hanya berpacu pada satu kamera. Kamu wajib menyediakan berbagai macam kamera yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pemotretan dari customer bersangkutan. 

6. Cari Tim Berpengalaman

Berhasil tidaknya pemotretan sebenarnya tergantung pada fotografer berpengalaman. Hampir semua studio foto terdekat senantiasa melibatkan fotografer berpengalaman untuk mengupayakan layanan terhadap pelanggan yang akan melakukan pemotretan. 

Fotografer berpengalaman bisa diupayakan dengan menjalin kerja sama melalui pihak-pihak tertentu. Upayakan agar fotografer tersebut memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni sehingga proses koordinasi bisa berjalan lancar. 

Fotografer berpengalaman
Fotografer berpengalaman 

Dalam mengupayakan tahapan ini memang tergolong gampang-gampang susah. Namun jika pihak tersebut sudah mampu memberikan pelayanan maka bisa dikatakan usah studio foto terdekat memiliki peluang cukup besar meraup keuntungan.

7. Layanan Tambahan

Beberapa studio foto terdekat banyak yang menyediakan layanan tambahan. Layanan tambahan seperti apa yang perlu diupayakan? Layanan tambahan berupa editing, pencetakan, hingga jasa pemanggilan di tempat-tempat atau lokasi sesuai kesepakatan. 

Pastikan layanan tambahan dijalankan ketika studio foto tersebut telah berkembang. Biasanya layanan tambahan ini dilakukan sebagai bentuk menarik perhatian dari sejumlah kalangan terutama target pemasaran dari jasa studio foto. 

Buat layanan yang optimal sehingga customer merasa terpuaskan. Beberapa dari pelanggan memilih studio foto dengan layanan optimal dan lengkap lantaran mempengaruhi hasil akhir. Semakin kompleks layanan maka hasilnya bisa berkualitas tinggi. 

8. Buat Paket-paket

Hampir semua pemilik studio foto terdekat memberlakukan sistem paket dalam mengupayakan layanan. Pengupayaan sistem paket ini didasarkan pada durasi pemotretan hingga harga yang harus dibayarkan oleh pihak customer tersebut. 

Berapa idealnya paket-paket yang disediakan? Biasanya paket yang disediakan mulai dari Rp 150.000 /Jam atau menyesuaikan. Pembuatan paket-paket ini bertujuan untuk menyesuaikan layanan dengan keuangan yang dimiliki oleh kalangan tertentu. 

Pembuatan paket ini biasanya ditempuh oleh kalangan pelajar saat melakukan pemotretan untuk kebutuhan buku album. Meskipun tersedia paket, Kamu tetap bisa memasak jasa studio foto berkualitas dengan leluasa terhadap target marketing. 

9. Sediakan Portofolio

Menurut pendapat ku dalam mencari studio foto, tentu diperlukan sejumlah pertimbangan salah satunya portofolio. Buat portofolio yang menarik dan lengkap sehingga dapat dijadikan sebagai referensi sekaligus pertimbangan pihak-pihak tertentu. 

Umumnya portofolio tersebut nantinya akan dicantumkan pada halaman website ataupun sosial media. Buat portofolio dalam bentuk pdf sehingga akses jauh lebih mudah. Portofolio juga dapat berupa buku album yang dapat diakses ketika ada calon customer.

Portofolio
Portofolio

Portofolio berupa apa? Portofolio berupa hasil pemotretan yang telah dilakukan selama ini. Tidak hanya hasil pemotretan, portofolio juga dapat berupa hasil editan. Cara ini ditempuh dengan tujuan meyakinkan pelanggan untuk mencoba jasa yang ditawarkan. 

Studio foto terdekat banyak diperlukan namun daya saingnya cukup tinggi. Jadi Kamu harus punya strategi khusus untuk memenangkan bisnis tersebut. Strategi bisa dipelajari dengan membaca artikel lain di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar