Bisnis Agrowisata Petik Strawberry, Usaha Terkini Untung Tinggi

 

Contoh wisata petik strawberry
Contoh wisata petik strawberry 

CariUang - Wisata perkebunan belakangan memang menyita perhatian banyak orang terutama pemuda. Pasalnya bisnis agrowisata tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif kunjungan ketika liburan ataupun cuti dari aktivitas tertentu sedang berlangsungnya.

Table of Contents
 

Trik Mengembangkan Bisnis Agrowisata Petik Strawberry

Untuk menjalankan wisata petik strawberry terdapat sejumlah tahapan yang bisa dilakukan. Umumnya bisnis ini dapat dijalankan dengan menerapkan berbagai strategi khusus. Berikut ini trik mengembangkan bisnis agrowisata petik strawberry yang benar:

1. Menyiapkan Lahan Budidaya

Langkah pertama yang perlu dipersiapkan untuk membuka wisata petik strawberry yaitu membuat lahan. Dalam menyiapkan lahan tentu harus diutamakan berbagai macam indikator penting mulai dari tingkat kesuburan, letak, hingga kemudahan akses. 

Kenapa lahan tersebut harus mudah diakses? Menurut pendapat pemilik kebun strawberry, hal ini agar memudahkan pengunjung mendatangi tempat wisata tersebut. Selain itu juga memudahkan pengelola untuk melakukan perawatan baik penyiraman atau pemupukan. 

Budidaya strawberry
Budidaya strawberry 

Tahapan ini perlu dilakukan dengan seksama sehingga nantinya wisata petik strawberry bisa berjalan optimal sesuai harapan. Pastikan agar tahapan ini diselesaikan dengan baik sehingga kedepannya usaha yang dijalankan memberikan keuntungan besar. 

2. Proses Penanaman

Jika lahan telah dipersiapkan, Kamu harus melakukan proses penanaman sesuai dengan prosedur pertanian. Beli atau lakukan pengelola bibit Strawberry agar menghasilkan budidaya yang berjalan dengan pesat sesuai dengan harapan. 

Tanam bibit tersebut dengan seksama. Biasanya petani memilih untuk menanam terlebih dahulu di media tertentu kemudiaan dipindah. Hal ini bertujuan agar proses penanaman berjalan optimal sesuai dengan kaidah budidaya tanaman Strawberry. 

Strawberry yang mulai berbuah
Strawberry yang mulai berbuah

Pastikan bibit Strawberry yang ditanam telah terbukti kualitasnya. Jika tidak berkualitas biasanya pertumbuhan akan terhambat. Tidak hanya terhambat, tanaman tersebut juga berfungsi tidak dapat tumbuh sehingga bisa dikatakan budidaya gagal. 

3. Lakukan Pengelola

Hampir semua orang mendatangi kawasan wisata tertentu lantaran ingin melepas rasa penat. Hal ini tentu mempertimbangkan kenyamanan, kelayakan, dan daya tarik yang ditawarkan. Hal ini membuat Kamu harus mampu melakukan pengelolaan wisata. 

Untuk melakukan pengelolaan bisnis agrowisata, Kamu hanya perlu mengembangkan beberapa strategi. Lakukan budidaya dengan optimal, utamakan Kebersihan, tingkatkan pelayanan dan buat post pelaporan sebagai jaga-jaga jika terdapat hal tak diinginkan. 

Pengelolaan memberi nilai penting terhadap suatu kawasan wisata. Bisa dikatakan hal ini menjadi dasar berjalannya suatu pariwisata. Pariwisata yang tidak dijalankan sesuai prosedur maka bisa mengakibatkan sejumlah  salah satunya penutupan.

4. Buat Tempat Duduk

Dalam mengunjungi suatu tempat wisata pasti ada kalanya Kamu.merasa cape dan memutuskan untuk istirahat sejenak. Untuk mengupayakan fasilitas tersebut Kamu bisa membuat tempat duduk dengan jumlah tertentu sehingga wisatawan bisa istirahat. 

Tempat duduk bisa dibuat dengan memanfaatkan keberadaan kayu, besi, ataupun semen. Buat tempat duduk berjumlah lebih dari 1 sehingga nantinya pengunjung tidak perlu antri atau berebut untuk mendapatkan waktu istirahat selama berwisata. 

Gazebo tempat duduk
Gazebo tempat duduk

Beberapa pemilik wisata juga banyak yang memilih untuk mengupayakan tempat duduk berupa gazebo. Tempat duduk berupa gazebo ini perlu diupayakan dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung sehingga bisa istirahat lebih leluasa. 

5. Sediakan Berbagai Fasilitas

Bisnis agrowisata akan maju dan berkembang pesat jika Kamu mampu mengupayakan sejumlah fasilitas penting. Fasilitas penting seperti apa yang bisa diupayakan? Fasilitas yang perlu disediakan mulai dari toilet atau kamar mandi, tempat sampah dan lain sebagainya. 

Tujuan utama penyediaan fasilitas ini agar pengunjung bisa beraktivitas denagn leluasa sesuai kebutuhannya. Beberapa kawasan wisata juga menyediakan mushola untuk menunjang ibadah bagi wisatawan yang beragama Islam. 

Toilet sebagai salah satu fasilitas
Toilet sebagai salah satu fasilitas 

Bagaimana jika wisata tidak ada fasilitas? Bisnis agrowisata tersebut akan kehilangan daya tarik bahkan pengunjung akan segan datang kembali. Perlahan hal ini bisa memicu kematian pada bisnis yang Kamu jalankan sehingga potensi rugi cukup tinggi. 

6. Tambahkan Pos Loket

Di depan wisata harus ada post loket yang bertugas untuk menjual tiket masuk. Bandrol harga tiket yang terjangkau dan juga bersahabat dengan semua kalangan. Berapa harga tiket masuk kawasan wisata petik strawberry yang paling umum di masyarakat? 

Tiket masuk bisnis agrowisata petik strawberry mulai dari Rp 25.000 - Rp 50.000. Namun hal tersebut bisa disesuaikan dengan UMR daerah masing-masing. Hindari mematok terlalu tinggi lantaran membuat pengunjung akan kapok datang lagi. 

Loket pembayaran tiket
Loket pembayaran tiket

Apakah ada potongan harga? Menurut pengalaman ku pribadi, jika datang dengan rombongan maka harga bisa dipotong. Namun, hal tersebut kembali lagi dengan kebijakan dari masing-masing pengelola wisata sehingga tidak bisa dijadikan patokan. 

7. Tambah Layanan Lain

Kamu bisa menambah layanan lainnya dalam kawasan wisata tersebut. Layanan bisa berupa penambahan spot foto, tempat makan, dan masih banyak lagi. Penambahan layanan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepuasan batin dari pengunjung. 

Hal ini sebenarnya bersifat opsional bisa diterapkan atau tidak. Namun, sebaiknya diterapkan agar pengelolaan bisnis pariwisata senantiasa mengalami perkembangan. Penambahan layanan bisa juga berupa menawarkan jasa persewaan tertentu. 

Persewaan bisa berupa tenda, kamera, drone, dan lain-lain. Semakin banyak layanan yang disediakan maka besar potensi usaha pariwisata berkembang pesat. Hindari untuk menambahkan layanan yang bersifat opsional jika modal belum begitu banyak. 

8. Sediakan Peralatan Petik

Bisnis agrowisata berupa petik strawberry tentu membutuhkan peralatan berupa keranjang ataupun gunting. Kamu wajib membeli kedua peralatan tersebut dalam jumlah banyak sekaligus. Pastikan agar semua alat yang dibeli juga berkualitas.

Hal ini bertujuan agar pembelian tidak perlu dilakukan secara berulang-ulang sehingga menghemat biaya. Peralatan petik ini biasanya tidak perlu disewakan kembali lantaran sudah satu paket dengan biaya tiket. Apakah hasil petik nantinya harus bayar lagi?

Alat petik
Alat petik 

Hasil petik nantinya akan ditimbang, kemudian jika kelebihan pengunjung wajib menambahi. Namun ada juga wisata yang bersifat gratis namun bayarnya dari hasil petik strawberry. Cara ini sebenarnya jauh lebih efektif untuk diterapkan orang-orang. 

9. Promosi

Agar bisnis agrowisata yang dijalankan semakin dikenal banyak orang maka Kamu harus melakukan promosi. Promosi yang dilakukan bisa diupayakan dengan memanfaatkan keberadaan sosial media, situs website, hingga marketplace. 

Dalam mengupayakan promosi ini Kamu harus senantiasa meningkatkan image ataupun citra positif. Biasanya hal ini akan menjadi bahan pertimbangan dari semua orang ketika mengunjungi kawasan pariwisata. 

Upayakan agar tidak meminta fee tambahan sebagai biaya parkir. Hal ini lantaran membuat pengunjung malas mendatangi kawasan wisata yang Kamu sediakan. Hindari juga membuat wisata yang bersifat non pengawasan sehingga bisa memicu hal tak diinginkan. 

Bisnis agrowisata merupakan bentuk usaha yang dijalankan dengan mempertimbangkan berbagai indikator. Usahakan agar bisnis tersebut memiliki sejumlah pertimbangan. Pengembangan usaha serupa bisa diupayakan dengan membaca referensi dari artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar