Bisnis Seni Lukis Mural, Gali Cuan Modal Keahlian

 

Hasil seni lukis mural
Hasil seni lukis mural

CariUang - Hampir sebagian masyarakat menyukai keindahan yang tertuang dalam seni. Hal itu diwujudkan masyarakat dengan memakai hasil lukisan sebagai hiasan dinding. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuat bisnis seni lukis mural.

Table of Contents
 

Tata Cara Memulai Bisnis Seni Lukis Mural

Dalam memulai bisnis seni lukis mural tentu dibutuhkan sejumlah tahapan penting. Menurut orang yang berpengalaman, bisnis ini membutuhkan keahlian di bidang seni lukis. Berikut ini tahapan atau tata cara memulai bisnis di bidang seni lukis mural:

1. Tingkatkan Keahlian Lukisan

Ide bisnis di bidang seni harus dibekali dan didasari oleh sejumlah keahlian tergantung dengan usaha yang ditekuninya. Sebagai contoh membuka sanggar tari harus dilengkapi dengan keahlian di bidang tari ataupun dance berbagai macam jenis. 

Hal ini juga berlaku dengan ide bisnis di bidang seni lukis. Kamu harus mempunyai keahlian di bidang pembuatan gambar 2D hingga 3D. Bagaimana cara meningkatkan kualitas di bidang seni lukis agar semakin mumpuni, terlatih dan berpengalaman?

Menurut pengalaman ku pribadi, keahlian di bidang seni lukis bisa ditingkatkan dengan cara memperbanyak latihan. Semakin sering latihan tentu Kamu akan terbiasa menggambar atau melukis dalam berbagai kondisi terutama saat ada orderan. 

2. Persiapkan Modal 

Tidak hanya membutuhkan keahlian, ide bisnis di bidang seni lukis mural membutuhkan modal. Modal tersebut tentu sjaa berupa uang tunai yang digunakan untuk membeli berbagai macam kebutuhan seperti alat lukis hingga marketing jasa lukis dinding. 

Persiapan modal
Persiapan modal

Berapa modal yang perlu dipersiapkan untuk memulai usaha jasa lukis dinding? Modal yang diperlukan untuk memulai usaha jasa lukis dinding mulai dari 10-15 juta. Besaran modal tersebut sebenarnya tergantung dengan peralatan yang akan digunakan untuk melukis. 

Biasanya semakin bagus alat yang dibeli membuat harga meningkat drastis. Lakukan pembelian yang berkualitas sekaligus agar hasil maksimal dan memuaskan bagi pelanggan. Hampir semua pemilik jasa bisnis mural pasti mempertimbangkan tahapan ini. 

3. Siapkan Peralatan
Peralatan lukis
Peralatan lukis

Bisnis seni lukis mural membutuhkan sejumlah peralatan penting. Hal ini sesuai dengan penjelasan dalam poin sebelumnya. Peralatan apa saja yang perlu dipersiapkan oleh calon pemilik bisnis jasa mural agar usaha miliknya berjalan dengan lancar?

Menurut sejumlah pemilik bisnis jasa mural, peralatan yang perlu dipersiapkan meliputi palet, cat, wadah menuangkan cat, sejumlah kuas dan masih banyak lagi. Pastikan semua peralatan lengkap sehingga nantinya bisnis bisa berjalan dengan lancar. 

Kamu wajib mempersiapkan alat berupa kuas dengan mempertimbangkan berbagai ukuran. Pasalnya ukuran kuas cat berpengaruh besar terhadap hasil lukisan. Warna-wara cat yang disediakan juga harus beragam agar hasil memuaskan. 

4. Tentukan Konsep

Sejumlah pemilik bisnis seni lukis mural beranggapan bahwa terdapat berbagai macam jenis konsep. Kamu bisa memilih satu atau berbagai macam konsep untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan setia yang telah order jasa tersebut. 

Beberapa konsep tersebut bisa diterapkan di dinding rumah, cafe, gedung, restoran dan masih banyak lagi. Semakin banyak konsep yang Kamu usung biasanya mampu meningkatkan hasil lukisan pada dinding. 

Terlebih ada beberapa pelanggan atau customer yang memilih konsep tersebut atau biasa disebut request. Jadi bisa dipastikan bahwa jasa ini membuat Kamu harus beradaptasi dengan berbagai macam konsep bisnis lukis mural yang ditawarkan. 

5. Lukis Secara Tipis

Untuk menghindari sejumlah kesalahan yang mampu merusak tampilan, Kamu bisa memulai aksi melukis secara tipis. Gunakan kuas berukuran kecil untuk membuat pola lukisan. Goreskan secara perlahan dan nikmati proses pembuatan lukisan mural.

Lukis secara tipis
Lukis secara tipis

Menurut pengalaman ku pribadi, melukis merupakan bentuk seni yang tergantung kondisi mood dan perasaan. Jadi sebisa mungkin Kamu harus mengendalikan perasaan agar hasil lukisan yang diminta pelanggan sesuai dengan keinginan Mereka. 

Tidak hanya itu saja, mood buruk membuat Kamu kehilangan fokus dalam mengerjakan orderan lukisan. Lantas bagaimana cara memperbaiki mood? Kamu bisa keluar sejenak kemudian jika perasaan membaik bisa langsung memulai untuk melukis orderan orang. 

6. Tuangkan Kreativitas

Dalam membuat atau mengupayakan bisnis seni lukis mural tentu dibutuhkan kreativitas tinggi. Bagaimana cara mengasah kreativitas? Kamu bisa mengasah kreativitas dengan berbekal internet ataupun YouTube sebagai wadah referensi.

Perbanyak melihat referensi guna mendapat kreativitas tinggi. Biasanya kreativitas tersebut semakin meningkat dengan bantuan arahan dari customer atau pelanggan. Kreativitas yang meningkat membuat hasil lukisan cenderung berkualitas. 

Biasanya pelukis mural terkenal akan menuangkan kreativitas tersebut ke dalam hasil lukisan. Hal tersebut juga bisa diketahui secara transparan melalui hasil lukisan yang telah diselesaikan atau dituntaskan oleh pemilik bisnis seni lukis mural. 

7. Sempurnakan Hasil Lukisan

Jika aksi melukis secara tipis-tipis telah selesai dan dirasa bagus Kamu bisa langsung menyempurnakan hasil tersebut. Bagaimana cara menyempurnakan lukisan? Menyempurnakan lukisan bisa diupayakan dengan cara menebali hasil sketsa. 

Hasil lukisan
Hasil lukisan 

Gunakan kuas yang berukuran lebih besar dan gunakan cat pekat. Setelah hasil sketsa tebal Kamu bisa langsung mewarnai lukisan tersebut dengan hati-hati. Pastikan warna yang digunakan tepat dan bagus sehingga hasil lukisan selalu memuaskan batin. 

Lapisi lukisan dengan melamin agar hasil tahan lama dan mengkilap. Cara ini hampir ditempuh oleh banyak orang guna mewujudkan kepuasan batin pelanggan setia. Pastikan tahapan ini dilakukan secara seksama lantaran mempengaruhi hasil akhir. 

8. Patok Harga

Setiap bisnis seni mural tentu memiliki tarif harga tersendiri. Kamu wajib mematok harga sesuai dengan pasaran, target marketing hingga peralatan yang digunakan. Dalam mengupayakan hal tersebut tentu Kamu harus mempertimbangkan berbagai hal. 

Kenapa harga lukisan mural selalu mahal? Hal ini lantaran seni lukis membutuhkan keahlian, ketelatenan dan peralatan yang tidak sedikit. Jadi bisa dipastikan hasil akumulasi tersebut dijadikan sebagai indikator menentukan tarif harga. 

Jika selalu order dalam jumlah banyak ataupun pesanan luas Kamu bisa memberikan potongan harga. Sebenarnya potongan harga ataupun pemberian diskon adalah bentuk menarik simpatik dari pelanggan baru agar mau order ke bisnis seni lukis mural milikmu. 

9. Promosi 

Untuk mendapatkan pelanggan setia tentu orang harus tau keberadaan jasa lukisan yang Kamu sediakan. Bagaimana agar orang-orang tau jasa seni lukis mural yang Aku sediakan? Kamu bisa menempuh tahapan promosi atau marketing digital. 

Promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan sosial media. Cantumkan portofolio atau hasil pengerjaan mural ke sosial media. Hal ini bertujuan untuk mempengaruhi pelanggan agar mau order kembali. 

Dalam mengupayakan tahapan promosi Kamu wajib menguasai keahlian di bidang marketing. Tahapan ini banyak ditempuh oleh pemilik bisnis lain untuk meningkatkan pendapatan dari usaha yang tengah dijalankan sehingga senantiasa menguntungkan. 

Bisnis seni lukis mural bisa diupayakan dengan menempuh tahapan tersebut. Upayakan setiap lukisan selalu menyesuaikan dengan request pelanggan. Pelajari skill marketing bisnis tersebut dengan membaca artikel lain di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar