Usaha Seblak Prasmanan yang Bisa Memberikan Keuntungan

Usaha seblak prasmanan
Usaha seblak prasmanan
(Dok. Ist)


 CariUang - Usaha seblak prasmanan belakangan ini menjadi perbincangan hangat oleh sejumlah pengembang bisnis. Pasalnya peluang usaha seblak prasmanan bisa menguntungkan jika strategi yang dijalankan memiliki konsep jelas.

Table of Contents
 

Tahapan Memulai Usaha Seblak Prasmanan

Menurut pengalaman ku pribadi, peluang usaha seblak prasmanan bisa meningkat jika Kita mampu memahami langkah memulai bisnis. Berikut ini cara memulai usaha seblak prasmanan yang menguntungkan dan berpotensi menjadi ladang cuan:

1. Riset Pasar dan Kompetitor

Langkah utama dalam mengenali peluang usaha seblak prasmanan yakni mengetahui siapa kompetitor dalam bisnis tersebut. Tidak hanya mengenali siapa kompetitor bisnis, Kamu juga wajib menempuh riset pasar sehingga bisa mengupayakan produk-produk populer. 

Bagaimana cara mengetahui kompetitor usaha? Kamu bisa aktif dalam melibatkan diri di lingkungan masyarakat. Lihat siapa saja yang berjualan produk serupa, kekurangan, kelebihan, ciri khas, pemasaran, hingga daya tarik dari bisnis kompetitor tersebut.

Coba bertanya-tanya kepada masyarakat sekitar terkait jenis produk seblak yang disukai. Hal ini bertujuan agar kedepannya Kamu bisa menyediakan sejumlah produk seblak yang digemari oleh masyarakat tersebut sesuai dengan harapan awal. 

2. Siapkan Modal Usaha

Modal usaha seblak prasmanan juga harus dipersiapkan sejak awal agar menjalankan bisnis jauh lebih mudah. Berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha seblak? Modal usaha seblak prasmanan mulai dari 3-5 juta rupiah.

Modal usaha
Modal usaha


Persiapan modal bisa dicicil sejak awal sehingga kedepannya menjalankan suatu usaha jauh lebih mudah. Kenapa modal sangat penting? Karena dengan modal kita bisa mendapatkan segala keperluan untuk keberlangsungan bisnis di bidang kuliner tersebut. 

Usaha seblak prasmanan juga cenderung jauh lebih memenuhi kriteria orang-orang . Semakin banyak modal yang Kamu miliki biasanya potensi usaha berkembang pesat cukup tinggi. Perhitungan modal membutuhkan keahlian di bidang keuangan.

3. Siapkan Alat Memasak dan Wadah Prasmanan

Dalam membangun usaha penjualan seblak prasmanan tentu dibutuhkan sejumlah peralatan. Peralatan yang dibutuhkan digunakan untuk membuat masakan, penyajian dan lain sebagainya. Apa saja peralatan yang dibutuhkan dalam usaha seblak?

Peralatan memasak
Peralatan memasak
(Dok. Ist)


Menurut pengalaman ku dalam membuat seblak, alat yang dibutuhkan meliputi panci, spatula, telenan, kompor, sejumlah wajan dan masih banyak lagi. Pastikan semua peralatan lengkap sehingga proses menjalankan usaha cenderung lebih mudah. 

Kamu juga wajib mempersiapkan sejumlah alat untuk wadah prasmanan. Buat Wadah yang banyak agar nantinya bisnis ini bisa menyediakan berbagai macam menu. Semakin banyak menu yang disajikan biasanya membuat masyarakat tertarik mencoba. 

4. Cari Pemasok Bahan Baku

Peluang usaha seblak sampingan bisa meningkatkan drastis jika Kamu pandai mencari pemasok. Untuk apa pemasok perlu diupayakan? Menurut pengalaman dari pemilik usaha seblak prasmanan bahan baku perlu diupayakan agar bisnis berjalan lancar. 

Bahan baku pembuatan seblak
Bahan baku pembuatan seblak


Apa saja bahan baku yang dibutuhkan? Bahan baku meliputi sejumlah sayuran, kerupuk, mie, sawi,telur, dan sejumlah topping. Upayakan Kamu mencari sejumlah bahan baku berkualitas agar usaha tersebut memberikan citra positif di kalangan masyarakat. 

Menurut pengalaman ku dalam mengamati usaha seblak, rata-rata mereka mencari bahan baku yang murah. Kenapa bahan baku harus murah? Hal ini bertujuan agar modal yang digunakan sedikit dan keuntungan bisa berlipat ganda. 

5. Tentukan Lokasi Usaha

Usaha seblak prasmanan akan memberikan keuntungan besar jika Kamu pandak menentukan lokasi. Dimana lokasi yang tepat untuk membangun usaha? Menurut pengalaman ku dalam membeli seblak, lokasi tepat biasanya strategis. 

Kamu bisa berjualan di pasar malam, dekat sekolah, bangun stand di mall dan masih banyak lagi. Bagaimana jika modal yang dimiliki belum cukup untuk membangun lokasi usaha? Kamu bisa membangun usaha secara rumahan dengan memakai aplikasi. 

Manfaatkan sejumlah aplikasi penting seperti GoFood, GrabFood, dan lain sebagainya. Dengan menempuh tahapan ini Kamu bisa berjualan lancar dan cukup efektif dalam menarik perhatian dari pelanggan setia. Jualan bisa dilakukan dengan memakai gerobak atau buat stand. 

6. Menentukan Target Penjualan

Langkah yang tidak kalah penting dalam memulai usaha seblak prasmanan yakni menentukan target penjualan. Siapa target penjualan seblak prasmanan? Menurutku target penjualan seblak prasmanan bisa berupa seluruh lapisan masyarakat. 

Tidak hanya itu saja, target penjualan seblak pemasaran bisa juga spesial kalangan tertentu. Hal ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing target. Umumnya target penjualan bisa disesuaikan dengan penduduk mayoritas daerah tersebut. 

Kenapa menentukan target penjualan sangat penting? Menurut pengalaman ku pribadi, menentukan target penjualan sangat penting lantaran pemilik usaha bisa mengetahui arah jalan bisnis tersebut. Bahkan target juga bisa membuat Kamu mampu melakukan pemasaran tepat sasaran. 

7. Inovasi Menu

Dalam menempuh usaha seblak prasmanan tentu pembeli akan disajikan sejumlah menu yang variatif. Kamu harus mampu mengupayakan berbagai macam menu menarik agar penjualan tetap memberikan keuntungan besar dalam jangka panjang. 

Varian seblak cukup populer
Varian seblak cukup populer


Inovasi menu seblak bisa dikembangkan dengan berpedoman pada riset pasar yang telah dipakai. Minta pendapat sejumlah pembeli untuk pengembangan produk kedepannya. Cara ini membantu Kamu dalam melakukan evaluasi usaha. 

Update menu terkini dan sediakan sejumlah varian topping melimpah. Untuk mengetahui menu-menu populer Kamu bisa memantau sosial media. Beberapa waktu lalu varian seblak yang populer sempat ditempati oleh seblak kripik mamang Rafael. 

8. Tetapkan Harga

Karena penjualan seblak memiliki sistem prasmanan biasanya pembeli bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Patok harga pada setiap menu yang tersedia. Biarkan pembeli mengambil menu berdasarkan kesukaan mereka. 

Nantinya setelah mengambil menu mereka akan menyerahkannya ke bagian kasir untuk dihitung dan dilanjutkan proses pengolahan. Beri kesempatan bagi mereka untuk request takaran bumbu sesuai selera. Hal ini bertujuan memuaskan batin pelanggan. 

Pastikan menerapkan harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Biasanya harga seblak mulai 10-15 ribu per porsi. Namun penetapan harga tersebut kembali lagi dengan kebijakan masing-masing pemilik usaha seblak prasmanan. 

9. Sediakan Layanan DO

Hampir semua pemilik usaha di bidang kuliner saat ini menggunakan layanan do untuk meningkatkan loyalitas terhadap pelanggan. Kamu yang mempunyai usaha di bidang kuliner juga bisa menempuh hal ini untuk meningkatkan penjualan. 

Jalin mitra dengan sejumlah pihak aplikasi penjualan makanan untuk mengupayakan layanan pesan antar. Bagaimana sistem pemesana seblak prasmanan dengan cara online? Pembeli tinggal mencari nama kedai kemudian request menu. 

Pengantaran layanan order seblak online
Pengantaran layanan order seblak online


Nantinya pihak pemilik usaha akan membuatkan racikan seblak sesuai request. Pastikan mengemas seblak pesanan secara online dengan seksama dan rapat. Hal ini bertujuan agar pengiriman ke tangan pembeli tidak mengurangi rasa dan aman. 

Usaha seblak prasmanan menjadi inovasi baru bisnis di bidang kuliner. Kamu harus memiliki keahlian di bidang penjualan dan membuat kuliner agar usaha bisa optimal. Pastikan Kamu menyimak artikel lain di website Kami untuk mendapatkan update terkait bisnis. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar