Trik Jitu Menjalankan Usaha Mie Ramen, Dijamin Omzet Naik Permanen

 

Mie ramen
Mie ramen

CariUang - Mie ramen merupakan makanan khas Jepang yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal itu kerap dimanfaatkan sejumlah pelaku bisnis untuk membuat usaha mie ramen dengan tujuan mendapatkan keuntungan besar.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Memulai Usaha Mie Ramen?

Menurut pendapat sejumlah penjual, peluang usaha mie ramen banyak diupayakan dengan mendirikan restoran ala Jepang. Selain menjadi daya tarik hal ini tentu bertujuan untuk membangun suasana ala negeri sakura. Berikut cara memulai usaha mie ramen:

1. Membuat Perencanaan

Langkah pertama yang bisa dijadikan sebagai salah satu strategi yakni membuat perencanaan usaha ramen. Untuk apa perencanaan perlu dipersiapkan? Menurut pendapat ku, perencanaan usaha ramen bisa memudahkan Kamu menjalankan bisnis tersebut. 

Pembuatan perencanaan bisnis
Pembuatan perencanaan bisnis

Apa saja yang perlu diperlukan untuk membuat perencanaan usaha ramen? Untuk membuat perencanaan Kamu diharuskan memikirkan sumber dana usaha, lokasi pendirian bisnis, operasional hingga pemasaran dari produk ramen yang ditawarkan agar makin laris. 

Pembuatan perencanaan harus disertai dengan analisa peluang usaha mie ramen yang jelas. Hal ini memudahkan Kamu untuk memperkirakan gambaran jalannya usaha. Dibutuhkan keahlian di bidang usaha untuk menempuh tahapan satu ini. 

2. Riset Pasar dan Mengecek Persaingan

Setelah membuat perencanaan yang matang, penting juga Kamu melakukan riset pasar guna mengetahui peluang usaha mie ramen. Bagaimana cara menempuh riset pasar? Kamu tinggal melibatkan diri dengan masyarakat untuk wawancara terkait produk ramen paling disukai. 

Jadikan data hasil riset sebagai alternatif mengembangkan usaha. Tidak hanya melakukan riset pasar, seorang pemilik bisnis mie ramen menjelaskan bahwa penting juga tahapan mengecek persaingan. Untuk apa pengecekan daya saing usaha ramen?

Pengecekan daya saing atau persaingan bertujuan untuk mengetahui pihak mana yang nantinya menjadi kompetitor. Dengan menempuh tahapan ini Kamu bisa menyiapkan strategi untuk menghadapi sejumlah kompetitor atau pesaing tersebut. 

3. Perhitungan Modal 

Jika Kamu sudah mengetahui produk mie ramen yang disukai dan sebagai Kamu bisa langsung mempersiapkan sejumlah modal. Berapa modal yang dibutuhkan untuk membangun restoran ramen terkenal ala Jepang dengan keuntungan besar? 

Persiapan modal usaha
Persiapan modal usaha

Modal usaha yang dibutuhkan untuk membangun restoran ramen ala Jepang sekitar 70-100 juta. Modal tersebut digunakan untuk menempuh jualan ramen mulai dari bahan baku, operasional, pembuatan tempat hingga promosi sejumlah produk yang ditawarkan. 

Tahapan ini membantu jualan ramen yang telah direncanakan bisa langsung diwujudkan. Semakin banyak modal yang Kamu miliki maka usaha mie ramen akan berpotensi mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya sesuai tujuan bisnis. 

4. Pengurusan Izin Usaha

Sebelum menempuh jualan ramen Kamu harus mengurus izin usaha. Pengurusan izin usaha mie ramen bertujuan agar kedepannya bisnis tersebut bisa berjalan lancar tanpa hambatan dari segi apapaun. Bagaimana cara mengurus izin usaha dari mie ramen?

Persiapan izin usaha
Persiapan izin usaha

Mengurus izin usaha bisa ditempuh dengan mengajukan sejumlah dokumen atau berkas terhadap pemerintah setempat atau pihak jasa milik swasta. Nantinya pihak tersebut akan memberikan pengarahan terhadap izin usaha yang Kamu ajukan. 

Dengan mengurus izin usaha berarti Kamu juga harus siap membayar berbagai keperluan terutama pajak per tahun. Dengan keberadaan izin tersebut orang jadi lebih percaya sehingga restoran ramen yang dijalankan mendapatkan ruang lebih di hati pembeli. 

5. Persiapan Bahan Baku dan Peralatan

Usaha mie ramen tentu membutuhkan sejumlah bahan baku untuk menempuh proses produksi. Bahan baku apa saja yang dibutuhkan untuk membuat mie ramen? Bahan baku yang dibutuhkan meliputi mie, daging sapi, sayuran, telur dan lain sebagainya. 

Bahan baku mie ramen
Bahan baku mie ramen

Pencarian bahan baku harus berkualitas sehingga menghasilkan mie ramen yang lezat dan memikat lidah banyak orang. Dimana Aku bisa mendapatkan bahan baku pembuatan mie ramen? Bahan baku bisa didapatkan dengan membeli di Pasar. 

Tidak hanya membutuhkan bahan baku, usaha mie ramen juga memerlukan sejumlah peralatan dapur lengkap. Peralatan meliputi sejumlah wadah, panci, kompor, dan lain sebagainya. Pastikan semua alat lengkap sehingga proses produksi berjalan lancar. 

6. Cari Karakteristik Usaha

Menurut pengalaman ku dalam mendatangi restoran Jepang ataupun restoran khusus mie ramen pasti mereka memiliki karakteristik tersendiri. Kamu bisa juga memanfaatkan keahlian di bidang kuliner untuk menciptakan Karakteristik. 

Karakteristik apa yang disukai oleh pembeli? Karakteristik bisa berupa penambahan kuantitas, penerapan gaya restoran, hingga sarana penyajian yang unik dan menarik. Dengan cara ini usaha mie ramen yang Kamu jalankan pasti berbeda dengan lainnya. 

Hampir semu restoran Jepang pasti menerapakn tahapan ini guna memperkuat brand mereka. Untuk memulai karakteristik tidak harus dilakukan dalam hal besar. Kamu bisa memulai dari hal sederhana salah satunya cara pelayanan saat terdapat pembeli. 

7. Penyediaan Berbagai Menu dan Pematokan Harga

Membuat bisnis ramen tentu harus didasarkan pada sejumlah menu yang menarik dan disukai oleh banyak orang. Kamu bisa menempuh tahapan tersebut sebagai bentuk memenuhi berbagai kebutuhan dari pelanggan setia. 

Salah satu pemilik usaha ramen menjelaskan bahwa penyediaan menu didasarkan pada data riset pasar yang telah dilakukan. Hal ini tentu kemudahan Kamu untuk menempuh selera ramen yang diminati oleh masyarakat terutama target penjualan produk tersebut. 

Kamu juga harus mematok harga yang sesuai dengan persaingan. Hal ini bertujuan agar harga tersebut bisa dijangkau oleh banyak orang. Berapa idealnya harga mie ramen? Harga mie ramen mulai dari Rp 20.000 - Rp 25.000 per porsi atau sesuai ketentuan pemilik usaha. 

8. Meningkatkan Pelayanan

Saat menjalankan bisnis restoran Jepang ataupun usaha ramen tentu Kamu harus meningkatkan pelayanan. Meningkatkan pelayanan dapat terwujud dengan baik jika Kamu mencari crew sesuai keahlian bidang masing-masing sehingga pengerjaan optimal. 

Peningkatan layanan
Peningkatan layanan

Setiap pelayanan juga harus ramah dan selalu mengutamakan komunikasi. Hal ini tentu akan membuat sejumlah pelanggan merasakan nyaman. Tidak hanya menambahkan pelayanan, Kamu juga wajib mengupayakan sejumlah sarana dan prasarana mumpuni. 

Sarana meliputi fasilitas umum seperti toilet, tempat duduk yang nyaman dan masih banyak lagi. Tahapan ini berpengaruh besar terhadap loyalitas pelanggan sehingga wajib diupayakan agar tidak kalah saing dengan kompetitor atau usaha serupa. 

9. Aktif Sosial Media

Menurut pendapat ku, restoran akan menarik dan diketahui banyak orang jika selaku aktif di sosial media. Kenapa pemilik usaha harus selalu menggerakkan sosial media? Aktif di sosial media dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat luas. 

Aktif sosial media
Aktif sosial media

Tidak hanya itu saja, sosial media juga bisa dijadikan sebagai sarana melakukan promosi digital. Oleh sebab itu Kamu harus rajin aktif di sosial media. Aktif di sosial media bisa diupayakan dengan rajin posting dan rutin membalas pertanyaan calon pembeli. 

Biasanya restoran yang telah ternama akan membuat bagian admin sosial media sendiri. Dengan pembagian admin sosial media ini tentu pelayanan secara online lebih mudah ditempuh oleh pelaku bisnis mie ramen. 

Usaha mie ramen akan optimal jika Kamu menempuh semua tahapan tersebut tanpa terkecuali. Pastikan memiliki keahlian di bidang wirausaha sehingga jalan bisnis lebih terarah. Keahlian tersebut bisa dipelajari dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar