Usaha Sampingan Guru Honorer, Nomor 7 Bisa jadi Ladang Cuan Baru

 

Guru honorer
Guru honorer

CariUang - Sebagian guru honorer di Indonesia memilih mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan. Pasalnya gaji sebagai guru honorer bisa dibilang cukup kecil. Mengatasi hal tersebut Kamu bisa mencoba usaha sampingan guru honorer secara online ataupun offline.

Table of Contents
 

Deretan Ide Usaha Sampingan Guru Honorer

Kemajuan zaman membuat peluang usaha sampingan untuk guru honorer bisa ditempuh secara online ataupun offline. Terlebih usaha sampingan guru honorer tergolong cuku praktis untuk ditempuh. Berikut ide kerja sampingan guru honorer:

1. Freelance

Pekerja lepas atau pekerja paruh waktu biasanya menjadi alternatif pilihan sejumlah guru honorer. Pasalnya dengan menjadi freelance seorang guru tidak perlu meninggalkan profesi aslinya. Ide kerja sampingan ini biasanya ditempuh secara online. 

Terdapat berbagai macam jenis pekerjaan yang bisa dituntaskannya secara online mulai dari penerjemah bahasa, penulis, desain grafis, data entry, cs online dan masih banyak lagi. Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan sebagai freelance?

Menurut pengalaman sejumlah orang di luar sana, ide kerja sampingan berupa freelance bisa ditempuh dengan melamar pekerjaan melalui situs tertentu seperti LinkedIn, sosial media, dan masih banyak lagi. 

2. Buka Les Privat

Beberapa pekerja honorer memilih bisnis sampingan dengan cara membuka bimbingan belajar. Menariknya bisnis sampingan ini bisa diterapkan secara online ataupun offline. Bagaimana cara membuka les privat yang ramai dan menyenangkan?

Menurut pengalaman ku pribadi, membuka bisnis sampingan berupa bimbingan belajar dapat ditempuh dengan menyediakan berbagai layanan. Layanan tersebut bisa berupa mengajar di tempat ataupun service home to home sehingga peserta les banyak. 

Bimbingan belajar
Bimbingan belajar


Bagi Kamu yang memilih mengajar di rumah sendiri sebaiknya membuat tempat nyaman dan menarik. Tempat nyaman bisa diupayakan dengan cara menyediakan sejumlah bangku dan melengkapi saran prasarana yang dibutuhkan peserta bimbel. 

3. Jualan Online

Bisnis sampingan yang dapat ditempuh oleh guru honorer berikutnya yaitu jualan online. Kenapa jualan bisa ditempuh oleh guru honorer? Pasalnya usaha sampingan guru honorer ini bisa dikerjakan dari mana saja dan tidak berpotensi mengganggu profesi utama. 

Terdapat berbagai macam produk jualan yang bisa Kamu tawarkan mulai dari fashion, aksesoris, makanan, dan masih banyak lagi. Selain menguntungkan bisnis ini cenderung mudah dijalankan terlebih sekarang terdapat sistem dropship yang membuat jualan lebih praktis. 

Jualan online
Jualan online


Menggunakan apa Aku bisa jualan? Usaha sampingan honorer berupa jualan online bisa ditempuh dengan memanfaatkan sejumlah situs marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan masih banyak lagi situs ternama lainnya. 

4. Jasa Printing Kecil-kecilan

Peluang usaha sampingan lain yang dapat ditempuh oleh guru honorer bisa juga berupa pembuatan jasa printing kecil-kecilan. Jasa printing kecil-kecilan meliputi print, foto coppy, perjilidan dan masih banyak lagi jenis layanan yang bisa Kamu sediakan. 

Umumnya peluang usaha sampingan ini bisa ditempuh dengan memanfaatkan sejumlah teknologi. Modal utama yang perlu Kamu persiapkan mulai dari 3-7 juta. Nantinya jika keuntungan sudah besar Kamu bisa membangun lapak lebih luas. 

Tidak sedikit dari guru honor yang menerapkan peluang usaha sampingan ini mampu memiliki bisnis baru. Hal ini menjadi pertanda bahwa peluang bisnis jasa printing kecil-kecilan mampu dijadikan sebagai penambah penghasilan sekaligus usaha baru. 

5. Jualan Pulsa dan Kuota

Usaha sampingan guru honor yang tidak kalah menguntungkan untuk dicoba yakni jualan pulsa atau kuota internet. Umumnya usaha ini banyak ditempuh lantaran hampir semua orang pasti menggunakan sosial media ataupun perangkat untuk komunikasi. 

Hal ini tentu membutuhkan yang namanya pulsa dan kuota untuk menempuh berbagai aktivitas sosial media ataupun komunikasi. Berjualan pulsa dan kuota biasanya juga diimbangi dengan menawarkan sejumlah produk lain. 

Produk apa saja yang bisa dijual bersamaan dengan pulsa? Produk yang bisa dijual bersamaan dengan penawaran pulsa meliputi, voucher game, top up game, top up e-wallet, dan masih banyak jenis layanan untuk ditawarkan. 

6. Bloger

Beberapa guru honorer memilih untuk ada juga yang memilih menjadikan blog sebagai alternatif mencari uang tambahan. Menjadi blogger umumnya gampang-gampang susah untuk dijalankan. Untuk mendapatkan uang, Kamu harus mengajukan Google adsense. 

Pembuatan konten blog
Pembuatan konten blog


Tulis sejumlah konten kekinian dan banyak dicari oleh orang-orang agar tidak kalah saing. Umumnya mereka yang kerja di bidang blogger memilih untuk menulis konten dengan mengikuti trend berlaku di kalangan masyarakat guna meningkatkan jumlah pembaca.

Pelajari juga riset keyword yang benar agar konten blog selalu potensial dan mudah dikunjungi oleh masyarakat secara luas. Manfaatkan sejumlah tools reset Keyword secara gratis untuk menempuh usaha sampingan guru honorer ini. 

7. Catering Kecil-kecilan

Mencari uang dengan profesi utama sebagai guru bisa juga ditempuh dengan membuat catering Kecil-kecilan. Umumnya pekerjaan sebagai catering Kecil-kecilan bisa diimbangi dengan menjual berbagai macam makanan kemudian ditawarkan secara online.

Kamu bisa menyediakan berbagai macam menu agar pembeli bisa memilih sesuai dengan selera mereka. Menurut salah seorang guru, penjualan makanan juga bisa dititipkan di kantin sekolah dengan memberikan sedikit keuntungan bagi pihak tersebut. 

Tidak hanya itu saja, beberapa guru yang menjual makanan juga banyak yang memanfaatkan media online. Beberapa media online meliputi grup WhatsApp ( story'), GoFood, GrabFood, dan masih banyak lagi. 

8. Jualan Camilan 

Tidak hanya menjual makanan berat berupa catering saja, usaha sampingan guru honorer bisa juga ditempuh dengan menjual berbagai macam camilan. Menjual camilan baiknya dilakukan dengan membeli secara kiloan kemudian dikemas sendiri lebih menarik. 

Penjualan camilan
Penjualan camilan


Cara ini banyak ditempuh oleh sejumlah guru honorer untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Buat camilan dengan berbagai macam jenis dan ukuran kemasan. Hal ini tentu bertujuan agar target penjualan mampu memilih camilan sesuai selera. 

Sama halnya dengan jualan makanan berat, Kamu bisa menitipkan jualan berupa camilan di kantin sekolah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan sehingga keuntungan yang didapatkan senantiasa mengalami kenaikan. 

9. Content Creator

Kamu juga bisa mencoba usaha sampingan guru honorer dengan mencoba bidang pembuatan konten. Banyak sekali guru yang melakukan pembuatan konten untuk mendapatkan penghasilan tambahan bahkan dengan gaji cukup tinggi. 

Untuk melakukan pembuatan konten dibutuhkan keahlian di bidang editing hingga kreativitas tinggi. Kamu juga wajib mempersiapkan sejumlah peralatan mumpuni untuk menempuh usaha satu ini. 

Pembuatan konten
Pembuatan konten


Buat konten dan posting menggunakan sejumlah media sosial seperti instagram, Tik Tok, YouTube dan sebagainya. Dengan cara ini Kamu berpotensi mendapatkan penghasilan double sehingga kedepannya dapat dijadikan ladang bisnis. 

Usaha sampingan guru honorer bisa ditempuh dengan menekuni beberapa ide di atas. Kamu bisa menempuh bidang yang paling dikuasai agar pengerjaan optimal. Pelajari juga ide bisnis lain dengan membaca artikel yang telah tersedia di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar