Ide Usaha setelah Pensiun, Cocok Buat Investasi Jangka Panjang

Lansia yang sudah pensiun
Lansia yang sudah pensiun


 CariUang - Bagi karyawan atau pegawai yang mengajukan pensiun atau telah habis masa jabatannya pasti memikirkan bagaimana cara mencari uang tambahan. Terlebih jika karyawan swasta. Kamu bisa menerapkan ide usaha setelah pensiun sebagai investasi.

Table of Contents
 

Deretan Ide Usaha setelah Pensiun

Harapan setelah pensiun tentu menginginkan kehidupan yang tetap tersusun rapi dan memiliki banyak usaha. Harapan setelah pensiun tersebut tentu diinginkan oleh semua pegawai. Untuk mewujudkan hal tersebut berikut ide usaha setelah pensiun agar hidup sukses:

1. Membangun Bisnis Properti

Dari uang hasil pesangon ataupun tabungan bisa Kamu jadikan sebagai modal membangun bisnis properti. Bisnis properti termasuk sebagai salah satu investasi setelah pensiun. Terlebih peluang bisnis satu ini cukup tinggi dan menjanjikan.

Bisnis properti
Bisnis properti


Bisnis properti seperti apa yang bisa dibangun? Menurut pengalaman ku dalam melihat peluang bisnis ini, Kamu bisa membangun bisnis dengan menyesuaikan berbagai faktor mulai dari modal, daya saing, hingga kondisi geografis calon lokasi daerah. 

Beberapa penisunan memilih membangun usaha properti berupa penginapan, hotel hingga kos ataupun kontrakan. Menariknya sejumlah orang ada yang menjelaskan bahwa bisnis properti bisa juga dijalankan tanpa modal sedikitpun. 

2. Membuat Cafe 

Kumpul dengan teman ataupun saudara menjadi momen yang cukup dinantikan banyak orang. Sebagai pegawai pensiunnan Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membangun bisnis di bidang kuliner berupa pendirian cafe. 

Bisnis cafe
Bisnis cafe


Pendiri cafe tergolong sebagai Investasi setelah pensiun lantaran bisa dijalankan oleh keturunan selanjutnya. Selain membuat cafe menjadi investasi setelah pensiun, usaha ini juga bisa dikelola oleh lebih dari satu orang dengan sistem tanam saham. 

Buat cafe yang unik, menarik, dan memiliki ciri khas tersendiri sehingga kedepannya banyak orang menggemari usaha milikmu. Menurut pendapat ku, cafe yang unik dan menarik senantiasa mengikuti trend kekinian dalam menyajikan menu makanan. 

3. Warung Sembako

Harapan setelah pensiun menjadi orang sukses juga bisa diupayakan dengan mendirikan warung sembako. Umumnya sembako dibutuhkan oleh orang-orang lantaran digunakan untuk memenuhi keperluan hidup sebagai manusia. 

Warung sembako
Warung sembako


Ide usaha setelah pensiun ini banyak diterapkan oleh orang-orang dan terbukti memberikan keuntungan besar. Buat warung sembako di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Lakukan riset pasar agar semua permintaan masyarakat terpenuhi. 

Pembuatan warung sembako membuat kamu sukses setelah pensiun. Menariknya pendirian bisnis ini juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Jadi Kamu bisa mendirikan bisnis lain dalam satu waktu sehingga usaha tetap menguntungkan. 

4. Isi Ulang Air Minum

Ide usaha setelah pensiun selanjutnya yakni bisnis isi ulang air minum. Menurut pemilik usaha satu ini, sebelum memulai usaha isi ulang air Kamu harus menjalin kerja sama dengan brand ternama. Brand apa saja yang mau menerima jalinan kerja sama?

Brand yang membuka kesempatan untuk membuat usaha isi ulang air minum seperti Aqua. Kamu harus senantiasa selektif dalam mengupayakan usaha ini sehingga nantinya cita rasa pada air mineral isi ulang tetap enak sesuai aslinya. 

Cuci galon yang digunakan untuk isi ulang. Hindari mencuci menggunakan sabun lantaran nantinya mampu memicu bau wangi pada galon. Usaha isi ulang galon ini dapat dijadikan sebagai bentuk investasi jangka panjang oleh pegawai pensiunan. 

5. Agen Travel 

Menjalang momen tertentu seperti liburan panjang hingga mudik lebaran banyak orang membutuhkan kendaraan. Hal itu bisa Kamu manfaatkan untuk menerapkan ide usaha setelah pensiun berupa pendirian agen travel sesuai kebutuhan penumpang. 

Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam mendirikan agen travel? Untuk mendirikan agen travel dibutuhkan sejumlah kendaraan, tim yang berpengalaman, hingga strategi marketing tepat sasaran. Cara ini terbukti cukup memberikan banyak keuntungan. 

Menurut sejumlah pemilik usaha agen travel, lakukan pengecekan secara rutin pada kendaraan agar keselamatan penumpang dan sopir tetap terjamin. Upayakan juga mencari sopir berpengalaman sehingga perjalanan selalu aman dan cepat. 

6. Laundry

Harapan setelah pensiun dapat diwujudkan juga dengan mendirikan usaha laundry. Usaha laundry atau mencuci memiliki target pemasaran berupa masyarakat sekitar. Sediakan sejumlah layanan yang lengkap agar masyarakat bisa mengupayakan hal tersebut. 

Untuk mengupayakan laundry Kamu juga harus memiliki sejumlah perlengkapan atau peralatan. Apa saja peralatan yang bisa dipersiapkan oleh calon pemilik usaha laundry? Mesin cuci, setrika, sejumlah bak, gantungan, dan masih banyak lagi. 

Bangun lokasi laundry yang strategis dan mudah dijangkau oleh orang. Hal ini akan membuat Kamu cenderung lebih mudah menjangkau target penjualan. Utamakan pelayanan agar kedepannya customer tidak segan untuk berlangganan. 

7. Pembuatan Restoran

Tidak hanya cafe saja, ide usaha setelah pensiun dapat Kamu upayakan dengan mendirikan restoran. Restoran merupakan tempat yang menawarkan produk berupa makanan baik ringan hingga berat. Usaha ini bisa dijadikan sebagai investasi panjang. 

Restoran
Restoran


Sediakan sejumlah menu dengan harga yang bisa dijangkau oleh banyak orang. Biasanya penyedia menu didasarkan pada data riset pasar. Agar bisnis semakin disukai oleh banyak orang, Kamu bisa juga melakukan pemasaran secara online. 

Bagaimana cara melakukan pemasaran online? Pemasaran secara online bisa ditempuh dengan memanfaatkan sejumlah media sosial ataupun marketplace. Posting sejumlah informasi terkait bisnis restoran sehingga bisa menjangkau banyak masyarakat. 

8. Peternakan

Ide usaha setelah pensiun yang bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang juga terdapat pada bisnis peternakan. Menurut pengalaman ku, keahlian di bidang perawatan hewan dapat dijadikan sebagai modal utama menjalankan bisnis peternakan. 

Peternakan
Peternakan


Hewan apa saja yang bisa diternak? Menurut pengalaman ku dalam mengamati usaha ini, bisnis peternakan yang bisa diupayakan meliputi ayam, bebek, sapi, kambing dan masih banyak lagi. Modal yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan milik pribadi. 

Siapkan lahan yang agak jauh dari pemukiman warga agar nantinya peternakan tidak mengganggu. Peternakan yang lancar dan dijalankan sesuai planning mampu mendatangkan keuntungan berlipat ganda terutama jika permintaan pasar meningkat. 

9. Pertanian

Tidak hanya peternakan, sejumlah mantan pegawai pensiunan banyak yang menerapkan usaha di bidang pertanian. Ide usaha setelah pensiun ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan baru dengan tujuan utama mendapatkan keuntungan besar. 

Pertanian
Pertanian


Tanaman apa saja yang bisa dijadikan sebagai ide pertanian? Kamu bisa menanam padi, jagung, teh, kacang tanah, tebu, sayur hingga buah-buahan untuk menempuh usaha satu ini. 

Dalam mendirikan usaha pertanian dibutuhkan lahan yang cukup luas. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses perawatan tanaman pertanian. Dibutuhkan keahlian di bidang pertanian untuk mengupayakan ide bisnis satu ini. 

Ide usaha setelah pensiun bisa diwujudkan dengan berbagai macam bisnis tersebut. Kamu bisa mencoba salah satu atau secara keseluruhan. Pastikan menjalankan usaha berdasarkan planning atau dengan membaca referensi dari artikel website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar