Usaha Katering Aqiqah, Untung Melimpah Bisnis Makin Berkah

 


Ilustrasi katering aqiqah
Ilustrasi katering aqiqah 

CariUang - Aqiqah merupakan tradisi yang dilakukan umat Islam untuk memperingati kelahiran dari anak baru lahir. Tradisi ini ditandai dengan penyembelihan hewan berupa kambing sesuai ketentuan. Hal itu bisa Kamu jadikan sebagai usaha katering aqiqah.

Table of Contents
 

Cara Memulai Usaha Katering Aqiqah Sesuai Syariat

Dalam memulai usaha satu ini Kamu wajib memahami ketentuan aqiqah. Umumnya ketentuan aqiqah didasarkan pada syariat Islam. Kenapa harus sesuai dengan syariat Islam? Agar hukumnya sah dan diterima. Berikut cara memulai usaha katering aqiqah:

1. Pahami Ilmu Seputar Aqiqah 

Dasar utama menjalankan usaha katering untuk keperluan aqiqah yakni memahami kaidah tradisi tersebut. Kaidah berkaitan erat dengan hewan yang akan digunakan untuk aqiqah hingga tata cara penyembelihan. Bagaimana cara memahami ilmu seputar aqiqah?

Memahami ilmu seputar aqiqah bisa dilakukan dengan membaca artikel di website atau bertanya pada orang telah ahli. Bagaimana jika tidak memahami ilmu seputar aqiqah? Kamu akan kesulitan memenuhi segala keperluan katering terkait bisnis tersebut. 

Salah satu ketentuan dasar aqiqah yakni penyembelihan hewan berupa kambing sesuai jenis anak. Misal anak laki-laki kambing yang disembelih harus dua. Sementara anak perempuan kambing yang disembelih harus berjumlah satu.

2. Analisis Bisnis Aqiqah 

Bisnis katering yang baik tentu didasarkan juga pada analisis. Dengan melakukan analisis Kamu juga bisa mengetahui besar modal yang nantinya akan digunakan. Hal ini tentu memudahkan Kamu untuk mengetahui gambaran usaha secara transparan. 

Bagaimana cara melakukan analisis bisnis? Petakan atau kelompokkan beberapa kebutuhan usaha ke dua jenis yakni wajib dan tidak wajib. Jadi kebutuhan wajib meliputi bahan baku, tenaga kerja, sarana promosi, peralatan dan lain sebagainya. 

Sementara kebutuhan tidak wajib meliputi tempat usaha atau hal-hal yang bersifat opsional. Jika tempat tidak wajib dimana Aku memulai usaha? Kamu bisa memulai usaha katering aqiqah secara rumahan atau memanfaatkan hunian milik sendiri. 

3. Jalin Kerja Sama dengan Peternakan Kambing

Kambing untuk aqiqah tentu dibutuhkan dalam bisnis katering. Dimana Kau bisa mendapatkan kambing untuk aqiqahm kambing untuk Aqiqah bisa Kamu dapatkan dengan melakukan pembelian. Menurut pemilik usaha baiknya pembelian dilakukan di tempat terpercaya. 

Peternak kambing
Peternak kambing 

Kamu bisa menjalin kerja sama dengan peternak kambing agar kualitas hewan tersebut diketahui secara jelas. Hindari membeli kambing dari tempat yang belum terbukti kualitasnya. Cari kambing yang sehat, berukuran besar dan cukup untuk menunjang katering. 

Bagaimana ciri-ciri kambing sehat untuk bisnis katering? Kambing yang sehat memiliki ciri-ciri fisik sempurna, lincah, tatapan segar, ukuran besar, dan suka makan. Biasanya peternak akan merekomendasikan kambing yang sehat kepada pemilik bisnis. 

4. Sediakan Crew untuk Mengolah Katering

Dalam menyembelih sapi hingga proses memasak berbagai kebutuhan bisnis katering tentu tidak bisa dilakukan secara sendirian. Kamu pasti memerlukan Crew untuk mengolah semua daging kambing tersebut menjadi masakan untuk konsumsi aqiqah. 

Crew dapur
Crew dapur

Bagaimana cara mencari Crew? Usaha katering aqiqah yang masih sederhana biasanya menggunakan crew berupa orang terdekat. Pastikan memilih crew yang berpengalaman dan sudah ahli dalam memotong kambing agar tidak menimbulkan kesan amis.

Tidak hanya ahli dalam memotong daging kambing, Kamu juga harus mencari crew untuk memasak. Dengan menempuh cara ini usaha katering aqiqah dapat berjalan lancar sesuai harapan pendirian. Usahakan cari crew yang terbiasa menekuni bidang kuliner. 

5. Sediakan Berbagai Menu

Umumnya usaha katering untuk kebutuhan aqiqah disediakan berbagai macam pilihan menu dengan bahan dasar daging kambing. Apa saja menu yang biasanya dijadikan sebagai andalan pemilik usaha katering? Menu yang disediakan umumnya identik dengan kambing. 

Menu sate gule kambing
Menu sate gule kambing 

Menu tersebut meliputi kambing guling, gule kambing, sate kambing, nasi kebuli, rendang kambing, tengkleng, dan lain sebagainya. Sebelum memulai usaha biasanya pemilik bisnis katering akan melakukan riset pasar guna mengetahui menu populer. 

Sediakan sejumlah pilihan menu-menu paling banyak diminati dengan tujuan meningkatkan penjualan ataupun pendapatan bisnis katering. 

6. Buat Paket Katering

Bisnis katering aqiqah biasanya dibuat berdasarkan paket-paket. Nantinya pembeli bisa menyesuaikan dengan keuangan yang Mereka miliki. Bagaimana cara membuat paket? Jadi Kamu tinggal membuat menu makanan tertentu dengan tarif harga. 

Pembuatan paket katering umumnya disediakan berbagai macam jenis pilihan menu. Utamakan pelayanan terhadap pembeli dengan menyediakan menu tersebut. Paket menu yang bisa disediakan apa saja agar menarik perhatian banyak orang?

Paket menu bisa berisikan nasi dan sate gule, nasi dan sate kambing dan lain sebagainya. Pematokan tarif harga paket tersebut didasarkan pada jenis menu yang dipilih oleh pembeli. Semakin kompleks menu tersebut maka harga akan mahal. 

7. Buat Pengemasan yang Unik

Bagi Kamu yang menjalankan usaha di bidang kuliner harus senantiasa mempertimbangkan pengemasan. Pasalnya hampir semua pembeli akan melihat segala sesuatu dari tampilan sehingga hal tersebut harus diupayakan. 

Bagaimana pengemasan yang bagus? Pengemasan yang bagus bersifat rapat, tidak mudah tumpah, dan mudah dibawa kemana-mana. Umumnya pengemasan bisa memanfaatkan keberadaan bento atau box nasi sehingga penyimpanan aman. 

Pengemasan katering aqiqah
Pengemasan katering aqiqah

Cantumkan logo pada pengemasan sehingga nantinya usaha katering bisa dikenal oleh banyak orang. Tidak sedikit dari customer meminta pengupayaan pengemasan agar nantinya memudahkan dibawa tamu yang menghadiri acara aqiqah tersebut. 

8. Tentukan Harga Jual

Dengan mempertimbangkan pilihan paket, harga bahan baku, operasional hingga pengemasan, Kamu bisa langsung menetapkan harga jual. Berapa harga jual satu box nasi beserta menu lauk pauk untuk aqiqah? Harga sekitar Rp 15.000 - Rp 20.000 per porsi. 

Tidak sedikit dari pemilik bisnis katering aqiqah memberikan potongan harga kepada pembeli yang telah melakukan pembelian berjumlah banyak. Biasanya potongan harga diupayakan dengan tujuan promosi sekaligus menarik perhatian pembeli. 

Sebelum menentukan harga jual, Kamu wajib riset kompetitor. Tujuan utama riset kompetitor yakni memastikan bahwa harga yang telah Kamu tentukan sesuai dengan jangkauan masyarakat. Hal ini membuat usaha Kamu semakin digemari oleh calon pembeli. 

9. Perluas Relasi Sebagai Wadah Promosi

Seorang pemilik bisnis dalam bidang apapun terutama kuliner pasti menginginkan kemajuan. Hal tentu saja membuat promosi jauh lebih mudah untuk dilakukan. Bagaimana cara membangun relasi agar promosi lebih mudah dilakukan? 

Cara membangun relasi dapat dilakukan melalui jalinan kerja sama dengan sejumlah pihak, aktif dalam bermasyarakat dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, membangun relasi juga bisa diupayakan dengan membuat akun sosial media.

Ilustrasi memperluas relasi
Ilustrasi memperluas relasi 

Jalin komunikasi dengan sejumlah pelanggan untuk membangun relasi yang luas. Cara inilah yang dapat dijadikan sebagai batu loncatan menggaet banyak target penjualan. Upayakan untuk senantiasa aktif membalas berbagai pertanyaan agar nanti calon pembeli merasa nyaman. 

Bisnis katering aqiqah merupakan usaha yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga. Bisnis ini membutuhkan keahlian di bidang kuliner. Pahami informasi seputar bisnis lainnya dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar