Strategi Sukses Meningkatkan Peluang Usaha Rawon Legendaris, Tertarik Mencoba?

 

Hasil masakan rawon
Hasil masakan rawon

CariUang - Rawon merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh banyak kalangan masyarakat. Peluang usaha rawon bisa dijadikan sebagai ladang mencari uang atau penghasilan. Namun daya saing usaha ini cukup tinggi sehingga harus hati-hati.

Table of Contents
 

Kiat Sukses Meningkatkan Peluang Usaha Rawon Legendaris

Menurut pendapat dari pemilik warung rawon legendaris, meskipun daya saing tinggi terdapat berbagai kiat sukses tersendiri. Bagaimana kiat sukses agar tidak kalah saing dengan kompetitor? Berikut ini tips dan trik meningkatkan peluang usaha rawon:

1. Bussines Plan

Pengusaha Rawon menjelaskan bahwa langkah utama yang perlu dipersiapkan untuk membangun warung legendaris yakni menyusun rencana bisnis. Dalam menyusun rencana bisnis ini Kamu harus memahami berbagai hal terkait usaha kuliner. 

Tidak hanya itu saja, Kamu juga harus mampu mempersiapkan modal usaha, strategi penjualan, menguasai teknik pembuatan hingga mengembangkan bisnis. Dalam usaha ini tentu dibutuhkan keahlian di bidang tata boga atau memasak dan skill wirausaha. 

Kenapa pemilik usaha wajib memahami cara memasak? Agar hasil rawon yang dibuat lezat. Dalam tahapan ini seorang pengusaha Rawon yang tidak memiliki skill memasak bisa melibatkan orang lain atau sering disebut dengan tenaga kerja tambahan. 

2. Buat Warung Sederhana

Keberhasilan peluang usaha rawon umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu lokasi. Kamu harus pandai menganalisis lokasi tersebut apakah cocok dijadikan sebagai tempat usaha atau tidak. Apakah trik ini cukup penting?

Warung sederhana
Warung sederhana 

Menurut pengalaman ku pribadi, pemilihan lokasi warung cukup penting lantaran mempengaruhi penjualan dari rawon. Jadi usahakan untuk memilih tempat yang strategis, mudah dijangkau, memiliki daya saing tidak terlalu tinggi atau sedang. 

Bagaimana jika daya saing tinggi? Jika daya saing tinggi Kamu bisa menonjolkan produk rawon sehingga lebih disukai target penjualan. Warung bisa dibuat berupa ruko, sewa lapak, lesehan, ataupun gerobakan. Warung umumnya disesuaikan dengan modal. 

3. Buat Nama Warung dan Tentukan Ciri Khas

Resiko usaha rawon umumnya dipengaruhi oleh daya saing yang cukup tinggi. Untuk mengurangi resiko usaha tersebut Kamu bisa membuat nama warung yang unik dan menarik. Beberapa warung rawon umumnya membuat nama singkat agar mudah diingat. 

Jika usaha warung melanjutkan investasi keluarga, Kamu tinggal memberikan nama sesuai sebelumnya. Tidak hanya perlu memikirkan nama warung, Kamu juga wajib menentukan hal yang ikonik dengan produk rawon dari usaha tersebut. 

Peluang usaha rawon akan meningkat jika ciri khasnya melekat. Ciri khas bisa diupayakan dengan menonjolkan rasa, membuat porsi unik, harga murah dan sarana penyajian yang berbeda. Dengan begitu resiko usaha rawon mengalami kerugian akan menipis. 

4. Persiapkan Alat dan Bahan Dasar Rawon

Tantangan membuat rawon terletak pada bahan-bahan dan alat yang digunakan untuk memulai usaha. Apa saja peralatan yang digunakan untuk membuat rawon? Peralatan yang digunakan meliputi telenan, pisau, panci, dan sejumlah wadah untuk mengolah. 

Bahan dasar rawon
Bahan dasar rawon

Tidak hanya peralatan, bahan dasar pembuatan rawon juga harus diupayakan. Apa saja bahan dasar pembuatan rawon? Bahan dasar pembuatan kuah rawon meliputi kluwak, sejumlah rempah, garam, merica, bawang putih dan masih banyak lagi. 

Sementara bahan isian dari rawon berupa daging sapi, tomat, kecambah, sambal dan lain sebagainya. Pembelian semua alat dan bahan bisa dilakukan di pasar dengan tujuan harga murah. Dengan mengupayakan tips ini tantangan membuat rawon bisa terselesaikan. 

5. Pengolahan Rawon

Jika semua peralatan dan bahan telah diupayakan, peluang usaha rawon bisa langsung menempuh proses produksi. Umumnya pemula yang baru belajar bisa menggunakan jasa freelance untuk memasak rawon sesuai dengan selera dari banyak orang. 

Pengolahan rawon
Pengolahan rawon

Untuk mengolah rawon yang lezat tentu diperlukan takaran bumbu pas. Hal ini tentu bisa diupayakan oleh mereka yang sudah berpengalaman di bidang kuliner. Bagi Kamu yang masih belajar sebaiknya mengikuti panduan lengkap dari internet atau YouTube. 

Pastikan tidak ada tahapan atau langkah yang terlewatkan sehingga rasa pas di lidah banyak orang. Coba hasil masakan untuk memastikan bahwa rawon pas dilidah. Biasanya dengan cara ini peluang usaha rawon bagi pemula bisa menguntungkan. 

6. Peracikan Sambal

Makanan berupa rawon sangat cocok jika dikonsumsi bersamaan dengan sambal tomat. Jadi setelah rawon selesai dibuat, Kamu bisa langsung meracik sambal tomat. Apa saja bahan dasar pembuatan sambal tomat untuk kebutuhan konsumsi?

Sambel tomat
Sambel tomat

Bahan dasar pembuatan sambal meliputi tomat, cabai, garam, bawang merah, bawang putih, gula, dan micin. Rebus tomat yang akan dijadikan sambal untuk memudahkan proses penghalusan. Racikan sambal tomat untuk rawon cocok sedikit pedas. 

Sajikan sambal dalam wadah yang bisa ditutup agar daya tahan cukup lama. Biasanya pengambilan sambal bisa disesuaikan dengan selera masing-masing pembeli. Pastikan memeriksa rasa sambal sebelum disajikan kepada pembeli sehingga tidak mengecewakan. 

7. Buat Daftar Harga

Jika tantangan membuat rawon berhasil diselesaikan, Kamu bisa langsung menyusun daftar harga. Biasanya daftar harga dibuat berdasarkan porsi sesuai budget yang dimiliki oleh pembeli. Pembuatan daftar harga harus mempertimbangkan beberapa hal. 

Buku menu
Buku menu

Apa saja yang dipertimbangkan untuk membuat harga? Bahan, UMK daerah, hingga lingkungan sekitar. Berapa idealnya harga rawon per porsi? Harga rawon per porsi umumnya sekitar Rp 10.000 - Rp 15.000 atau menyesuaikan request pembeli. 

Umumnya orang yang menerapkan peluang usaha rawon dengan membuat buku daftar menu. Dengan membuat daftar buku menu pembeli bisa melihat semua porsi rawon. Buat buku menu dengan menarik dan unik sehingga nantinya memikat pembeli. 

8. Sediakan Menu Tambahan

Pengusaha Rawon biasanya mengupayakan sejumlah menu tambahan untuk menggaet banyak pembeli. Menu apa saja yang bisa disediakan? Menu lain yang bisa disediakan meliputi sejumlah gorengan hingga sate-satean sehingga makin laris. 

Tidak hanya menu lauk, Kamu bisa juga menjual berbagai macam minuman. Minuman yang cocok dikonsumsi dengan rawon meliputi es teh, es jeruk, kopi, dan masih banyak lagi. Dengan menyajikan banyak menu tentu warung Kamu semakin laris manis. 

Gorengan ( Menu Tambahan)
Gorengan ( Menu Tambahan)

Biasanya warung rawon legendaris menyajikan menu tambahan sebagai hal yang identik sehingga mudah diingat oleh orang-orang. Apa yang terjadi jika menu diingat oleh banyak orang? Warung akan jadi rujukan orang ketika mencari makanan serupa. 

9. Lakukan Pendekatan dengan Pembeli

Peluang usaha rawon bisa diupayakan dengan mendekati pembeli. Pendekatan dengan pembeli bertujuan agar mereka tidak segan berlangganan. Bagaimana cara melakukan pendekatan dengan pembeli agar penjualan semakin meningkat secara drastis?

Cara melakukan pendekatan bisa diupayakan dengan menyediakan berbagai macam menu hingga potongan harga. Dengan mendekati pembeli bisa dijadikan sebagai personal branding sehingga mampu menarik perhatian banyak masyarakat. 

Pendekatan dengan pembeli bisa diupayakan dengan memberikan hadiah atau benefit yang diundi setiap satu tahun sekali. Tahapan ini sudah banyak ditempuh oleh pemilik warung rawon legendaris di berbagai kota-kota ternama. 

Peluang usaha rawon legendaris bisa diupayakan dengan sejumlah tahapan tersebut. Pastikan semua tahapan diterapkan sehingga memberikan keuntungan. Terapkan juga strategi marketing lain dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar