Strategi Sukses Jualan Nasi Pecel Godong Jati, dijamin Cuan Tiap Hari

 

Nasi pecel
Nasi pecel

CariUang - Warung nasi pecel terdekat bisanya sering diserbu pembeli saat pagi hari. Pasalnya makanan ini cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Hal ini dapat Kamu manfaat sebagai alternatif untuk jualan nasi pecel godong jati.

Table of Contents
 

Langkah Jitu Jualan Nasi Pecel Godong Jati 

Menurut sejumlah pengusaha nasi pecel yang sukses, makanan ini baiknya dijual secara dadakan lantaran lezat jika masih hangat. Kamu tentu harus menguasai skill memasak untuk menempuh usaha. Berikut trik jualan nasi pecel godong jati:

1. Mempertimbangkan Semua Hal Terkait Usaha

Hampir semua pengusaha nasi pecel yang sukses pasti perlu mempertimbangkan banyak hal terkait ide jualan ini. Apa saja yang perlu dipertimbangkan? Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan meliputi modal, bahan baku, dan strategi berjualan. 

Tidak hanya itu saja, menurut pengalaman ku pribadi daya saing jualan pecel cukup tinggi. Hal ini membuat Kamu harus senantiasa bersifat kreatif sehingga tidak kalah saing. Ciptakan produk yang unik, lezat dan menarik agar tidak kalah saing. 

Dari segi keuangan, Kamu harus mempertimbangkan semuanya dari awal. Berapa modal usaha jualan pecel? Modal usaha jualan pecel mulai dari 5-10 juta. Pasalnya usaha satu ini bisa diupayakan dengan membuka warung kecil-kecilan di dekat rumah. 

2. Upayakan Tempat Bersih

Menurut pengalaman ku pribadi dalam mengamati warung jualan nasi pecel godong jati, usaha ini membutuhkan tempat bersih. Tempat yang bersih dan nyaman perlu diupayakan dengan tujuan agar nantinya pembeli bisa merasa nyaman dan tidak terganggu. 

Dimana Aku bisa membangun warung nasi pecel terdekat? Kamu bisa membangun warung di pinggir jalan ataupun depan rumah. Umumnya indikator satu ini wajib dipertimbangkan sejak awal sesuai penjelasan sebelumnya. 

Sediakan tempat sampah agar warung tetap bersih
Sediakan tempat sampah agar warung tetap bersih


Kenapa tempat perlu dipersiapkan? Karena hal ini menjadi indikator berpengaruh dalam mendirikan warung nasi pecel terdekat. Untuk menjaga kebersihan, sediakan sejumlah tempat sampah di setiap pokok ruangan. Hal ini agar pembeli juga ikut menjaga kebersihan. 

3. Siapkan Bahan Baku

Kamu wajib mempersiapkan bahan baku sebelum jualan nasi pecel godong jati. Bahan baku apa saja yang diperlukan untuk membuat nasi pecel? Bahan yang diperlukan meliputi sayur ( bayam, daun singkong, dan lain-lain), timun, kecambah, dan kobis.

Salah satu bahan membuat pecel
Salah satu bahan membuat pecel


Dimana tempat membeli sejumlah bahan untuk sajian menu warung nasi pecel? Menurut pengalaman ku pribadi, pembelian semua bahan dasar bisa dilakukan di pasar ataupun tukang sayur. Harga dikedua tempat tersebut juga cukup terjangkau. 

Lakukan pembelian dalam jumlah banyak dan penyimpanan tepat. Baiknya sayur dibungkus memakai plastik secara rapat sebelum dimasukkan kulkas. Pastikan untuk membeli sejumlah sayur yang masih fresh atau segar agar cita rasa tetap nikmat. 

4. Cari Supplier Sambel Pecel 

Selain mengupayakan bahan, Kamu juga harus pandai mencari sambel pecel untuk berjualan. Umumnya sambel pecel pada usaha satu ini bisa didapatkan dengan mencari supplier. Kamu bisa bekerja sama dengan sejumlah merk sambel kacang ternama. 

Pastikan memilih supplier yang tepat, coba dulu rasa dari sambel tersebut untuk memastikan kualitasnya. Pasalnya kelezatan nasi pecel tergantung dengan sambel kacang. Bagaimana jika sambel kacang atau sambel pecel membuat sendiri?

Pembuatan sambel pecel
Pembuatan sambel pecel


Hal tersebut tentu sangat bagus lantaran kualitas dari sambel sudah diketahui. Dengan membuat sendiri, usaha jualan nasi pecel godong jati akan semakin lancar. Terlebih dengan membuat sendiri Kita jadi tau takaran yang pas sehingga kenikmatan terasa. 

5. Kumpulkan Godong Jati

Godong jati sebenarnya memiliki makna daun jati. Daun ini umumnya sangat mudah ditemukan dan digadang-gadang mampu menambah rasa lezat pada nasi pecel. Bagaimana cara mencari godong jati untuk membungkus nasi?

Daun jati atau godong jati
Daun jati atau godong jati


Cara mencari godong jati bisa diupayakan dengan mencari ke kebun pohon jati atau melakukan pembelian. Bersihkan godong jati dengan lap yang bersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan debu yang menempel pada godong jati tersebut. 

Jangan lupa siapkan pula daun pisang sebagai dalaman atau alasan tempat nasi pecel. Biasanya kalau untuk dimakan di tempat godong jati diletakkan di atas piring menjalin. Kalau dibungkus tinggal menyesuaikan dengan isi dari nasi pecel tersebut. 

6. Sediakan Berbagai Menu

Cara berjualan nasi pecel akan lancar dan laris manis jika tersedia berbagai macam menu lengkap. Dalam menjual nasi pecel godong jati Kamu perlu menyediakan berbagai menu unggulan seperti ayam goreng, lele goreng, hingga berbagai macam sayur-sayuran. 

Ayam goreng merupakan makanan yang cocok menemani nasi pecel
Ayam goreng merupakan makanan yang cocok menemani nasi pecel


Sediakan juga aneka gorengan dengan harga jual mulai dari Rp 500 - Rp 1.000. Idealnya gorengan yang disediakan dalam jumlah banyak mampu menarik banyak pembeli. Kamu juga bisa menambah berbagai macam kerupuk untuk menambah jualan

Terlebih beberapa orang tidak bisa makan tanpa keberadaan kerupuk. Kamu juga bisa menambah berbagai macam gorengan lezat seperti tempe, pia-pia, tahu isi, dan masih banyak lagi. Menyediakan menu membuat kebutuhan pembeli terpenuhi dengan baik. 

7. Buat Menu Minuman 

Menurut pendapat pengusaha pecel yang sukses, usaha ini memerlukan strategi tambahan berupa penyiapan menu minuman. Menu minuman seperti apa yang disukai oleh orang-orang? Menu minuman yang disukai oleh orang-orang seperti es teh, jus, dan lain-lain. 

Contoh menu minuman
Contoh menu minuman


Menjelang siang hari Kamu wajib mengupayakan berbagai menu minuman dingin pasalnya masa itu cocok dengan cuaca yang terik. Sementara jika memasuki musim penghujan Kamu bisa menyediakan berbagai menu yang membuat tubuh hangat. 

Minuman seperti apa yang membuat tubuh hangat? Yang terbuat dari rempah-rempah seperti wedang jahe, teh tubruk, cemue, dan masih banyak lagi. Menyediakan menu yang beragam juga diklaim mampu menambah kepuasan batin pelanggan setia. 

8. Tetapkan Harga Bersaing

Dalam mengupayakan jualan nasi pecel godong jati, Kamu harus menentukan harga. Pastikan harga tersebut terjangkau oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Umumnya pembeli nasi pecel akan request sesuai dengan keinginan pembeli. 

Bagaimana maksud dari request? Jadi pembeli bisa membeli sesuai dengan uang yang dimiliki. Cara ini sudah diterapkan oleh hampir semua penjual pecel godong jati di seluruh tempat. Pasalnya dengan cara ini semua orang bisa menyesuaikan dengan keuangan.

Tetapkan harga nasi pecel
Tetapkan harga nasi pecel


Berapa idealnya harga nasi pecel godong jati? Dengan menerapkan cara berjualan nasi pecel yang benar, harga jual mulai dari Rp 5.000 - Rp 10.000. Namun harga tersebut bisa disesuaikan budget yang dimiliki oleh pembeli itu sendiri. 

9. Lakukan Promosi 

Kemajuan zaman dalam berjualan tidak boleh Kamu lupakan. Hal ini bertujuan agar Kamu tidak kalah saing dengan sejumlah penjual yang telah beralih ke zaman milenial. Hal ini biasanya berlangsung dalam bidang promosi atau pemasaran nasi pecel. 

Dalam mengupayakan hal ini Kamu harus pandai merebut hati dari pelanggan setia. Promosi bisa dilakukan dengan memasang benner di sekitar lokasi, membuat postingan di sosial media, hingga mendatangkan influence ternama. 

Contoh promosi offline
Contoh promosi offline


Walaupun melakukan promosi membutuhkan biaya lebih, namun hal itu akan sebanding dengan keuntungan yang akan Kamu dapatkan. Jangan lupa untuk rajin melakukan evaluasi diri sehingga kedepannya jualan nasi pecel godong jati laris manis. 

Nah itulah berbagai cara berjualan nasi pecel yang bisa Kamu terapkan untuk untung besar. Kamu juga bisa memakai aplikasi untuk jualan nasi pecel godong jati. Cara berjualan lewat aplikasi bisa Kamu pelajari dengan membaca artikel lain di website ini. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar