Persiapan Usaha Es Krim yang Bikin Untung Makin Merinding

 

Es krim untuk jualan
Es krim untuk jualan

CariUang - Usaha es krim merupakan salah satu bisnis yang banyak ditempuh oleh beberapa orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Umumnya peluang usaha es krim cukup tinggi jika Kita mampu mengembangkan usaha tersebut dari awal.

Table of Contents
 

Tahapan Persiapan Usaha Es Krim

Dalam mengupayakan peluang usaha es krim, pemilik bisnis hendaknya harus memiliki keahlian di bidang wirausaha. Bagaimana jika keahlian tersebut belum dimiliki? Kamu bisa mempelajari secara berkala. Berikut persiapan usaha es krim yang laris manis:

1. Mengenali Produk Es Krim yang akan dijual

Langkah pertama yang bisa Kamu upayakan untuk menempuh bisnis jualan es krim yakni mengenali produk. Pasalnya es krim sendiri menjadi produk makanan yang terdiri dari berbagai macam jenis. Pengenalan produk yang dijual membuat jalannya usaha lebih lancar. 

Tidak kalah penting, peluang usaha es krim juga wajib mengetahui karakteristik penyajian es krim. Apa saja jenis es krim yang bisa ditawarkan? Jenis produk es krim yang bisa ditawarkan mulai dari frozen yoghurt, gelato, sorbet dan masih banyak lagi. 

Produk es krim
Produk es krim

Bagaimana jika menjual semua jenis es krim? Umumnya banyak sekali kedai yang menawarkan berbagai macan jenis es krim. Kamu bisa mengupayakan hal tersebut jika modal yang dimiliki sudah banyak dan pengelolaan cukup mudah. 

2. Menyusun Rincian Modal

Tahapan yang tidak kalah penting dalam mengupayakan usaha es krim yakni menyusun modal. Penyusunan modal harus dipertimbangkan dengan memperhatikan berbagai indikator. Berapa perkiraan modal usaha pembuatan bisnis es krim skala menengah? 

Perkiraan modal berdasarkan pengalaman sejumlah pemilik bisnis bersangkutan yakni sekitar 10-20 juta. Modal tersebut digunakan untuk melakukan pembelian bahan baku, peralatan, hingga promosi produk es krim yang akan diproduksi oleh kedai bersangkutan. 

Persiapan modal usaha
Persiapan modal usaha

Pastikan pembuatan modal terperinci sehingga kedepannya menjalankan bisnis jualan es krim mudah dipantau. Biasanya modal dipersiapkan saat hendak memulai usaha. Dengan memperkirakan modal, Kamu bisa merinci berbagai kemungkinan yang terjadi. 

3. Persiapkan Metode Berjualan

Hal yang tak kalah penting dalam menempuh usaha berjualan es krim yakni menentukan metode penawaran. Metode penawaran atau penjualan es krim bisa ditempuh dengan menjajakan secara keliling, buat stand atau buka kedai sendiri. 

Tidak jarang juga pemilik usaha es krim menempuh semua metode jualan untuk menghasilkan keuntungan berlipat ganda. Metode berjualan yang tepat memang membuat alternatif usaha ini berpotensi mendatangkan sejumlah manfaat. 

Stand jualan es krim
Stand jualan es krim

Jika semua metode jualan diterapkan maka Kamu harus mencari tenaga kerja tambahan. Tidak hanya itu saja, Kamu juga harus menyiapkan sejumlah alat operasional mulai dari gerobak hingga sepeda untuk jualan secara keliling. 

4. Persiapan Bahan Baku dan Alat

Tidak hanya mempersiapkan metode jualan, Kamu juga harus mampu menyediakan berbagai macam alat dan bahan baku. Salah satu alat terpenting yakni mesin es krim. Bahkan bisa dikatakan bahwa nyawa usaha ini tergantung dengan mesin es krim. 

Pastikan membeli mesin es krim yang berkualitas sekaligus. Pembelian mesin yang berkualitas sekaligus membuat produktivitas meningkat drastis. Jangan lupa untuk melakukan pembelian sejumlah bahan baku untuk pembuatan produk es krim.

Alat membuat es krim
Alat membuat es krim

Bahan baku yang digunakan menyesuaikan dengan jenis es krim yang akan diproduksi. Biasanya pembelian akan dilakukan dalam jumlah banyak sekaligus agar kedepannya mendapatkan potongan harga atau diskon. Biasanya hal ini dilakukan oleh toko yang sudah menjadi langganan. 

5. Menentukan Stand atau Lokasi Jualan

Sebelum memulai produksi, Kamu harus menentukan lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat jualan. Lokasi tersebut bisa dibagi berdasarkan potensial terjual habis. Kamu bisa berjualan di pinggir jalan ( jika membuka stand dan gerai).

Sementara penjualan secara keliling biasanya berpindah-pindah dari lokasi satu ke lainnya. Penting sekali bagi Kamu untuk menyediakan stand yang higienis sehingga pembeli merasa nyaman dan aman saat melakukan pembelian produk es krim tersebut. 

Menurut pengalaman ku pribadi dalam mengamati usaha es krim, sebelum memulai buka lokasi kebanyakan mereka akan riset terlebih dahulu. Pastikan tahapan ini terselesaikan dengan optimal sehingga keuntungan berlipat ganda sesuai harapan usaha. 

6. Produksi Es Krim

Cara membuat es krim bisa dipelajari otodidak ataupun melihat resep di internet. Tidak sedikit juga mesin yang menyediakan prosedur pemakaian. Buat es krim dengan resep yang telah dikuasai untuk memulai produktivitas yang nantinya dijual kembali. 

Umumnya cara membuat es krim akan mudah diupayakan jika semua bahan dan alat telah tersedia. Pastikan bahwa cara membuat es krim mempertimbangkan sejumlah tahapan mulai dari takaran hingga memastikan rasa telah sesuai dengan lidah. 

Cuci bersih semua alat yang tadinya digunakan untuk membuat es krim. Untuk apa mesin dan semua alat harus dicuci setelah pemakaian? Agar proses produksi berikutnya tetap higienis dan semua alat tersebut bisa awet atau tahan lama. 

7. Sediakan Berbagai Macam Varian

Usaha es krim akan laris manis jika Kamu mampu menyediakan berbagai macam varian rasa. Umumnya penyediaan varian rasa didasarkan setelah riset dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memenuhi berbagai macam keinginan dari sejumlah pelanggan setia. 

Apa saja varian es krim yang disukai oleh orang-orang? Umumnya varian es krim yang paling disukai meliputi coklat, vanila, strawberry, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menyediakan banyak varian yang best seller untuk menarik perhatian banyak orang. 

Varian es krim
Varian es krim

Beberapa varian tersebut umumnya disukai oleh sejumlah anak kecil. Tidak jarang juga penjualan es krim dilengkapi dengan berbagai macam topping melimpah. Penyediaan topping membuat usaha es krim milik Kamu berbeda dengan lainnya.

8. Buat Pengemasan

Pengemasan es krim yang unik dan menarik juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi penjualan. Kamu bisa memanfaatkan berbagai alternatif untuk mengupayakan pengemasan es krim yang unik dan menarik perhatian orang-orang. 

Apa saja pengemasan es krim yang bagus? Pengemasan bisa berupa box, cup berbagai ukuran hingga contong yang bisa dikonsumsi. Menurut pengalaman ku pribadi, pengemasan akan lebih efektif jika disediakan dalam berbagai macam pilihan.

Pengemasan es krim
Pengemasan es krim

Jadi berikan kebebasan bagi pembeli untuk memilih kemasan yang disukai. Kemasan yang menarik umumnya bisa dikonsumsi. Selain menarik, alternatif ini mampu mengurangi berbagai masalah terkait dengan penumpukan sampah bekas kemasan. 

9. Tentukan Harga Bersaing

Buat harga es krim yang bersaing dan terjangkau agar mampu mendapatkan pelanggan dari berbagai kalangan. Beberapa kedai es krim memutuskan untuk menjual produk ini dengan menyesuaikan request dari pembeli atau konsumen sehingga lebih terjangkau. 

Berapa idealnya harga es krim? Idealnya, harga es krim mulai dari Rp 5.000 - Rp 10.000. Namun penetapan harga tersebut juga menyesuaikan porsi es krim yang dijual. Jika porsinya banyak maka harga akan bertambah begitupun sebaliknya. 

Penetapan harga bersaing
Penetapan harga bersaing 

Menurut beberapa penjual es krim, varian rasa juga mempengaruhi harga. Semakin best seller varian rasa es krim tersebut maka harganya akan bertambah mahal. Jadi pastikan untuk menerapkan tarif harga yang terjangkau sehingga usaha tetap untung. 

Persiapan usaha es krim akan efektif dan berjalan lancar jika tahapan tersebut tidak ada yang terlewatkan. Upayakan memiliki keahlian di bidang marketing dan manajemen keuangan. Informasi lain seputar bisnis bisa Kamu pelajari dengan baca artikel di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar