Ide Usaha Digital Printing yang Bikin Keuangan Anti Garing

 

Peralatan percetakan digital
Peralatan percetakan digital

CariUang - Ide usaha digital printing belakangan banyak dijadikan referensi bisnis bagi sejumlah kalangan. Terlebih usaha printing rumahan membutuhkan modal yang tidak begitu banyak. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai sumber mencari uang.

Table of Contents
 

Deretan Ide Usaha Digital Printing 

Memulai usaha printing rumahan tentu harus mengetahui jenis-jenis kebutuhan paling banyak diinginkan oleh masyarakat. Terlebih daya saing usaha printing rumahan cukup tinggi. Berikut ini ide usaha digital printing yang bisa Kamu terapkan untuk hasilkan banyak keuntungan:

1. Spanduk 

Contoh digital printing paling banyak diinginkan oleh customer yaitu spanduk. Spanduk merupakan media berukuran sedang hingga besar yang memuat sejumlah informasi, iklan hingga ajakan kepada masyarakat untuk melakukan tindakan tercantum. 

Spanduk
Spanduk

Dalam menerapkan ide usaha digital printing ini tentu dibutuhkan peralatan dan bahan yang berkualitas. Hal ini bertujuan untuk mengupayakan hasil yang berkualitas juga sehingga memuaskan batin dari customer ataupun pelanggan setia. 

Menjelang momen pilkada hingga pilpres orderan berupa spanduk banyak diminta oleh oknum tertentu. Biasanya spanduk tersebut digunakan oleh oknum tertentu untuk meminta dukungan kepada masyarakat selama proses pilkada berlangsung. 

2. Percetakan Mug ataupun Piring

Dalam beberapa acara pernikahan pasti dijumpai souvernir berupa gelas, piring hingga asbak yang tertulis nama mempelai. Tidak hanya tulisan, beberapa pasangan pengantin banyak juga yang mencantumkan gambar dalam mug ataupun piring souvernir. 

Mug custom
Mug custom

Hal ini tentu menjadi salah satu contoh digital printing yang bisa Kamu terapkan kedepannya. Usaha ini biasanya ditempuh oleh mereka yang bergerak di bidang pembuatan souvernir pernikahan ataupun acara-acara penting tertentu. 

Sebelum memulai percetakan pastikan bahwa gelas atau mug yang dicari berkualitas dan tebal. Hal ini bertujuan untuk mengupayakan kualitas dan ketahanan dari souvernir tersebut. Pastikan menerima orderan sesuai permintaan pelanggan agar senantiasa memberikan kepuasan batin tersendiri. 

3. Case

Kemajuan zaman membuat case memiliki berbagai macam motif dan bentuk. Bahkan beberapa case hp banyak yang memiliki motif hasil percetakan. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai referensi untuk memulai usaha percetakan atau printing.

Case printing
Case printing

Untuk mengupayakan printing case tentu Kamu membutuhkan produk tersebut secara polosan. Biasanya case polos bisa berupa warna-warni ataupun bening. Buat motif sesuai dengan request dari pelanggan kemudian aplikasikan ke case tersebut. 

Dalam mengupayakan ide ini Kamu harus bekerja sama dengan supplier case. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan bahan baku dengan harga terjangkau. Sediakan case berbagai ukuran sesuai dengan merk hp sehingga menjangkau banyak pelanggan. 

4. Tupperware Custom

Contoh digital printing yang cukup populer dan banyak diminta oleh masyarakat yakni tupperware custom. Kamu bisa membuat wadah tersebut dengan berbagai macam motif, desain, warna dan ukuran untuk memenuhi berbagai permintaan pelanggan. 

Ide usaha digital printing ini umumnya banyak ditempuh oleh pemilik bisnis dengan target penjualan masyarakat luas. Sama halnya penjualan case, Kamu juga wajib menjalin mitra kerja sama dengan sejumlah produsen tupperware. 

Pembuatan tupperware berupa wadah makanan dan minuman dengan custom tertentu cocok dijadikan sebagai oleh-oleh ataupun souvernir acara pernikahan. Upayakan sejumlah motif yang menarik sehingga memikat hati banyak orang. 

5. Cetak Kalender

Setiap sekolahan ataupun instansi tertentu akan melakukan percetakan kalender untuk dibagikan. Bisnis percetakan berupa kalender bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk ide usaha digital printing jangka panjang dan bersifat musiman. 

Kalender meja
Kalender meja

Umumnya usaha cetak kalender banyak ditempuh oleh jasa printing skala besar. Percetakan kalender membutuhkan desain tersendiri yang bisa dipelajari secara otodidak. Buat kalender dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi desain. 

Sediakan berbagai macam jenis kalender mulai dari dinding hingga kalender meja. Biasanya beberapa lembaga akan rutin order jika sudah pergantian tahun. Upayakan membuat kalender berkualitas agar customer tidak kapok untuk berlangganan. 

6. Percetakan Stiker

Bisnis percetakan juga dapat Kamu upayakan dengan menawarkan pembuatan stiker. Pembuatan stiker bisa dibuat dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi desain seperti Canva, PicsArt, Photoshop, dan masih banyak lagi. 

Stiker printing
Stiker printing

Untuk membuat stiker biasanya pelaku bisnis yang menerapkan ide usaha digital printing akan mengabulkan sejumlah request ataupun permintaan pelanggan setia. Beri kesempatan kepada pelanggan untuk request stiker sesuai kebutuhannya. 

Tidak sedikit juga pelaku UMKM melakukan pemesanan stiker sebagai label produk. Dibutuhkan keahlian di bidang desain grafis untuk mengupayakan pembuatan stiker sesuai harapan. Semakin ahli Ketrampilan mu, biasanya hasil akhir terlihat berkualitas. 

7. Percetakan Kaos

Sablon kaos juga tergolong sebagai bisnis digital printing yang banyak digeluti oleh sejumlah kalangan masyarakat. Untuk mengupayakan bisnis ini pemilik usaha harus menjalin kerja sama dengan produsen kaos polos sehingga dapat harga lebih murah. 

Manfaatkan sejumlah peralatan yang ada untuk membuat sablon kaos sesuai custom dari klien. Menurut pendapat sejumlah pemilik usaha sablon kaos, usaha ini akan meningkat jika menjelang momen tertentu seperti pileg ataupun pilpres. 

Sablon kaos
Sablon kaos

Kenapa permintaan sablon kaos meningkat menjelang momen pileg? Pasalnya banyak oknum caleg tersebut membutuhkan media untuk kampanye dan promosi. Hal itu tentu akan memberikan banyak keuntungan terlebih jika hasil sablon kaos memuaskan. 

8. Percetakan Promosi

Ide usaha printing digital paling banyak dicari oleh orang-orang juga berasal dari media promosi. Pasalnya mereka membutuhkan percetakan promosi untuk meningkat potensi bisnisnya. Menurut pendapat pelaku usaha, media promosi berpengaruh pada omzet. 

Beberapa media promosi yang wajib Kamu upayakan meliputi brosur, benner, spanduk, dan masih banyak lagi. Tidak sedikit juga usaha percetakan yang menerima permintaan pembuatan custom stempel sesuai dengan kebutuhan dari klien. 

Untuk mengupayakan ide bisnis ini Kamu wajib mempersiapkan sejumlah peralatan terutama percetakan mumpuni. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pengerjaan pesanan dari pelanggan setia. Semakin bagus alat biasanya hasil akan maksimal. 

9. Aksesoris

Tidak hanya mengupayakan sejumlah media ataupun sablon, bisnis percetakan juga bisa ditempuh dengan menawarkan berbagai macam aksesoris. Beberapa aksesoris yang bisa dicetak melalui bisnis printing seperti gantungan kunci ataupun pin. 

Biasanya aksesoris custom yang disediakan oleh usaha printing bisa dijual kembali ataupun sebagai kado kepada orang tersayang. Pembuatan aksesoris dalam jumlah banyak bisa Kamu jual dengan memanfaatkan sejumlah media sosial. 

Umumnya penjualan sejumlah aksesoris turut disertakan sejumlah produk lain. Jadi Kamu bisa menjual produk lain sebagai sampingan. Semakin banyak produk yang dijual tentu keuntungan usaha bisa meningkat secara drastis. 

Ide usaha digital printing bisa Kamu upayakan dengan menyediakan sejumlah produk tersebut. Pastikan semua produk tersebut dibuat dengan seksama. Jual produk dengan menerapkan ilmu marketing yang dapat dipelajari melalui artikel lain website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar