Cara Menjual Buku yang Bikin Cuan Ngalir Mulu, Yakin Gak Mau?

 

Cara menjual buku dapat diupayakan dengan membuat toko
Cara menjual buku dapat diupayakan dengan membuat toko

CariUang - Cara menjual buku bekas dapat ditempuh boleh sejumlah kalangan untuk mendapat penghasilan tambahan. Dalam menjual buku Kamu harus punya keahlian marketing dan strategi bisnis mumpuni sehingga relasi yang dibangun cukup luas.

Table of Contents
 

Bagaimana Langkah atau Cara Menjual Buku?

Menurut pengalaman sejumlah orang, menjual buku bekas atau baru hendaknya direncanakan secara matang. Pasalnya bisnis satu ini butuh modal tidak sedikit. Berikut ini cara untuk menjual buku agar keuntungan semakin besar dan bisa dijadikan investasi:

1. Buat Perencanaan Terkait Jualan

Pemilik salah satu toko buku terkemuka menjelaskan, untuk membangun suatu bisnis di bidang penjualan dibutuhkan perencanaan. Apa saja perencanaan yang wajib dipikirkan? Perencanaan meliputi modal, konsep bisnis ( online atau offline) dan lainnya. 

Kamu juga harus memikirkan strategi dari ca menjual buku bekas dilakukan secara online ataupun offline. Tahapan perencanaan ini mampu membantu Kamu dalam menganalisis seberapa besar potensi keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis. 

2. Persiapkan Modal

Setelah rancangan berhasil disusun, langkah berikutnya yaitu mempersiapkan modal usaha. Modal meliputi tempat menjual buku bekas, biaya operasional, gaji karyawan, promosi dan lain sebagainya. Pastikan punya keahlian dalam hal perhitungan. 

Kenapa modal harus dipersiapkan? Hal ini bertujuan agar kedepannya Kamu bisa langsung membuka bisnis dengan skala yang diinginkan. Hal ini berlaku pada cara menjual buku bekas online ataupun offline sesuai ketentuan. 

3. Survei Lokasi

Tempat menjual buku bekas juga harus direncanakan secara matang. Dimana Aku bisa membuka tempat menjual buku bekas yang berpotensial? Kamu bisa melakukan riset pasar dan meninjau lapangan agar cara menjual buku bekas nantinya laris manis. 

Menurut pendapat sejumlah pemilik toko buku, lokasi strategis meliputi dekat sekolah, kampus, ataupun di depan pusat kota. Lokasi strategis dan mudah dijangkau membuat orang lain mudah mengunjungi toko buku tersebut dalam kurun waktu sering. 

4. Mencari Reseller

Cara menjual buku online ataupun offline juga membutuhkan reseller. Kamu bisa bekerja sama dengan sejumlah penerbitan untuk mendapatkan harga buku lebih murah. Cara menjual buku online bisa mencari reseller dengan menjalin mitra bersama penulis.

Jika Kamu menerapkan cara menjual buku bekas, maka kerja sama bisa dilakukan dengan pihak pengepul barang second. Biasanya tahapan ini jauh lebih murah ketimbang buku baru ataupun cara menjual buku online pada situs tertentu. 

5. Promosi

Sama halnya dengan bisnis lain, menurut pengalamanku pribadi dalam berjualan buku diperlukan tahapan promosi. Tahapan ini dilakukan agar produk buku yang disediakan bisa dikenal oleh banyak orang. Promosi bisa ditempuh dengan menerapkan 2 metode. 

Agar Untung besar jualan buku bisa laris
Agar untung besar jualan buku bisa laris

Metode apa saja yang paling mudah untuk dilaksanakan? Metode promosi online bisa diupayakan untuk mendapatkan keuntungan besar. Kamu bisa memanfaatkan sejumlah sosial media mulai dari Instagram hingga Tik Tok. 

6. Penjualan Melalui Marketplace

Berdasarkan pengalamanku pribadi, penjualan buku baik bekas atau baru bisa diupayakan dengan memanfaatkan keberadaan marketplace. Sejumlah marketplace yang bisa Kamu tempuh meliputi lazada, Tokopedia, Shopee dan masih banyak lagi. 

Upload semua produk pada situs marketplace tersebut hingga terdapat pembeli. Bagaimana jika nantinya ada pembeli yang tertarik? Kamu bisa mengemas dan mengirimkannya sesuai dengan pesanan yang diajukan oleh pembeli. 

Cara menjual buku sebenarnya bisa ditempuh dengan modal rendah. Hindari membeli buku hasil bajakan lantaran merugikan pihak penulis. Baca dan pahami informasi seputar bisnis ataupun usaha lain dari referensi artikel website Kami.

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar