Cara Membuat Iklan yang Menarik, Pemilik Bisnis Wajib Tau

Contoh iklan yang menarik
Contoh iklan yang menarik 

 CariUang - Cara membuat iklan yang menarik dapat dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah media. Umumnya banyak pengusaha  yang mulai memanfaatkan contoh iklan di media sosial. Terdapat referensi atau contoh iklan di media sosial yang menarik perhatian.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Membuat Iklan yang Menarik?

Menurut pengalaman ku dalam mengupayakan contoh iklan di media sosial, terdapat berbagai tahapan yang harus ditempuh. Umumnya pemanfaatan media bertujuan agar proses pembuatan iklan lebih optimal. Berikut ini cara membuat iklan yang menarik:

1. Kenali Target Pembeli

Menurut pengalaman ku pribadi dalam membuat iklan, penting sekali bagi pemilik usaha untuk mengetahui target marketing. Siapa target marketing dari iklan yang menarik? Untuk mengetahui target, penting bagi Kamu memastikan produk yang dijual.

Target pembeli adalah masyarakat
Target pembeli adalah masyarakat 

Sebagai contoh produk yang dijual kosmetik maka target iklan adalah kaum hawa. Hal ini bukan menjadi rahasia umum lagi bagi pebisnis. Untuk apa pengenalan target pembeli perlu diupayakan? Agar pembuatan iklan bisa menyesuaikan. 

Upayakan agar pembuatan iklan menyesuaikan dengan hal-hal yang berkaitan dengan target marketing. Hal ini bertujuan agar potensi iklan mempengaruhi target marketing cukup tinggi. Dengan begitu iklan yang menarik perhatian berhasil diupayakan. 

2. Tentukan Media Penayangan Iklan

Cara membuat iklan yang menarik dipengaruhi oleh media. Banyak orang yang beranggapan bahwa cara membuat iklan produk akan berhasil jika media tersebut sudah digunakan oleh banyak orang. Benarkah hal tersebut?

Media penayangan iklan bisa berupa televisi
Media penayangan iklan bisa berupa televisi

Walaupun tidak sepenuhnya benar, namun Kamu bisa menempuh tahapan tersebut. Media apa saja yang sering digunakan untuk menayangkan iklan? Menurut pendapat sejumlah pebisnis, media meliputi televisi, sosial media, baliho, majalah dan lain sebagainya. 

Cara membuat iklan produk di televisi atau media sejenisnya tentu saja membutuhkan uang. Namun hal tersebut akan balik modal jika iklan yang dibuat berhasil memikat perhatian banyak orang atau target penjualan produk tersebut. 

3. Pakai Bahasa Efektif 

Cara membuat iklan produk yang menarik bisa menggunakan bahasa efektif. Beberapa masyarakat menjelaskan bahwa penggunaan bahasa dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Pasalnya bahasa merupakan cerminan kepribadian atau karakteristik. 

Gunakan bahasa yang singkat dan efektif dalam membuat iklan baik di televisi ataupun media sosial. Biasanya sejumlah digital marketing menggunakan bahasa mengikuti trend kekinian dan target penjualan. Penting juga bagi Kamu memakai bahasa persuasif untuk mengajak target penjualan membeli produk bersangkutan. 

Iklan dengan bahasa menarik
Iklan dengan bahasa menarik

Sesuaikan juga bahasa dengan target marketing agar cara membuat iklan produk memberikan hasil terbaik. Dengan mempertimbangkan hal tersebut cara membuat iklan yang menarik bisa ditempuh oleh pelaku usaha dalam kurun waktu singkat atau cepat. 

4. Pakai Ilustrasi yang Menarik

Entah di sosial media, majalah, baliho, hingga pengemasan pasti dipengaruhi oleh yang nanya ilustrasi. Beberapa orang beranggapan bahwa iklan yang menarik memiliki ilustrasi kuat dan mengandung makna tersendiri atau mewakili produk tersebut. 

Jadi penting sekali bagi Kamu untuk memakai ilustrasi yang menarik perhatian. Bagaimana cara membuat ilustrasi? Cara ilustrasi bisa dilakukan dengan melibatkan ahli di bidang desain grafis. Biasanya mereka akan memanfaatkan aplikasi digital. 

Ilustrasi iklan menarik
Ilustrasi iklan menarik

Bagaimana jika penayangan iklan di televisi? Jika penayangan iklan di televisi maka Kamu harus selektif dalam memilih publik figur. Beberapa pelaku usaha biasanya memilih publik figur yang sedang naik daun dengan tujuan agar mempengaruhi banyak orang. 

5. Sematkan Logo dalam Iklan

Dalam mengupayakan iklan tertentu penting bagi Kamu untuk menyemarakkan logo produk. Cara membuat iklan yang menarik memang dipengaruhi logo lantaran unsur tersebut merupakan perwakilan dari merk. Dimana logo dicantumkan?

Tidak perlu besar, biasanya logo sudah tercantum dalam kemasan. Jika penayangan di sosial media, cantumkan logo pada setiap slide gambar. Namun, jika penayangan dalam bentuk video maka pastikan agar konten tersebut memuat logo. 

Kenapa logo sangat penting? Logo dan merk sangat penting penting lantaran mengandung makna dari produk. Cara membuat iklan yang menarik akan berhasil jika tahapan ini mampu Kamu selesaikan dengan cepat dan tepat. 

6. Cantumkan Detail Produk

Dalam iklan di televisi ataupun sosial media pasti terdapat bagian informasi produk. Sebenarnya tahapan tersebut benar-benar perlu diupayakan untuk memudahkan pembeli menggunakan produk sesuai dengan ketentuan atau petunjuk. 

Cara membuat iklan yang menarik ini dapat diupayakan dengan mencantumkan komposisi hingga prosedur penggunaan. Beberapa orang juga beranggapan bahwa dalam iklan juga wajib dicantumkan larangan penggunaan ( bersifat opsional).

Bagaimana jika produk tidak ada detailnya? Pembeli atau target penjualan akan merasa kesulitan dalam hal penggunaan. Tidak hanya itu saja, kamu juga berpotensi gagal dalam mengupayakan iklan yang menarik perhatian banyak orang. 

7. Sesuaikan Momentum 

Hampir semua pelaku usaha hingga pengusaha ternama akan memanfaatkan momentum tertentu dalam penayangan iklan. Cara membuat iklan yang menarik ini bisa diupayakan dengan melihat momentum sedang atau akan berlangsung beberapa waktu Ke Depan. 

Sebagai contoh, mendekati bulan ramadhan Kamu bisa langsung membuat iklan yang ikonik dengan momentum tersebut. Tidak hanya itu saja, pembuatan iklan sesuai momentum tertentu juga bisa dijadikan pertimbangan jika produk berkaitan. 

Tidak hanya di televisi, di sosial media juga akan memanfaatkan momentum tertentu untuk menayangkan iklan. Biasanya sosial media akan memanfaatkan elemen tertentu sebagai perwakilan bahwa produk bersangkutan juga tengah memperingati momen tersebut. 

8. Riset Kompetitor 

Cara membuat iklan yang memikat banyak orang yakni dengan rutin riset kompetitor. Kenapa harus rutin riset kompetitor? Agar Kamu tau sejauh mana pihak pesaing dalam mempromosikan produk-produk buatan mereka sehingga menarik perhatian. 

Ilustrasi riset kompetitor
Ilustrasi riset kompetitor 

Bagaimana cara riset kompetitor agar iklan menarik perhatian? Menurut pengalaman ku pribadi, riset kompetitor dapat diupayakan dengan mengamati iklan yang sedang ditayangkan. Lakukan evaluasi terhadap kekurangan dan kelebihan iklan tersebut. 

Jadikan kekurangan iklan kompetitor sebagai bahan evaluasi. Jangan lupa buat penawar iklan yang menarik perhatian. Penawaran bisa dilakukan dengan memberikan potongan harga atau diskon kepada pembeli ( biasanya syarat dan ketentuan berlaku).

9. Cantumkan Testimoni 

Kamu juga wajib mencantumkan testimoni atau ulasan produk sebagai penguat iklan. Penayangan iklan di televisi biasanya menggunakan adegan wawancara untuk mengupayakan testimoni atau ulasan produk tertentu.

Testimoni produk
Testimoni produk

Kamu juga bisa mengupayakan nya testimoni dengan menggunakan kalimat seperti " 1 juta dari 1.5 juta orang di lokasi A telah menggunakan produk.." Penggunaan kalimat tersebut menjadi bentuk ajakan agar target marketing mau melakukan pembelian. 

Sementara iklan di sosial media testimoni atau ulasan dapat berupa screenshot, penggunaan produk dan lain sebagainya. Testimoni ini sangat lengkap sehingga benar-benar harus diupayakan agar iklan memberikan keuntungan cukup tinggi. 

Cara membuat iklan yang menarik bisa Kamu tempuh melalui tahapan tersebut. Pastikan agar semua tahapan tersebut tidak ada yang terlewatkan agar keuntungan bisa optimal. Tingkatkan skill bisnis dengan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar