Trik Menjadi Customer Service Online yang Baik, Nomor 5 Sering Orang Lupa

Customer service online
Customer service online


 CariUang - Customer service online saat ini menjadi pusat pelayanan yang menentukan nilai positif atau negatif suatu perusahaan. Hal inilah yang membuat perusahaan ternama berlomba-lomba untuk rekrutmen CS online yang kompeten di bidangnya.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Menjadi Customer Service Online yang Baik

Cara kerja jadi customer service sebenarnya tergolong gampang-gampang susah. Terlebih contoh menjadi customer service yang baik sudah diterpakan oleh beberapa perusahaan. Berikut ini cara kerja jadi customer service online yang baik dan benar:

1. Beri Tanggapan pada Telepon

Hampir semua orang yang bekerja 2 bidang CS online pasti akan berhubungan dengan telepon ataupun media komunikasi lainnya. Dalam kasusu ini cara kerja jadi customer service buka. Lagi memberikan pelayanan tapi juga memberikan tanggapan. 

Tanggapi layanan telepon
Tanggapi layanan telepon


Pastikan untuk segera mengangkat telepon yang masuk atau tidak membiarkannya berdering lama. Bagaimana jika telepon berdering lama? Biasanya calon customer akan merasa kesal hingga tidak jarang memilih menghubungi pihak perusahaan.

Setelah telepon diangkat berikan ucapan atau salam hangat kemudian tanya keperluan yang diinginkan. Menurut pengalaman ku sebagai customer service online, biasanya agar tidak lupa pesan yang masuk melalui telepon dicatat menggunakan note.

2. Pakai Bahasa Sopan

Trik berikutnya yang wajib Kamu terapkan sebagai contoh menjadi customer service baik yakni menggunakan bahasa sopan. Gunakan bahasa sopan baik saat ada pelanggan yang datang ke kantor ataupun menghubungi via media komunikasi. 

Bagaimana kriteria bahasa yang sopan? Menurut sejumlah orang yang menerapkan contoh customer service, bahasa sopan cenderung formal. Dengan menerapkan trik ini Kamu akan mudah menarik simpatik sekaligus perhatian dari calon customer. 

Tidak hanya menggunakan bahasa sopan, Kamu juga wajib mengendalikan tinggi rendahnya suara. Kenapa tinggi rendahnya suara juga harus diatur? Agar terdengar lebih kalem sekaligus menimbulkan citra anggun ( jika perempuan).

3. Hindari Tebar Janji

Sebagai seorang yang menerapkan contoh customer service, Kamu tidak diperkenankan untuk menebar janji palsu. Berikan informasi sesuai dengan instruksi atasan saat breafing sedang dilakukan ( biasanya sebelum mulai bekerja).

Hindari menebar janji kepada tamu atau customer
Hindari menebar janji kepada tamu atau customer


Poin ini biasanya sering dilanggar oleh berbagai customer service online perusahaan ternama. Lantas bagaimana jika tidak ada breafing dan atasan sedang keluar? Kamu bisa mengarahkan calon customer untuk menunggu atau membuat janji temu ulang.

Menurut sejumlah customer,Kamu juga wajib menghindari memberi janji gang bersifat manipulasi atau tidak bisa disediakan oleh perusahaan. Selain mengurangi kepercayaan dari customer, hal tersebut mampu memicu penurunan loyalitas dari pelanggan setia.

4. Menerima Segala Pengaduan Customer

Menurut sejumlah pemilik perusahaan ternama seorang customer service online wajib memiliki sifat lapang dada. Tidak hanya itu saja, seorang customer service hendaknya menerima segala kritik, saran, pengaduan dari pelanggan atau customer terhadap perusahaan. 

Terima segala bentuk pengaduan
Terima segala bentuk pengaduan


Pengaduan yang diutarakan oleh pelanggan atau customer biasanya bersifat membangun. Tidak jarang juga seorang customer service online menjadi sasaran amukan dari pelanggan. Bagaimana sifat customer service yang baik dalam hadaoi hal tersebut?

Kamu bisa lapang dada dan bersifat terbuka. Berikan saran terbaik kepada customer tersebut dengan kerendahan hati. Hindari memarahi customer service kembali. Pasalnya jika Kamu memarahi balik besar potensi calon customer tidak datang lagi. 

5. Berikan Bantuan Sewajarnya

Setiap customer service online pasti menginginkan layanan baik untuk calon pelanggan. Namun perlu diperhatikan bahwa pemberian layanan ataupun bantuan baiknya tidak dilakukan secara berlebih-lebihan. Kenapa bantuan tidak boleh lebih?

Pasalnya tugas customer service hanya sebagai pusat Informasi saja. Kamu bisa memberikan bantuan terhadap customer jika pihaknya sudah benar-benar membutuhkan. Namun sebagian petugas CS online memilih meminta pihak lain. 

Dalam suatu perusahaan tentu sudah ada pembagian devisi-devisi sendiri. Nah bagian tersebut gunakan sebagai alternatif untuk memberikan bantuan terhadap customer yang membutuhkan. Dibutuhkan kerja sama yang bagus dalam menerapkan poin ini. 

6. Jadi Pendengar yang Baik

Seorang customer service yang baik bisanya mampu mendengarkan segala permintaan dan keluh kesah dari calon pelanggan. Cara berbicara customer service juga wajib menyesuaikan dengan kondisi atasi situasi yang sedang berlangsung di perusahaan. 

Jadi pendengar yang baik bagi customer
Jadi pendengar yang baik bagi customer


Bagaimana cara berbicara customer service? Tidak menyela atau memotong pembicaraan customer. Dengarkan semua ucapan dengan seksama dan menatap matanya untuk membangun interaksi yang bersifat positif. 

Sebelum Kamu mendaftar pekerjaan sebagai customer service maka wajib memilkki jiwa penyabar. Kenapa jiwa penyabar wajib dimiliki? Pasalnya saat berbicara atau menyampaikan pendapat, tidak jarang customer menggunakan emosi atau sambil marah. 

7. Pahami dan Upayakan Kebutuhan Pelanggan

Tidak semua customer online bisa memenuhi permintaan dari pelanggan setia. Hal itu tentu harus Kamu jadikan pembelajaran agar kedepannya mampu mengupayakan berbagai macam kebutuhan perusahaan. Tentu hal ini harus didasari oleh pemahaman.

Pahami kebutuhan pelanggan
Pahami kebutuhan pelanggan


Bagaimana jika customer online tidak bisa bertatap muka secara langsung? Kamu bisa membuat halaman pengaduan menggunakan email atau situs media sosial lainnya. Bagaimana jika lembar pengaduan nantinya membeludak dan mendadak?

Kamu bisa menangani dari yang paling dulu. Pahami semua pengaduan yang diutarakan oleh sejumlah kalangan masyarakat hingga kebutuhan terpenuhi. Dengan cara ini loyalitas dari calon pelanggan setia bisa diwujudkan begitu saja. 

8. Berempati

Menurut sejumlah customer service berpengalaman, mengupayakan empati dan sifat solidaritas terhadap customer menjadi suatu keharusan. Sebenarnya poin ini berkaitan erat dengan nomor 7. Bagaimana cara menanamkan sifat empati terhadap customer?

Kamu bisa membiasakan diri untuk senantiasa merespon segala pengaduan yang masuk. Upayakan juga Kamu memahami berbagai macam keresahan dari pelanggan setia. Nantinya Kamu pasti akan memposisikan diri sebagai mereka.

Dengan cara ini tentu Kamu bisa mengetahui saran apa yang akan diberikan kepada pelanggan atau customer. Tahapan ini wajib dimiliki oleh seorang customer service online dalam menjalani pekerjaannya di suatu perusahaan atau instansi. 

9. Skill Komunikasi

Sebenarnya dasar menjadi customer service baik online ataupun offline yakni memiliki skill komunikasi. Pastikan skill tersebut benar-benar dikuasai agar peran sebagai customer service terpenuhi dengan baik dan benar. Kenapa skill komunikasi penting?

Tingkatkan skill komunikasi
Tingkatkan skill kkomunikasi


Skill komunikasi sebagai CS penting lantaran bertujuan untuk memberikan pelayanan. Hindari berbicara terlalu bertele-tele lantaran membuat informasi yang akan disampaikan kepada pelanggan tidak tersampaikan dengan baik. 

Selain berbicara harus to the poin, Kamu juga wajib memberikan ucapan terkait layanan lain yang dibutuhkan. H ini tentu bertujuan untuk meningkatkan loyalitas dari calon customer service atau CS online. 

Dengan cara tersebut seorang customer service online mampu memberikan layanan terhadap pelanggan dengan baik. Pastikan memiliki skill komunikasi mumpuni agar tugas berjalan lancar. Tentu hal itu bisa dipelajari dengan baca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar