Bisnis Properti Tanpa Modal, Emang Bisa?

Ilustrasi bisnis properti
Ilustrasi bisnis properti 

CariUang - Kemajuan zaman membuat semua pekerjaan hingga bisnis lebih mudah dirancang. Hal ini bisa diupayakan dengan membangun bisnis properti tanpa modal. Meskipun proses perancangan bisnis mudah, Kamu harus pandai menyusun strategi.

Table of Contents
 

Trik Menjalankan Bisnis Properti Tanpa Modal

Menurut sejumlah orang yang telah menerapkan bisnis bangun perumahan tanpa modal, diperlukan beberapa strategi agar usaha ini berjalan lancar. Berikut ini sejumlah strategi yang bisa Kamu jalankan agar bisnis properti tanpa modal berjalan lancar:

1. Membuat Proposal

Langkah utama dalam mewujudkan bisnis properti bangun perumahan tanpa modal yakni menyusun proposal. Untuk apa proposal perlu disusun? Menurut sejumlah pemilik usaha kecil-kecilan, proposal digunakan untuk mencari pihak mitra kerja sama. 

Buat proposal kerja sama
Buat proposal kerja sama

Biasanya pihak mitra kerja sama adalah mereka yang sudah mempunyai usaha properti skala sedang ataupun besar. Dengan menempuh tahapan ini usaha properti kecil-kecilan yang Kamu jalankan tidak lagi membutuhkan modal tertentu. 

Pembuatan proposal bisa disesuaikan dengan usaha properti kecil-kecilan yang akan direncanakan. Rangkum sejumlah indikator penting mulai latarbelakang, tujuan, hingga kompensasi yang akan didapatkan jika mitra kerja sama tersebut berhasil terjalin. 

2. Menyerahkan Proposal kepada Calon Penjual

Dalam menyusun strategi bisnis properti tanpa modal ini, mitra kerja sama berasal dari mereka yang berperan sebagai penjual. Sebelum itu, Kamu harus mengetahui siapa dulu target penjualan dari bisnis bangun perumahan tanpa modal tersebut.

Hal ini bertujuan agar nantinya penjualan bisa berjalan dengan lancar. Yakinkan pihak penjual tadi dengan menyerahkan proposal. Ceritakan singkat mengenai usaha yang sedang Kamu dirikan. Sebagai pemula hindari mengambil keuntungan terlalu tinggi. 

Kenapa pemula tidak boleh mengambil keuntungan terlalu tinggi? Menurut sejumlah orang yang ahli dalam penjualan bangunan, pengambilan keuntungan terlalu tinggi membuat personal branding dari usaha Kamu akan sulit mengalami perkembangan. 

3. Buat Kerja Sama dengan Pihak Penjual

Menurut pengalaman ku dalam mengamati sejumlah usaha di bidang bisnis properti tanpa modal, rata-rata pihak pengusaha pemula akan membuat perjanjian dengan mitranya. Untuk apa perjanjian kerja sama antar kedua belah pihak diperlukan? 

Menurut pendapat sejumlah orang, pembuatan surat perjanjian dalam menempuh peluang bisnis properti bertujuan agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari yang berpotensi merugikan kedua belah pihak ( penjual dan pengusaha properti pemula). 

Pembuatan perjanjian kerja sama baiknya ditanda tangani dengan bermaterai. Hal ini bertujuan agar perjanjian memiliki nilai hukum yang sah. Semisal terjadi pelanggaran antar salah satu pihak, bisa dilaporkan kepada pihak berwajib. 

4. Membangun Relasi

Setelah kerja sama terjalin dengan jelas, penting bagi Kamu untuk membangun relasi guna menempuh peluang bisnis properti. Menurut beberapa orang, bisnis properti tanpa modal akan efektif dan mudah berjalan sesuai harapan jika relasi Kamu luas. 

Perluas bisnis properti
Perluas bisnis properti 

Sebenarnya apa sih tujuan membangun relasi? Tujuan utama membangun relasi yakni mencari target penjualan dan memperluas peluang bisnis properti. Dengan begitu seiring berjalannya waktu usaha tersebut akan mengalami peningkatan secara drastis. 

Apa saja yang bisa dilakukan agar relasi yang dibangun semakin luas? Menurut pendapat ku pribadi, relasi bisa diupayakan dengan mengikuti komunitas hingga membaur dengan lingkungan masyarakat secara luas. 

5. Buat Profil Perusahaan

Bisnis properti tanpa modal membutuhkan profil lengkap dan logo yang mewakili usaha. Umumnya pembuatan profil harus bersifat menarik agar orang nantinya tekagum dengan bisnis properti yang Kamu miliki dan sejumlah jasa tersedia. 

Buat profil perusahaan
Buat profil perusahaan

Pembuatan profil biasanya akan dicantumkan pada situs-situs perusahaan. Hal yang tidak kalah penting untuk diupayakan yaitu legalitas usaha. Tujuan utama pembuatan legalitas yakni agar perusahaan memiliki nilai kuat di mata hukum dan negara. 

Pembuatan legalitas bisa diupayakan dengan memanfaatkan sejumlah jasa yang ada. Cantumkan juga portofolio pada profil perusahaan ( jika sudah ada). Apa saja tujuan dari portofolio? Meyakinkan calon pembeli dari perumahan atau bangunan. 

6. Tawarkan pada Orang Terdekat

Untuk menyusun target penjualan dari bisnis properti yang dimiliki, Kamu harus menawarkan usaha pada orang terdekat. Umumnya menawarkan pada orang terdekat bisa diyakinkan dengan memperlihatkan portofolio yang telah Kamu miliki. 

Jelaskan secara singkat bahkan minta izin pihak mitra untuk mengajak calon pembeli melihat bangunan properti yang sedang ditawarkan. Dalam menempuh tahapan ini diperlukan keahlian di bidang promosi atau pemasaran secara berkala. 

Target penjualan adalah orang terdekat
Target penjualan adalah orang terdekat

Beberapa pemilik usaha properti kecil-kecilan biasanya akan menawarkan pada teman ataupun saudara dalam rangka menempuh tahapan ini. Pastikan tidak mematok keuntungan tinggi jika masih pemula terlebih jika itu pada teman atau saudara sendiri. 

7. Mencari Investor

Bagi Kamu yang usahanya sudah mulai bergerak namun ingin lebih maju sebaiknya mencoba bisnis properti tanpa modal dengan melibatkan investor. Apa tujuan utama melibatkan investor dalam usaha properti? Tujuannya untuk meningkatkan bisnis. 

Nantinya investor tersebut akan memberikan pinjaman dana yang bisa Kamu gunakan untuk mengembangkan usaha. Namun setelah beberapa tahun Kamu wajib mengembalikan dana tersebut lengkap dengan keuntungan yang didapatkan dari usaha. 

Ilustrasi kerja sama dengan investor
Ilustrasi kerja sama dengan investor

Lantas bagaimana jika tidak untung? Dalam dunia bisnis tentu investor akan memahami kekurangan dan kelebihan tindakan tersebut. Maka sebelum itu biasanya dibuat perjanjian. Jika tidak untung biasanya yang dikembalikan dana awal atau bahkan tidak sama sekali. 

8. Jujur

Pedoman dasar dalam menjalankan bisnis properti tanpa modal adalah kejujuran. Kamu wajib menerapkan sifat ini baik kepada mitra kerja sama ataupun calon pembeli. Kenapa kejujuran sangat penting sekali untuk diterapkan dalam bisnis?

Dengan kejujuran orang akan nyaman menjalin mitra kerja sama dengan Kamu. Tidak hanya itu saja, kejujuran juga mampu membuat pembeli atau mitra mempercayakan semua kebutuhan bisnis properti kepada Kamu tanpa banyak mikir. 

Menurut pengalamanku pribadi, menerapkan sejumlah sifat teladan juga mampu menimbulkan citra positif. Jika citra yang dimiliki selalu positif, menjalankan usaha apapun pasti terasa sangat nyaman dan menyenangkan. 

9. Rajin Promosi

Meskipun Kamu sudah menjalin mitra dengan banyak orang, penting sekali untuk menempuh promosi. Apa tujuan utama dari promosi? Tujuan utama dari promosi yakni memperluas relasi dan meningkatkan bisnis sebanyak-banyaknya guna mencari untung. 

Promosi bisa diupayakan dengan memanfaatkan sejumlah media online seperti website hingga sosial media. Tidak hanya itu saja, promosi juga bisa diupayakan dengan mencari sales marketing guna mencari jumlah klien atau pelanggan bisnis. 

Promosi bisnis properti secara offline
Promosi bisnis properti secara offline

Bagaimana jika belum mampu mencari seles? Kamu bisa melakukan promosi offline atau online sendirian. Dibutuhkan keahlian dalam publik speaking dan pelayanan untuk menempuh tahapan ini. Biasanya cara ini cukup berpengaruh sehingga wajib diupayakan. 

Cara memulai bisnis properti tanpa modal tersebut bisa Kamu upayakan dengan tujuan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Usahakan untuk meningkatkan relasi dengan membaca artikel lain di website Kami sehingga keuntungan tinggi. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar