Bisnis Kontrakan, Usaha Menguntungkan untuk Investasi Jangka Panjang

 

Plang bisnis kontrakan
Plang bisnis kontrakan

CariUang - Rumah kontrakan terkadang jadi alternatif solusi bagi perantauan ataupun pasutri yang belum punya rumah. Kamu bisa menjadikan bisnis kontrakan sebagai salah satu sumber pemasukan sekaligus investasi jangka panjang.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kontrakan yang Benar!

Menurut sejumlah pemilik pemilik usaha satu ini, rumah kontrakan bisa optimal jika mampu memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Tidak hanya itu saja, sejumlah pemilik usaha bersangkutan juga memberikan tips bisnsi kontrakan berikut ini:

1. Pastikan Anggaran cukup

Dalam membangun rumah kontrakan tentu dibutuhkan uang atau anggaran yang cukup. Untuk apa pembiayaan perlu dipersiapkan? Pembiayaan perlu dipersiapkan untuk membangun kontrakan. Dalam membuat anggaran dibutuhkan keahlian di bidang keuangan. 

Berapa modal usaha kontrakan? Modal usaha kontrakan mulai dari 500 juta - 2 milyar. Modal usaha kontrakan sudah meliputi biaya pembangunan, promosi, pembelian sejumlah sarana pra sarana dan masih banyak lagi. Dengan begitu usaha makin efektif. 

2. Menentukan Target Pasar

Berdasarkan pengalamanku pribadi dalam mencari kontrakan, sejumlah pemilik usaha properti ini juga turut membuat target pasar yang sesuai. Pembuatan target pasar biasanya dilakukan dengan tujuan menyesuaikan kontrakan dengan kalangan bersangkutan. 

Siapa saja target pasar dari usaha kontrakan? Mahasiswa ataupun pekerja perantauan hingga pasutri yang belum punya rumah sendiri. Pastikan fasilitas yang Kamu sediakan sesuai dengan target pasar tersebut sehingga penghuni merasa nyaman. 

3. Membuat Bangunan

Setelah target diketahui dengan jelas Kamu nisa langsung membangun kontrakan bersangkutan. Buat kontrakan di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau banyak orang. Biasanya lokasi startegis dekat dengan pelayanan umum atau ramai.

Pembuatan bangunan hendaknya melibatkan tim yang sudah ahli sehingga hasilnya memuaskan. Buat bangunan kekinian yang mampu menarik perhatian banyak orang. Biasanya bangunan yang menarik cenderung akan dipilih oleh calon penghuni kontrakan. 

4. Sediakan Sejumlah Fasilitas

Tips bisnis kontrakan selanjutnya menurut pendapat pemilik usaha properti tersebut yaitu menyediakan fasilitas. Fasilitas yang perlu Kamu sediakan meliputi kipas angin kompor, kamar mandi bersih, saluran air yang bersih dan masih banyak lagi. 

Fasilitas seperti dapur sering jadi pertimbangan banyak orang
Fasilitas seperti dapur sering jadi pertimbangan banyak orang


Kenapa fasilitas perlu diupayakan? Menurut pengalamanku pribadi, fasilitas yang lengkap membuat Kita bisa nyaman dan memenuhi kebutuhan dengan mudah. Bahkan sejumlah orang akan menjadikan fasilitas sebagai indikator dalam memilih kos. 

5. Tetapkan Harga

Setelah kontrakan siap huni, Kamu bisa langsung menetapkan harga pasar. Bagaimana cara menetapkan harga sewa kontrakan? Lakukan riset kompetitor dengan mengandalkan keahlian publik speaking dan hitung seluruh fasilitas yang tersedia. 

Nantinya setelah keluar modal sekaligus hasil riset Kamu bisa langsung menetapkan harga sewa. Berapa idealnya biaya kontrakan di kota besar? Biaya kontrakan di kota besar mulai dari 1-1.5 juta  per bulan. Namun biaya juga bisa dipatok secara tahunan. 

6. Promosi

Tips bisnis kontrakan agar semakin dikenal oleh banyak orang dan keuntungan melimpah yakni menempuh promosi. Aku sendiri seringkali melihat bahwa pemilik kontrakan melakukan promosi dengan memanfaatkan keberadaan sosial media. 

Sosial media apa yang sering dijadikan sebagai lapak promosi? Sosial media yang sering dijadikan sebagai lapak promosi meliputi Facebook dan Instagram. Namun tidak menuntut kemungkinan pemilik usaha juga menggunakan media sosial lainnya. 

Bisnis kontrakan bisa Kamu upayakan dengan sejumlah trik tersebut. Pastikan menempuh izin agar usaha yang didirikan tidak menimbulkan masalah. Kamu bida mengupayakan trik bisnis dengan mempelajari artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar