Trik Sukses Bisnis Tembakau, di Tengah Harga Rokok yang Melambung

 

Bisnis tembakau menjadi usaha cukup menguntungkan
Bisnis tembakau menjadi usaha cukup menguntungkan 

CariUang - Rokok menjadi alternatif yang disasar banyak kaum adam. Sayangnya rokok kerap mengalami kenaikan harga hingga membuat mereka harus puasa. Namun, hal itu bisa Kamu manfaatkan untuk membangun bisnis tembakau dengan cara buat toko.

Table of Contents
 

Bagaimana Langkah Memulai Bisnis Tembakau?

Menurut pengalaman dari pemilik bisnis ini, terdapat paket usaha tembakau yang bisa dipilih. Paket usaha tembakau rata-rata disediakan oleh brand ternama yang membuka kesempatan franchise. Berikut ini cara memulai bisnis toko tembakau yang benar:

1. Membuat Perencanaan

Sebelum membuat toko tembakau beberapa penjual memilih untuk menyusun perencanaan yang tepat. Perencanaan dibuat dengan cara menyusun konsep bisnis apakah menggunakan paket usaha tembakau atau menyusun sendiri dari nol. 

Pastikan perencana dilakukan dengan maksimal agar gambaran usaha diketahui lebih jelas. Dalam membuat perencanaan dibutuhkan keahlian management dengan baik dan benar. Analisa usah dari berbagai segi termasuk potensi kerugian yang berpotensi terjadi. 

2. Penyusunan Anggaran Dana

Setelah perencana berhasil diupayakan, Kamu harus menyusun modal usaha toko tembakau. Berapa modal usaha toko tembakau? Umumnya modal usaha toko tembakau berkisar 15-25 juta ( belum termasuk pembuatan toko)

Bagi Kamu yang memilih untuk merintis usaha tembakau dari 0 sebaiknya menyewa ruko terlebih dahulu atau berjualan di pasar. Hal ini untuk menghemat anggaran dana. Beberapa penjual sukses dulunya juga memilih untuk menyewa toko untuk langkah awal. 

3. Pembuatan Toko

Setelah modal dirasa tercukupi untuk pembuatan toko maka langkah selanjutnya yaitu pengurusan izin. Kenapa izin toko tembakau harus diupayakan? Izin toko tembakau harus diupayakan agar kedepannya bisnis tersebut tidak menimbulkan masalah. 

Biasanya izin toko tembakau bisa diurus melalui pemerintahan setempat. Lakukan pembayaran pajak sesuai aturan agar bisnis bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Dalam membuat toko Kamu harus pandai mencari lokasi potensial.

4. Menentukan Jenis Tembakau

Terdapat beberapa jenis tembakau yang bisa dijadikan sebagai alternatif bisnis. Pilih salah satu jenis tembakau yang paling berpotensial atau sediakan secara keseluruhan. Kenapa jenis tembakau harus disediakan secara beragam? 

Hal ini bertujuan agar pembeli bisa memilih tembakau berdasarkan selera masing-masing. Pastikan agar jenis yang ditawarkan disukai banyak orang. Bagaimana cara mengetahui jenis tersebut disukai? Kamu bisa menempuh riset pasar. 

5. Sediakan Teaser

Masyarakat memiliki kebiasaan unik yakni mencoba sebelum membeli. Dalam bisnis tembakau hal ini bukan fenomena baru lagi. Oleh sebab itu Kamu bisa menyediakan beberapa jenis tembakau untuk teaser agar pembeli bisa memilih sesuai selera. 

Teaser bisnis tembakau
Teaser bisnis tembakau 

Biasanya pembeli akan mencoba sedikit-sedikit untuk mengetahui tembakau yang dirasa paling lezat. Menempuh cara ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu strategi marketing paling efektif. Jangan lupa sediakan kertas untuk merokok, cengkih, dan korek. 

6. Sediakan Ecer dan Grosiran

Bisnis penjualan tembakau akan efek jika Kamu menyediakan eceran ataupun grosiran. Kenapa penjualan harus dibagi menjadi eceran dan grosiran? Hal ini lantaran ada pembelian untuk kebutuhan konsumsi ataupun dijual kembali. 

Bedakan harga keduanya agar pembeli tidak segan untuk berlangganan. Cara ini umumnya sudah banyak diterpa oleh pengusaha tembakau sukses. Pastikan untuk memakai timbangan yang akurat untuk mengupayakan penjualan yang jujur. 

Bisnis tembakau bisa diupayakan dengan menerapkan tips dan trik tersebut. Pastikan untuk senantiasa update skill penjualan agar keuntungan besar. Terapkan trik marketing lain dengan baca referensi melalui artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar