Cukup Laris, Begini Strategi Usaha Gorengan yang Bikin Untung hingga Jutaan

 

Usaha gorengan bisa dilakukan di rumah ataupun pinggir
Usaha gorengan bisa dilakukan di rumah ataupun pipinggi

CariUang - Usaha gorengan banyak ditempuh oleh sejumlah masyarakat untuk menambah penghasilan. Umumnya pekerjaan ini bisa dijadikan sebagai sampingan atau ladang utama meraih penghasilan. Dalam memulai usaha akan ada trik sendiri.

Table of Contents
 

Cara Memulai Usaha Gorengan yang Menguntungkan

Menurut sejumlah penjual, peluang usaha gorengan cukup tinggi. Hal ini lantaran banyak masyarakat yang menyukai gorengan. Kamu bisa memulai usaha gorengan pinggir jalan atau rumahan. Berikut cara jual gorengan di rumah atau di pinggir jalan:

1. Persiapkan Modal

Sesuai dengan penjelasan pada artikel-artikel sebelumnya, hampir seluruh usaha pasti membutuhkan modal. Dalam memulai usaha gorengan pinggir jalan atau rumahan dibutuhkan modal dengan jumlah tertentu. Berapa modal usaha gorengan pinggir jalan?

Modal jual gorengan di rumah atau di pinggir jalan mulai dari 3-5 juta. Untuk apa modal tersebut? Menurut pemilik usaha jual gorengan di rumah, modal digunakan untuk beli peralatan, bahan baku, hingga operasional dalam kurun waktu sehari. 

2. Siapkan Tempat Jualan

Dalam usaha gorengan pinggir jalan tentu Kamu hanya membutuhkan lokasi berdagang. Kamu harus punya gerobak keliling yang memudahkan untuk berjualan. Sementara membuka usaha penjualan gorengan di rumah hanya membutuhkan meja dan lapak. 

Secara umum modal yang digunakan lebih banyak jualan gorengan di pinggir jalan. Namun meskipun begitu, potensial laris manis cenderung lebih tinggi dibandingkan jualan di rumah. Siapkan tempat yang bersih sehingga membuat pembeli nyaman. 

3. Cari Bahan Baku

Berdasarkan pengalamanku pribadi, tentu berjualan gorengan tidak hanya dilakukan dengan menyediakan satu jenis produk. Kamu harus menyediakan banyak jenis sehingga bahan yang digunakan harus berjumlah banyak. Apa saja bahan yang dipakai?

Bahan yang dipakai bisa berupa gula, vanili, pisang, singkong, tepung, minyak dan masih banyak lagi. Semua biaya bahan baku sudah diperhitungkan dalam modal awal. Oleh sebab itu pastikan punya keahlian dalam bidang keuangan agar perhitungan tepat.

4. Sediakan Variasi

Menurut pendapat sejumlah pemilik usaha gorengan, bisnis ini membutuhkan banyak variasi. Sediakan berbagai macam jenis gorengan yang cukup disukai dan berpotensial laris manis. Apa saja gorengan yang cukup disukai oleh masyarakat Indonesia?

Salah satu varian gorengan cukup populer yaitu pisang goreng
Salah satu varian gorengan cukup populer yaitu pisang goreng


Gorengan yang cukup disukai meliputi tempe goreng, pia-pia, lumpia, tahu isi, pisang goreng dan masih banyak lagi. Semakin banyak varian yang disediakan maka besar potensi produk jualan selalu jadi alternatif tujuan ketika orang ingin makan gorengan. 

5. Terapkan Trik Marketing 

Peluang usaha gorengan akan meningkat jika produk yang Kamu tawarkan mampu menarik banyak orang. Bagaimana cara menarik orang agar tertarik dengan gorengan yang Kita buat? Kamu bisa membuat brand, menciptakan karakteristik dan meningkatkan promosi.  

Trik marketing berupa pembuatan karakteristik pada produk gorengan membuat penjualan semakin meningkat. Terlebih jika usaha gorengan yang Kamu jalankan memiliki merk. Semakin terkenal merk tersebut, besar potensi penjualan meningkat. 

6. Kolaborasi dengan Aplikasi Penjualan Makanan

Kemajuan zaman membuat penjualan jauh lebih mudah diterapkan. Kamu bisa meningkatkan penjualan dengan cara memanfaatkan aplikasi jual makanan seperti grab food, Go-Jek, Shopee food dan masih banyak lagi. 

Berjualan dengan aplikasi jauh lebih mudah menjangkau pembeli. Pasalnya dengan menerapkan sistem ini pembeli tidak perlu keluar rumah untuk merasakan gorengan yang Kamu tawarkan. Sesekali beli promo agar pembeli tidak segan berlangganan. 

Usaha gorengan mampu menghasilkan keuntungan besar jika trik tersebut Kamu terapkan. Peluang usaha gorengan bisa meningkat jika loyalitas pelanggan diupayakan. Kamu wajib menambah referensi seputar bisnis dengan berbagai cara salah satunya melalui kegiatan membaca artikel lain di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar