Bisa jadi Peluang Usaha Rumahan, Yuk Simak Cara Menanam Tomat

 

Hasil penerapan cara menanam tomat yang benar
Hasil penerapan cara menanam tomat yang benar 

CariUang - Cara menanam tomat bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Terlebih cara menanam tomat bagi pemula cukup mudah diterapkan sehingga berpotensi mendatangkan banyak keuntungan.

Table of Contents
 

Cara Menanam Tomat agar Cepat Berbuah

Sejumlah orang terutama ibu rumah tangga yang menerapkan cara menanam tomat bagi pemula biasanya akan memanfaatkan media tanam sementara. Berikut bini prosedur atau cara menanam tomat rumahan yang cepat dan tepat:

1. Buat Media Tanam

Menurut pengalamanku pribadi dalam menanam tomat, langkah pertama budidaya yaitu menyiapkan media tanam. Media tanam bisa berupa lumbung bambu yang diisi dengan menggunakan tanah. Biasanya cara ini dilakukan untuk sistem hidroponik. 

Namun, sejumlah orang yang menerapkan cara menanam tomat dari biji memilih memakai media tanam berupa polibag. Tujuan pembuatan media tanam sementara yakni memudahkan tahapan penyemaian pada usaha budidaya tomat dari biji. 

2. Menyiapkan Bibit Unggulan

Cara menanam tomat dari biji harus dilakukan dengan mencari buah yang sudah tua. Bilah buah tomat yang sudah tua kemudian keluarkan semua bijinya. Keringkan biji tersebut hingga bisa dijadikan sebagai pembibitan dalam usaha budidaya. 

Usahakan buah tomat yang akan dijadikan bibit memiliki kualitas unggulan. Bagaimana cara menentukan kualitas pada tomat? Ukuran besar, sempurna, dan warna tampak cerah. Biarkan hingga bibit mengering tapi hindari menjemur terlalu lama. 

3. Proses Tanam

Cara menanam tomat dari biji berikutnya yaitu memulai proses tanam. Bagaimana cara menanam tomat yang benar? Masukkan biji yang telah dijemur tadi pada media tanam. Tutup biji tersebut menggunakan tanah hingga permukaannya tertutup sempurna. 

Pastikan proses ini terhindar dari jangkauan ayam ataupun burung. Biasanya sejumlah petani baik pemula atau sudah berpengalaman akan membuatkan jaring di sekitar lahan budidaya untuk melindungi proses tanam. Cara ini juga bertujuan agar terhindar dari ulat daun. 

4. Proses Penyemaian

Budidaya tomat di polibag umumnya berjalan kurang efektif lantaran pergerakan tanaman terbatas. Namun, Kamu bisa melakukan budidaya tomat di polibag hingga memasuki tahapan penyemaian. Proses ini berlangsung sekitar 1-1,5 bulanan. 

Proses penyemaian tomat
Proses penyemaian tomat

Menurut sejumlah petani, proses penyemaian bisa juga diupayakan dengan penyiangan. Jadi bibit yang mengalami pertumbuhan lambat bisa diganti dengan bibit baru. Cara ini umumnya banyak diterapkan oleh sejumlah petani handal. 

5. Pemindahan ke Lahan

Sesuai penjelasan sebelumnya, budidaya tomat di polibag kurang efektif lantaran memakan banyak biaya. Jadi setelah proses penyemaian bisa langsung dipindahkan ke lahan. Sebelum itu pastikan lahan yang akan digunakan sudah siap untuk proses tanam. 

Buat lubang dan basmi semua rumput liar. Buat lubang sedalam 20-30 cm kemudian masukkan bibit tomat yang telah semai tadi. Tutup menggunakan tanah hingga permukaan akar tomat tidak terlihat lagi. Biasanya, petani mencampur tanah pakai pupuk. 

6. Perawatan

Menurut ilmiah dan sejumlah jurnal, budidaya tomat juga membutuhkan perawatan agar pertumbuhan maksimal. Bagaimana cara merawat tomat yang baik dan benar? Berdasarkan pengalaman pribadi, perawatan bisa dilakukan dengan pemupukan. 

Tidak hanya pemupukan, tomat juga butuh disiram untuk mendapatkan asupan mineral. Lakukan penyiraman setidaknya 2 kali dalam sehari agar kebutuhan tomat terpenuhi. Pemupukan baiknya dilakukan sebulan sekali memakai kompos. 

Cara menanam tomat sebenarnya cukup mudah dan modalnya murah. Kamu bisa memanfaatkan keberadaan polibag untuk menerapkan tanaman tersebut. Terapkan trik budidaya lainnya dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar