Punya Lahan Nganggur Ingin Tetap Produktif? Yuk Terapkan Cara Budidaya Apel

 

Cara budidaya apel bisa diterapkan dengan memanfaatkan pekarangan rumah
Cara budidaya apel bisa diterapkan dengan memanfaatkan pekarangan rumah

CariUang - Proses pertumbuhan apel yang cepat membuat sejumlah petani memilih untuk budidaya buah-buahan satu ini. Cara budidaya apel juga membutuhkan anggaran yang tidak begitu banyak sehing orangga cocok diterapkan oleh pemula.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Budidaya Apel yang Tepat?

Umumnya petani pemula memilih cara menanam apel di pekarangan rumah. Hal ini lantaran pemantauan jauh lebih mudah. Berikut ini cara menanam apel di pekarang rumah ataupun lahan pertanian:

1. Penyiapan Lahan

Menurut pendapat sejumlah petani handal, cara menanam apel di pekarangan rumah dapat diupayakan dengan mempersiapkan lahan. Lahan di pekarangan rumah harus mendapatkan sejumlah tahapan mulai dari menyemburkan hingga pemupukan tahap pertama. 

Lahan harus bersih dan bebas dari serangan hama. Beberapa petani yang membudidayakan apel biasanya akan membiarkan tanah selama 2 hari hingga bakteri pada tanah mati. Dengan begitu lahan akan optimal jika langsung ditanami bibit apel. 

2. Siapkan Benih Apel Berkualitas

Proses pertumbuhan apel tergantung dengan pembibitan yang dilakukan. Lantas bagaimana cara mencari bibit yang berkualitas? Menurut sejumlah ilmiah, mencari bibit berkualitas bisa diupayakan dengan mengambil buah apel yang sempurna.

Ambil bijinya kemudian letakkan pada tisu hingga kering. Taruh biji tersebut pada ruangan dengan suhu 4-10 °C. Sejumlah petani menyarankan untuk menunggu selama 8 Minggu hingga proses pertumbuhan apel berlangsung atau setidaknya muncul kecambah. 

3. Siapkan Media Tanam Sementara

Sambil menunggu proses tumbuh apel, petani handal biasanya membuat media tanam sementara. Apa itu media tanam sementara? Media tanam sementara adalah tempat untuk menunggu proses pertumbuhan hingga bibit apel siap dipindah ke lahan. 

Media tanam bisa berupa polibag ataupun pot kecil. Tunggu beberapa hari hingga bibit tersebut keluar daun. Berapa lama tanaman apel mengeluarkan daun berjumlah banyak? Menurut pengamatanku, tanaman apel bisa keluar daun pada Minggu ke 4. 

4. Pemindahan ke Lahan Pertanian

Beberapa petani pemula kerap melakukan pemindahan jika bibit tersebut sudah memungkinkan untuk dipindah. Pemindahan harus dilakukan secara hati-hati agar akar dari tanaman apel tidak terputus begitu saja. 

Setelah pemindahan dilakukan Kamu harus memastikan bahwa tempat untuk membudidayakan apel mendapatkan pencahayaan dari sinar matahari. Pasalnya cara budidaya apel membutuhkan pencahayaan langsung untuk menunjang fotosintesis. 

5. Perawatan

Dalam mengupayakan budidaya buah apel, Kamu harus punya keahlian di bidang pertanian. Budidaya akan optimal jika Kamu menempuh sejumlah perawaan. Bagaimana cara merawat pohon apel yang baik dan benar?

Cara merawat pohon apel dilakukan dengan mengupayakan penyiraman dan pemupukan. Cara merawat pohon apel harus diupayakan sejak awal proses tanam hingga nanti memasuki masa berbuah. 

6. Panen

Hasil panen apel
Hasil panen apel


Hampir semua petani pasti mengharapkan proses panen pada hasil budidaya yang dilakukan. Kapan apel bisa berbuah? Umumnya usia 3 tahun apel sudah mulai mengeluarkan buah. Dengan begitu Kamu bisa langsung melakukan pemanenan. 

Namun, tidak semua apel bisa langsung berbuah pada usia 3 tahun ada yang lebih ataupun kurang. Untuk mempercepat proses pemanenan, Kamu bisa mengupayakan sejumlah perawatan dan pembasmian hama. 

Cara budidaya apel membutuhkan keahlian di bidang pertanian dasar. Dalam mengupayakan budidaya tersebut dibutuhkan lahan dengan ukuran tertentu. Pelajari trik budidaya lainnya dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar