Cara Menanam Kurma di Indonesia untuk Kepentingan Budidaya, Yakin Bisa Tumbuh?

 

Hasil dari cara menanam kurma di Indonesia
Hasil dari cara menanam kurma di Indonesia 

CariUang - Budidaya kurma di Indonesia belakangan marak diterapkan oleh sejumlah petani. Menurut sejumlah petani, cara menanam kurma akan efektif jika dilakukan di daerah dengan suhu tinggi menyerupai gurun pasir.

Table of Contents

Bagaimana Cara Menanam Kurma di Indonesia?

Berpedoman pada makalah terkait budidaya kurma di Indonesia, usaha pertanian ini efektif jika dilakukan di daerah Riau. Namun daerah lain seperti Jogja hingga Pasuruan. Berikut ini cara budidaya kurma di Indonesia yang bisa Kamu terapkan:

1. Pilih Jenis Kurma yang Tepat

Tahapan pertama yang bisa Kamu tempuh untuk membudidayakan buah kurma yakni memilih varietasnya. Terdapat berbagai macam jenis kurma yang bisa dibudidayakan. Kamu tinggal pilih salah satu berdasarkan analisis yang telah dilakukan. 

Menurut sejumlah petani, pastikan varietas yang dipilih sesuai dengan iklim di wilayah Indonesia. Apa saja varietas yang bisa dibudidayakan? Varietas yang bisa dibudidayakan meliputi Medjool, Barhi, dan masih banyak lagi. 

2. Siapkan Lahan untuk Budidaya

Berdasarkan pengalamanku pribadi dalam membaca ilmiah terkait budidaya kurma, lokasi penanaman juga harus diperhatikan. Jarak tanam kurma juga harus dipertimbangkan sejak awal. Berapa jarak tanam kurma yang paling ideal dan optimal?

Salah satu petani menjelaskan, jarak tanam kurma paling ideal sekitar 7 m × 7 m. Pastikan tanah untuk budidaya gembur, nutrisi tinggi dan pH seimbang. Pastikan lahan tersebut tidak mudah tergenang air lantaran pohon kurma tidak cocok di tanah basah. 

3. Pilih Bibit dan Lakukan Penanaman

Setelah tanah atau lahan untuk budidaya berhasil dipersiapkan, Kamu bisa langsung mencari bibit kurma. Bagaimana cara mencari bibit kurma yang benar? Mencari bibit kurma dapat dilakukan dengan melakukan pembelian terhadap petani telah ahli. 

Karena pertumbuhan bibit buah kurma cukup lama, biasanya sejumlah petani memilih melakukan pembelian yang sudah keluar daunnya. Setelah itu Kamu bisa langsung menanam pada lahan tersedia agar proses budidaya bisa segera diupayakan. 

4. Memberikan Perawatan

Setelah proses penanaman berlangsung, Kamu wajib mengupayakan sejumlah perawatan. Bagaimana cara merawat tanaman buah kurma? Perawatan dilakukan dengan menyiram, memangkas daun, dan pemberian pupuk. 

Perawatan dari budidaya buah kurma
Perawatan dari budidaya buah kurma

Dibutuhkan keahlian dalam bidang pertanian untuk mengupayakan cara menanam kurma yang baik dan benar. Perawatan harus benar-benar diupayakan agar kedepannya hasil panen buah kurma selalu melimpah dan memberikan keuntungan banyak. 

5. Upayakan Kelembaban Tanah

Seusai dengan makalah terkait proses budidaya kurma, pertanian di bidang ini akan optimal jika kelembaban tanah terjaga. Bagaimana cara menjaga kelembaban tanah? Cara menjaga kelembaban tanah dapat diupayakan dengan rutin menyiram. 

Namun hindari melakukan penyiraman terlalu berlebihan. Pasalnya tanah yang mengandung air berlebihan membuat proses pertumbuhan kurma mengalami hambatan bahkan tanaman bisa mendadak mati. 

FAQ

Berapa lama buah kurma dapat dipanen secara serentak?

Setelah berbuah, proses panen bisa dilakukan setelah mencapai 150 - 200 hari. Pastikan kulit sedikit menghitam sebelum proses panen dilakukan.

Berapa lama pohon buah kurma bisa berbuah?

Menurut sejumlah penelitian, pohon kurma bisa mengeluarkan buah ketika memasuki usia 7 tahun. 

Bagaimana peluang bisnis budidaya kurma di Indonesia?

Peluang bisnis pertanian ini cukup menguntungkan namun perlu sejumlah pertimbangan. Terlebih kurma menjadi tanaman yang susah dikembangkan.

Cara menanam kurma tersebut bisa Kamu jadikan sebagai ide bisnis di bidang pertanian. Perhatikan berbagai macam aspek sebelum budidaya dilakukan salah satunya dengan mempelajari sejumlah ilmu pertanian melalui artikel di website ini. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar