Mengintip Celah Bisnis Keripik Pisang, yang Bikin Kamu Kaya dalam Hitungan Bulan

Hasil produksi bisnis keripik pisang
Hasil produksi bisnis keripik pisang

CariUang - Bisnis keripik pisang banyak ditempuh oleh sejumlah orang lantaran mampu menghasilkan keuntungan berjumlah besar. Menurut pengakuan pengusaha keripik pisang, peluang bisnis ini cukup tinggi sehingga tidak ada salahnya dicoba oleh pemula.

Table of Contents
 

Tahapan Memulai Bisnis Keripik Pisang yang Anti Merugikan

Peluang usaha keripik pisang yang tinggi harus diimbangi dengan perencanaan matang. Hal ini bertujuan agar selama proses usaha keuntungan yang didapatkan seimbang. Berikut cara memulai bisnis ini menurut pengalaman pengusaha keripik pisang:

1. Mempersiapkan Modal

Langkah pertama yang harus dipersiapkan bagi calon pengusaha keripik pisang yaitu modal. Berapa modal usaha keripik pisang? Menurut pengakuan dari sejumlah pemilik usaha di bidang tersebut, modal yang perlu dipersiapkan mulai dari 7-20 juta atau menyesuaikan skala. 

Modal usaha keripik pisang harus dipertimbangkan sejak awal agar usaha berjalan lancar. Untuk apa modal usaha keripik pisang? Modal usaha digunakan untuk membeli bahan baku, peralatan, operasional, pemasaran produk, hingga pemberian gaji terhadap karyawan. 

2. Cari Supplier Bahan Baku 

Berpedoman pada sejumlah ilmiah dan riset yang Aku lakukan, usaha pembuatan keripik pisang akan optimal jika bahan baku berkualitas dan murah. Bagaimana cara mendapatkan bahan baku yang murah dan juga berkualitas? Kamu bisa mencari supplier yang amanah dan terjamin. 

Bahan baku bisnis keripik pisang
Bahan baku bisnis keripik pisang 

Pencarian supplier bisa dilakukan dengan riset kompetitor. Cari tau mengenai supplier yang dipilih supplier dan bandingkan harga satu sama lain. Bahan baku yang digunakan meliputi pisang, minyak goreng, gula, hingga sejumlah varian rasa menyesuaikan selera. 

3. Persiapan Alat

Peluang usaha keripik pisang akan berkembang jika semua peralatan yang digunakan mumpuni. Tidak hanya mumpuni peralatan yang digunakan juga harus bersih dan steril. Hal ini bertujuan untuk menciptakan produk keripik pisang yang higienis, praktis, dan juga ekonomis. 

Apa saja peralatan yang digunakan untuk membuat keripik pisang? Peralatan yang digunakan meliputi wajan, serokan, spatula, dan masih banyak lagi. Semua peralatan untuk produksi harus digandakan sebagai bentuk cadangan jika salah satu mengalami kerusakan mendadak. 

4. Pembuatan Rencana Produksi

Tidak hanya alat yang perlu dipersiapkan, menurut pengalamanku pribadi dalam analisis bisnis ini diperlukan juga rencana produksi dengan matang. Bagaimana cara membuat rencana produksi? Rencana produksi meliputi skala usaha keripik yang akan dibuat hingga karyawan terlibat. 

Bagi Kamu yang ingin produksi keripik pisang skala kecil maka bisa menempuh usaha rumahan. Dengan tahapan ini bisnis keripik pisang bisa terstruktur dan mudah dikembangkan. Biasanya industri rumahan jauh lebih mudah dikembangkan lantaran pemantauan optimal. 

5. Penyediaan Varian Rasa

Hampir semua pelaku usaha pembuatan keripik pisang menyediakan varian rasa. Kamu bisa menerapkan hal tersebut sebagai upaya meningkatkan peluang usaha keripik pisang. Varian apa paling disukai? Untuk menentukan varian paling disukai Kamu bisa lakukan riset pasar. 

Dibutuhkan keahlian berkomunikasi dengan banyak orang untuk bisa menempuh riset pasar. Umumnya varian rasa keripik pisang terdiri dari original, manis, stroberi, dan lain-lain. Sediakan banyak varian agar pembeli tidak merasa bosan. 

6. Pengemasan dan Promosi

Jika proses produksi sudah selesai, Kamu bisa langsung mengemas keripik pisang. Pengemasan bisa menggunakan plastik yang ditutup rapat hingga rasa tetap terjaga. Cantumkan brand dan juga logo agar produk tersebut mudah dikenali banyak orang.

Setelah pengemasan dilakukan Kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk promosi produk. Penggunaan sosial media sebagai sarana promosi terkesan jauh lebih hemat biaya dan mudah dipantau. Dengan begitu jangkauan penjualan juga lebih luas. 

Bisnis keripik pisang dapat dikembangkan dengan tahapan di atas untuk mendapatkan untung puluhan juta per bulan. Dibutuhkan keahlian produksi, marketing, hingga komunikasi untuk meningkatkan bisnis ini. Perluas ilmu bisnis dengan baca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar