Diklaim Profesi Idaman, Ini Cara Menjadi Pramugari Pesawat

Table of Contents

 

Setiap maskapai punya kualifikasi tersendiri untuk merekrut pramugari
Setiap maskapai punya kualifikasi tersendiri untuk merekrut pramugari

CariUang - Pramugari merupakan salah satu jenis profesi yang cukup digemari oleh sejumlah orang. Tidak heran lagi jika cara menjadi pramugari banyak diincar dan dicari oleh banyak orang. Terlepas dari itu, seorang pramugari harus punya banyak keahlian. 

Bagaimana Cara Menjadi Pramugari?

Menurut pengamatanku dalam melihat teman yang jadi pramugari, menempuh profesi ini bukanlah suatu hal mudah. Terdapat tahapan tersendiri yang harus diselesaikan. Apa saja tahapan tersebut? Berikut ini sejumlah tahapan agar bisa jadi pramugari:

1. Selesaikan Pendidikan

Dalam kualifikasi pramugari memang tidak diharuskan berasal dari lembaga sekolah di bidang tersebut. Artinya pihak maskapai memberikan izin kepada setiap orang untuk menjadi pramugari setelah menuntaskan pendidikan tingkatan tertentu. 

Apakah pramugari harus lulusan sarjana? Tidak, menurut pendapat beberapa pramugari, profesi ini punya batas minimal pendidikan yakni SMA. Namun, ada beberapa maskapai yang menyaratkan jurusan relevan seperti perhotelan hingga ilmu komunikasi. 

2. Ikut Sekolah Khusus Pramugari

Karena adanya kualifikasi pramugari di sejumlah maskapai yang mengharuskan calon punya keahlian tertentu, Kamu bisa mengikuti sekolah khusus pramugari. Berapa lama sekolah pramugari berlangsung? Sekolah pramugari biasanya berlangsung sekitar 1 tahun.

Apa saja yang dipelajari di sekolah pramugari? Dalam menempuh tahapan ini Kamu akan mempelajari skill komunikasi, pelayanan publik, bahasa asing, tata rias, dan masih banyak lagi. Tentu hal ini bisa dipelajari maksimal jika Kamu ikut sekolah khusus pramugari. 

3. Ikut Pelatihan

Menurut pendapat beberapa pramugari yang sudah lolos dan direkrut oleh maskapai ternama, ada cara lain untuk menempuh profesi tersebut yakni ikut pelatihan. Beberapa maskapai banyak yang menyediakan pelatihan berbayar dengan durasi singkat. 

Menurut pengalamanku dalam riset, pelatihan pramugari ini perlu dilakukan terutama bagi Kamu yang belum belum mampu sekolah khusus profesi tersebut. Dalam pelatihan pramugari biasanya juga diselenggarakan sejumlah tes lantaran potensi direkrut maskapai cukup tinggi. 

4. Pelajari Bahasa Asing

Beberapa maskapai kerap menetap keahlian bahasa asing sebagai kualifikasi pramugari. Oleh sebab itu banyak sekali calon pramugari yang memilih untuk mengikuti kursus atau belajar bahasa asing agar diterima di suatu maskapai penerbangan. 

Semakin banyak bahasa asing yang Kamu kuasai maka potensi keterima cukup tinggi. Apakah selama sekolah khusus pramugari bahasa asing tidak dipelajari? Selama sekolah bahasa asing masih diterapkan tapi poin ini jadi upaya agar cepat diterima. 

5. Pastikan Kesehatan Aman

Cara menjadi pramugari bisa diterapkan jika Kamu punya tubuh yang sehat secara fisik dan non fisik. Hal ini tentu harus diupayakan jauh-jauh hari. Menurut beberapa pramugari, Kamu bisa memantau kesehatan dengan cara medical check up. 

Dalam tahapan ini pastikan semua bagian tubuh baik fisik ataupun organ dalam sehat. Kesehatan tersebut meliputi jantung, mata, gigi, darah, pendengaran dan masih banyak lagi. Upayakan gaya hidup sehat agar daya tahan tubuh senantiasa meningkat. 

6. Cari Lowongan dan Siapkan Berkas

Setelah semua persiapan dirasa maksimal, Kamu hanya perlu mencari lowongan pekerjaan di bidang pramugari. Bagaimana cara mencari lowongan pekerjaan sebagai pramugari? Kamu bisa mengecek sejumlah sosial media dan situs website. 

Pastikan memenuhi persyaratan agar bisa mendapatkan pekerjaan sebagai pramugari
Pastikan memenuhi persyaratan agar bisa mendapatkan pekerjaan sebagai pramugari 

Jika sudah ada lowongan sesuai, Kamu tinggal persiapkan berkas lamaran dan CV. Namun, ada beberapa lembaga sekolah khusus pramugari yang menyediakan kerja sama dengan sejumlah maskapai. Jadi nanti setelah lulus Kamu bisa langsung kerja. 

Cara menjadi pramugari memang tergolong cukup gampang terlebih jika Kamu punya keahlian dalam bahasa asing dan komunikasi. Pelajari trik lain melamar pekerjaan di bidang tertentu dengan cara membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar