Cara Budidaya Bawang Prei yang Tepat dengan Hasil Melimpah Ruah

 

Cara budidaya bawang prei cukup mudah
Cara budidaya bawang prei cukup mudah

CariUang - Cara budidaya bawang prei sebenarnya cukup mudah. Menurut petani, budidaya bisa dilakukan dengan memakai dua metode pembibitan yakni biji dan batang. Sejumlah petani menyebut cara menanam bawang prei cukup mudah dan modal rendah

Table of Contents

Ragam Cara Budidaya Bawang Prei Modal Minimalis

Untuk membudidayakan bawang prei memang diperlukan modal dan keahlian dalam bidang pertanian. Dalam rangka pengupayaan budidaya, Kamu bisa menerapkan beberapa langkah berikut ini:

1. Persiapan Bibit

Langkah pertama yang perlu Kamu persiapkan untuk membudidayakan daun bawang yakni mempersiapkan bibit. Dari mana bibit bisa didapatkan? Menurut sejumlah petani bibit bawang prei bisa didapatkan dari batangnya atau biji.

Penanaman daun bawang prei dari batang biasanya untuk yang sudah pernah budidaya. Jika masih pemula, Kamu bisa mencari bibit dari bijinya. Masukkan biji yang telah dibeli ke tanah sedalam 5 cm kemudian tutup tunggu bibit tersebut tumbuh. 

2. Sediakan Lahan

Sambil menunggu bibit tumbuh, proses budidaya daun bawang selanjutnya yaitu mempersiapkan lahan. Proses budidaya daun bawang tergantung juga pada penyediaan lahan sehingga harus benar-benar diupayakan untuk memperoleh hasil maksimal. 

Cabut sejumlah rumput liar atau gulma yang berpotensi mengganggu proses budidaya daun bawang. Gemburkan tanah menggunakan cangkul agar proses pertumbuhan berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan budidaya. 

3. Pemindahan Bibit atau Proses Tanam

Menurut pengalamanku pribadi, setelah bibit tumbuh atau muncul daun maka harus segera dipindahkan. Kenapa bibit bawang prei harus dipindah? Agar pertumbuhan maksimal. Pemindahan dilakukan pada lahan kebun atau lahan yang sudah siapkan. 

Pastikan untuk memindah bibit bawang prei serta akarnya agar tetap tumbuh
Pastikan untuk memindah bibit bawang prei serta akarnya agar tetap tumbuh


Pastikan untuk memindah bibit bawang prei dengan hati-hati. Upayakan agar akar tidak terputus. Bagaimana jika akar daun bawang prei putus? Pertumbuhan kurang maksimal bahkan bisa mati begitu saja. 

4. Penyemaian

Setelah memahami cara menanam bawang prei, tahapan berikutnya yaitu melakukan penyemaian. Kenapa penyemaian perlu dilakukan? Menurut petani berpengalaman, penyemaian dilakukan dengan tujuan agar mengetahui kualitas suatu bibit. 

Dalam cara menanam bawang prei untuk kepentingan budidaya bibit berkualitas harus diupayakan. Gunakan keahlian dalam bidang pertanian untuk menempuh tahap ini. Bibit kurang berkualitas memiliki ciri daun layu dan sulit mengalami pertumbuhan. 

5. Pemupukan

Tahapan yang tidak kalah penting dalam cara budidaya bawang prei yaitu pemupukan. Kenapa pemupukan itu penting? Pemupukan penting lantaran berfungsi memberikan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tanaman bawang prei. 

Upayakan untuk memakai pupuk organik atau kompos agar tidak mencemari lingkungan sekitar. Berapa kali pemupukan perlu dilakukan? Pemupukan dilakukan setidaknya 1 bulan sekali. 

FAQ

Berapa modal yang diperlukan untuk memulai budidaya bawang prei?

Modal yang diperlukan untuk memulai budidaya bawang prei mulai dari 3-7 juta. 

Kapan bawang prei bisa dipanen?

Daun bawang prei bisa dipanen 6 bulan setelah proses semai berlangsung. 

Berapa jarak yang diperlukan agar proses budidaya bawang prei optimal?

Agar proses budidaya berjalan dengan optimal Kamu bisa mengupayakan jarak sekitar 10 cm. 

Kapan daun bawang prei mengeluarkan bunga?

Daun bawang prei akan berbunga di hari ke 28 pasca proses penyemaian.

Bagaimana proses perawatan daun bawang prei? 

Proses perawatan dilakukan dengan berbagai cara memberikan pupuk, penyiraman dan membasmi hama. 

Cara budidaya bawang prei tersebut bisa dijadikan sebagai alternatif mendapatkan pendapatan tambahan. Menariknya, budidaya satu ini bisa ditempuh di pekarangan rumah. Pelajari trik budidaya lain dengan baca artikel di website Kami. 


Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar