Cara Budidaya Brokoli agar Hasil Panen Meningkat Drastis

 

Proses budidaya brokoli
Proses budidaya brokoli

CariUang - Budidaya brokoli dapat dijadikan sebagai salah satu usaha pertanian yang bisa mendatangkan keuntungan. Pasalnya minat terhadap sayur brokoli cukup tinggi. Tidak heran banyak petani memilih untuk meningkatkan budidaya sayur satu ini.

Table of Contents
 

Bagaimana Cara Budidaya Brokoli?

Dalam membudidayakan sayur brokoli Kamu harus menempuh sejumlah tahapan. Tahapan ini harus benar-benar diperhatikan sehingga hasil panen tidak merugikan. Berikut ini langkah atau tahapan dalam membudidayakan sayur brokoli:

1. Pemilihan Bibit Brokoli

Sejumlah petani beranggapan bahwa pemilihan bibit brokoli menjadi indikator yang mempengaruhi kesuksesan budidaya. Oleh sebab itu Kamu harus memiliki keahlian dalam pemilihan bibit brokoli. Bagaimana cara memilih bibit yang baik dan benar?

Petani brokoli memiliki pendapat bahwa pemilihan bibit dapat dilakukan dengan teknik perendaman memakai fungsida selama kurang lebih 30 menit. Jika benih tersebut tenggelam maka gunakan lantaran sudah pasti berkualitas begitupun sebaliknya. 

2. Persemaian

Menurut pengalamaku dalam melihat proses budidaya sayur brokoli, setelah bibit diseleksi maka tahap berikutnya yaitu persemaian. Kamu bisa memanfaatkan lumbung untuk menyebar benih. Pastikan kedalaman persemaian benih hanya berkisar 1 cm. 

Pastikan persemaian tidak terganggu oleh faktor tertentu misal dimakan ayam. Biasanya sejumlah petani memasang jaring agar proses ini berjalan lancar. Proses ini biasanya berlangsung sekitar 2-3 Minggu atau bisa juga lebih cepat. 

3. Persiapan Lahan

Sambil menunggu benih brokoli tumbuh sejumlah petani biasanya mempersiapkan lahan. Bagaimana cara mempersiapkan lahan untuk proses budidaya? Kamu bisa menggali dan mencabut sejumlah rumput liar yang ada di sekitar lahan. 

Berikan pupuk untuk brokoli agar nantinya pertumbuhan berjalan dengan lancar. Menurut sejumlah petani, baiknya kedalaman lahan budidaya hanya berkisar 30 cm. Pastikan membuat parit jika lahan untuk budidaya memiliki letak miring. 

4. Proses Tanam

Cara menanam brokoli cukup mudah sehingga bisa diterapkan oleh sejumlah orang. Bagaimana cara menanam brokoli yang benar? Sejumlah petani beranggapan bahwa baiknya proses tanam dilakukan dengan jarak 50×50 cm sehingga pertumbuhan optimal.

Tidak hanya itu saja, banyak petani yang beranggapan bahwa cara menanam brokoli juga dipengaruhi waktu tanam. Kapan waktu tanam yang tepat? Waktu tanam yang tepat berlangsung pada pukul 6-9 pagi atau pukul 3-5 sore. 

5. Perawatan

Budidaya brokoli akan optimal jika Kamu rutin melakukan perawatan atau pengendalian. Perawatan dilakukan dengan mengendalikan hama dan memberikan pupuk untuk brokoli. Pupuk untuk brokoli baiknya berasal dari mana? Pupuk bisa berasal dari kotoran hewan. 

Tidak hanya itu saja, perawatan juga bisa dilakukan dengan melakukan penyiraman 1-2 kali sehari. Kamu juga wajib melakukan penyiangan untuk mengetahui tanaman brokoli yang berkualitas. 

6. Proses Panen

Hasil panen brokoli yang untung
Hasil panen brokoli yang untung


Hampir semua petani pasti menantikan proses panen dalam suatu budidaya. Kapan waktu terbaik untuk panen? Tanaman brokoli bisa dipanen jika sudah memasuki usia 51-100 hari. Namun hal tersebut tergantung dengan jenis brokoli yang dibudidayakan. 

Setelah proses panen berlangsung brokoli akan disimpan pada ruangan dengan suhu 20°C. Biasanya beberapa petani juga mengoptimalkan penyimpanan brokoli agar tahan lama dan memiliki nilai jual tinggi. 

Budidaya brokoli memang tergolong gampang-gampang susah. Kamu harus punya keahlian dalam bidang pertanian agar proses tanam menguntungkan. Pelajari trik budidaya lain dengan membaca artikel di website Kami. 

Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar